PROGRAM HAMIL
10 Juni 2020

4 Tips Cepat Hamil Dengan Siklus Menstruasi Pendek

Sesuaikan dengan kondisi Moms, ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Memilki siklus menstruasi pendek atau kurang dari 21 hari mungkin membuat Moms bertanya-tanya mengenai cara terbaik yang perlu dilakukan agar segera hamil.

Sebab, jadi agak sulit menentukan kapan masa subur Moms.

Tips Cepat Hamil dengan Siklus Menstruasi Pendek

Mengutip berbagai sumber terpercaya, berikut merupakan beberapa tips cepat hamil dengan siklus menstruasi pendek yang dapat Moms coba terapkan.

Baca Juga: Apa Pengaruh Stres Terhadap Siklus Menstruasi?

1. Catat Siklus Menstruasi Moms

Tips Cepat Hamil Dengan Siklus Menstruasi Pendek

Foto: shutterstock.com

Menurut Fertility Friend, hal pertama dan terpenting untuk dilakukan adalah melacak dan mencatat siklus menstruasi Moms, seperti tanggal menstruasi hari pertama dan kapan berakhirnya.

Ini mungkin akan membutuhkan waktu selama berbulan-bulan, tetapi ini akan sangat membantu untuk mengenali siklus menstruasi Moms. Di mana kemudian akan bermanfaat untuk mengetahui perkiraan ovulasi dan waktu berhubungan seksual yang tepat agar segera terjadi kehamilan.

2. Lebih Sering Berhubungan Intim

Tips Cepat Hamil Dengan Siklus Menstruasi Pendek 2

Foto: pexels.com

“Siklus menstruasi yang kurang dari 21 hari dapat menjadi tanda bahwa Anda memiliki fase folikuler pendek atau cacat fase luteal,” kata Dr. Roohi Jeelani dari Vios Fertility Institute, kepada Bustle.

Fase folikuler adalah bagian awal dari siklus menstruasi wanita yang terjadi sebelum ovulasi. Jika fase ini terlalu pendek, itu bisa menjadi pertanda bahwa ovarium melepaskan telur terlalu cepat.

“Ini bisa terjadi jika cadangan sel telur mulai menipis dan tubuh memproduksi FSH dalam jumlah yang lebih tinggi, sehingga menyebabnya ovulasi lebih cepat terjadi,” kata Dr. Jeelani. Bahkan dalam beberapa kasus, ovulasi dapat terjadi segera setelah menstruasi selesai.

Maka dari itu sangat penting bagi Moms dan Dads untuk berhubungan intim lebih sering agar pembuahan dan kehamilan dapat segera terjadi.

Baca Juga: Benarkah Siklus Menstruasi Tidak Teratur Bikin Susah Hamil?

3. Hindari Penyebab Siklus Menstruasi Pendek

Tips Cepat Hamil Dengan Siklus Menstruasi Pendek 3

Foto: pexels.com

Beberapa wanita cenderung mengalami siklus menstruasi secara tiba-tiba dan hanya sesekali dalam beberapa bulan. Inilah mengapa mencatat siklus menstruasi menjadi tips cepat hamil dengan siklus menstruasi pendek yang paling utama.

Jika hanya terjadi sesekali, maka penyebabnya masih sangat mungkin untuk Moms hindari agar menstruasi kembali teratur dan promil menjadi lebih mudah.

OB / GYN Amy Stephens, MD., melalui Cleveland Clinic menuliskan bahwa wanita yang biasanya mengalami siklus menstruasi secara teratur biasanya dapat mengalami perubahan siklus (menjadi lebih pendek ataupun panjang) karena stres, perubahan hormon, dan penambahan atau penurunan berat badan.

4. Temui Dokter Untuk Mendapatkan Perawatan

Tips Cepat Hamil Dengan Siklus Menstruasi Pendek 4

Foto: freepik.com

Sebaliknya, jika siklus menstruasi yang pendek terjadi terlalu sering atau bahkan setiap bulan, penting bagi Moms untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Di mana menurut Kate Shkodzik, MD., spesialis OB / GYN dan konsultan medis untuk Flo Health, siklus menstruasi selalu pendek mungkin saja disebabkan oleh beberapa masalah medis serius yang dapat mempengaruhi peluang hamil seperti endometriosis, gangguan tiroid, dan fibroid rahim.

Jangan lupa untuk menyampaikan pada dokter bahwa Moms sedang mencoba hamil, sehingga pengobatan yang diberikan dapat lebih disesuaikan dengan tujuan Moms.

Selain itu, siklus menstruasi juga diketahui berkaitan dengan anovulasi yang menyebabkan sulit hamil, menurut sebuah studi dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. Sehingga dokter mungkin meresepkan obat-obatan khusus untuk mematangkan folikel, meningkatkan estrogen, dan membantu ovarium melepaskan sel telur.

Itulah beberapa tips cepat hamil dengan siklus menstruasi pendek. Bagaimana pun, masing-masing orang memiliki kondisi yang berbeda, jadi tetaplah mengutamakan saran yang telah diberikan oleh dokter yang sudah disesuaikan dengan kondisi Moms, ya.

Baca Juga: Ini 4 Siklus Menstruasi yang Belum Banyak Diketahui Wanita

Artikel Terkait