KESEHATAN
9 Mei 2020

3 Tips Berjemur untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Optimal, Coba Yuk!

Berjemur di waktu dan durasi yang tepat bisa bermanfaat untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berjemur adalah salah satu kegiatan yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk menjaga daya tahan tubuh yang sangat dibutuhkan di tengah pandemi virus corona.

Karena itu, bila dilakukan dengan benar, dan pada waktu yang tepat, Moms serta keluarga bisa merasakan manfaat yang optimal dari kegiatan berjemur. Lalu, seperti apa manfaat dan bagaimana tips berjemur?

Baca Juga: Cari Tahu Gejala Kekurangan Vitamin D Pada Bayi

Manfaat Berjemur untuk Kesehatan

tips berjemur-1

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui seperti apa tips berjemur, penting untuk mencari tahu apa saja manfaat yang didapatkan dari aktivitas berjemur.

"Sinar matahari yang didapatkan dari berjemur secara umum dapat meningkatkan mood dan melancarkan sirkulasi darah Anda," jelas dr. Kamila Fitri Islami, Dokter Umum RS Pondok Indah - Bintaro Jaya.

Mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), beberapa radiasi sinar ultraviolet penting bagi tubuh untuk merangsang produksi vitamin D yang punya peran penting dalam meenguatkan sistem kerangka dan kekebalan tubuh, serta pembentukan sel darah.

Baca Juga: Cara Mencukupi Kebutuhan Vitamin D Anak untuk Pertumbuhan Tulang

Tips Berjemur untuk Daya Tahan Tubuh Optimal

tips berjemur-2

Foto: Orami Photo Stock

Terlepas dari manfaatnya, penting untuk mendapatkan sinar UV secara cukup dan di waktu yang tepat. Karena ada beberapa efek samping jika berjemur tidak dilakukan dengan tepat.

Dalam jurnal BioMed Research International, disebutkan salah satu dampak merugikan dari sinar matahari untuk tubuh adalah imunosupresi atau penurunan daya tahan tubuh.

Ketahui apa saja tips berjemur untuk mendapatkan manfaat kesehatan tubuh yang optimal berikut ini.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif

1. Waktu Berjemur

Sinar matahari yang paling banyak menghasilkan vitamin D untuk tubuh adalah pukul 09-11 pagi. Hindari berjemur di siang hari saat sinar matahari terik.

Menurut jurnal Advances in Experimental Medicine and Biology, hal ini karena gelombang melanoma kulit yang ganas (UVA) lebih panjang dibandingkan UVB, yang membentuk vitamin D serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Ini Tips Berjemur Matahari Pagi untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

2. Durasi Berjemur

Lebih lanjut, dr. Kamila menjelaskan bahwa durasi berjemur juga tidak perlu berlama-lama. Setidaknya cukup 5 sampai 15 menit, setiap 2-3 kali dalam seminggu.

3. Gunakan Tabir Surya

Tak hanya itu, ia juga memberikan tips berjemur yaitu dengan menggunakan tabir surya sebagai bentuk perlindungan tubuh terhadap sinar matahari.

"Paparan sinar matahari berlebihan, terutama di negara dekat garis khatulistiwa seperti Indonesia, dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi, jangan lupa tetap gunakan krim tabir surya ketika berjemur," terangnya.

Itu dia Moms, beberapa tips berjemur untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal kala pandemi menyerang.

Artikel Terkait