KESEHATAN
29 Mei 2020

Ketahui 4 Tips Berhubungan Seks Saat Pandemi COVID-19 Ini

Penggunaan kontrasepsi untuk cegah kehamilan penting di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Pandemi COVID-19 menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan melakukan pola hidup bersih dan sehat. Terutama harus rajin mencuci tangan dan menjaga jarak setidaknya satu meter.

Tidak hanya itu, penting juga mengetahui tips aman berhubungan seks selama wabah virus corona, mengingat tetap adanya kebutuhan romansa dan seks Moms dan Dads, terlepas ada atau tidak adanya virus corona.

Mungkin ada kekhawatiran jika Moms hendak berhubungan seks, karena adanya kemungkinan risiko penularan virus corona. Oleh sebab itu, ketahui tips menjaga kesehatan seksual saat wabah virus corona.

Baca Juga: 9 Istilah Selama Pandemi COVID-19, Moms Sudah Tahu Semuanya?

Risiko Tertularnya Virus Corona Lewat Seks

Pada penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Medical Association pada 7 Mei 2020, ditemukan bahwa virus corona dapat bertahan dalam air mani pria bahkan setelah mereka pulih dari infeksi virus.

Hal ini menunjukkan adanya kemungkinan bahwa COVID-19 bisa ditularkan secara seksual. Tetapi, penelitian ini tidak secara tegas menyimpulkan apakah virus corona bisa ditularkan secara seksual atau tidak.

Sementara, dalam jurnal American Society for Fertility and Sterility yang dipublikasikan 17 April 2020, menunjukkan virus SARS-CoV-2 tidak terdeteksi dalam air mani pasien yang pulih dari COVID-19 satu bulan setelah diagnosis.

Namun, kedua hasil penelitian ini menggunakan jumlah sampel yang sedikit, sehingga tidak mewakili populasi dengan jumlah individu yang lebih besar.

Baca Juga: Bisakah Terjadi Infeksi Virus Corona pada Balita? Berikut Penjelasannya

Tips Berhubungan Seksual Saat Pandemi COVID-19

tips berhubungan seks kala pandemi-1

Foto: Orami Photo Stock

Untuk mengurangi risiko paparan virus corona saat berhubungan seks, Moms perlu mengetahui bagaimana tips dalam menjaga kesehatan seksual. Berikut ini beberapa caranya.

1. Gunakan Kontrasepsi Saat Berhubungan Seksual

Kontrasepsi sangat dibutuhkan seiring meningkatnya kebutuhan kedekatan pasutri kala wabah virus corona. Pihak pemerintah, melalui BKKBN, sudah mengimbau pasutri menggunakan kontrasepsi modern sehingga dapat mencegah kehamilan saat pandemi COVID-19.

Karena perempuan yang mengalami kehamilan memiliki sistem imun yang rentan, sehingga bisa menambah potensi penularan COVID-19 bagi diri sendiri dan orang lain.

Selain itu, penggunaan kontrasepsi sebagai tips berhubungan seks kala pandemi virus corona juga penting untuk mengatasi ketidakpastian aspek ekonomi di tengah wabah COVID-19 yang berpengaruh terhadap perencanaan keluarga.

Baca Juga: 5 Risiko Hamil Jika Moms Menggunakan Kontrasepsi IUD

2. Memberitahu Pasangan Bila Menunjukkan Gejala COVID-19

tips berhubungan seks kala pandemi-2

Foto: Orami Photo Stock

Apabila Moms berciuman atau berhubungan seks dengan suami, kemudian mengalami gejala corona, jadilah seseorang bertanggung jawab. Artinya, selain melakukan isolasi diri, beritahu kepada pasangan tentang kondisi ini.

Tujuannya bukan untuk membuat Moms atau Dads panik, tetapi agar pasangan lebih siap mengenai kemungkinan bahwa ia bisa terkena COVID-19 atau menjadi carrier.

Mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berikut ini gejala paling umum dari COVID-19:

  • Demam
  • Batuk kering
  • Kelelahan

Gejala yang kurang umum:

  • Sakit dan nyeri
  • Sakit tenggorokan
  • Diare
  • Konjungtivitis
  • Sakit kepala
  • Kehilangan rasa atau bau
  • Ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki

Gejala serius:

  • Sulit bernapas atau sesak napas
  • Nyeri atau tekanan dada
  • Kehilangan bicara atau sulit bergerak

Dengan melakukan tips berhubungan seks saat wabah COVID-19 ini, Moms dan Dads pun bisa menjadi lebih berhati-hati ketika berinteraksi dengan orang lain.

3. Menggunakan Kontrasepsi Darurat untuk Keadaan Mendesak

tips berhubungan seks kala pandemi-3

Foto: Orami Photo Stock

Apabila sudah terlanjur melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan alat kontrasepsi, tips aman usai berhubungan seks saat pandemi adalah dengan menggunakan kontrasepsi darurat.

Moms bisa menggunakan postpil atau kontrasepsi darurat, paling lama 120 jam atau 5 hari setelah melakukan hubungan seksual. Kontrasepsi darurat ini bisa didapatkan di apotek terdekat dengan menyertakan resep dokter.

Baca Juga: Cara Mencuci Pakaian untuk Menghindari Kontaminasi Covid-19

4. Lakukan Konsultasi Online dengan Pakar

tips berhubungan seks kala pandemi-4

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu tips mudah jika hendak berhubungan seks kala pandemi COVID-19 adalah dengan berkonsultasi tentang permasalahan kesehatan seksual reproduksi secara online.

DKT Indonesia membuka layanan konsultasi online dengan tenaga Kesehatan bidan dan juga dokter, melalui layanan bebas pulsa di 0800-1-326459 atau melalui WhatsApp ke 0811-1-326459.

Konsultasi online ini dibuka pada hari Senin-Jumat pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Jangan khawatir, karena semua yang disampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Itu dia Moms, beberapa tips aman berhubungan seks kala pandemi COVID-19 agar mengurangi risiko paparan virus.

Artikel Terkait