KESEHATAN
18 November 2019

6 Tips Diet Sehat Agar Cepat Langsing Tanpa Efek Samping

Dapatkan berat badan ideal tanpa diet ketat!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi Moms yang memiliki berat badan berlebih, tentu penting untuk mengetahui cara diet sehat.

Ada banyak cara menurunkan berat badan, seperti diet ketat. Tetapi, diet ketat ini bisa memberikan beberapa risiko yang dapat membahayakan tubuh.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, penurunan berat badan yang sehat per minggunya adalah sekitar 0,5-1 kilogram.

Cara kurus yang cepat dalam jangka waktu instan, atau melakukan "fad diet" kemungkinan akan mengembalikan berat badan yang berlebih di kemudian hari.

Tips Diet Sehat

Jika Moms ingin mengetahui tips diet sehat tanpa efek samping, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Bagaimana Diet yang Baik untuk Pemula?

1. Sediakan Camilan Sehat

cara kurus yang aman-makan camilan sehat

Ada waktu di mana Moms merasa ingin ngemil. Ketimbang jajan jajanan tidak sehat, sebaiknya sediakan kudapan menyehatkan di kala aktivitas sehari-hari.

Makan camilan sehat merupakan tips diet yang aman, karena dapat menghindari dari konsumsi garam dan gula yang berlebihan.

Studi dari International Journal of Obesity (2005), disebutkan bahwa orang yang menyimpan makanan tidak sehat di rumah sulit untuk menjaga atau menurunkn berat badan.

Beberapa camilan yang sehat tanpa tambahan garam atau gula termasuk buah-buahan, minuman smoothie buatan sendiri, atau salad sayur.

2. Mengurangi Konsumsi Gula

cara kurus yang aman-kurangi gula

Gula mungkin cukup sulit dihindari. Tetapi, dengan menjaga asupan gula agar tidak berlebihan, bisa menjadi cara kurus yang aman dan mudah dilakukan.

Fruktosa adalah jenis gula yang umum digunakan dalam makanan dan minuman.

Menurut National Cancer Institute, pria berusia 19 tahun dan lebih tua mengkonsumsi rata-rata lebih dari 19 sendok teh gula tambahan sehari.

Sementara, pada wanita dalam kelompok usia yang sama mengkonsumsi lebih dari 14 sendok teh gula tambahan sehari.

Baca Juga: Apa Boleh Diet Saat Menyusui?

3. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

cara kurus yang aman-minum air putih

Minum air putih, setidaknya 8 gelas per hari dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, air putih tidak memiliki kalori tambahan, sehingga aman dikonsumsi dan dapat menjadi cara kurus tanpa efek samping yang ideal.

Ketimbang minum minuman manis, ganti dengan air putih yang akan membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi setiap hari.

4. Hindari Karbohidrat Olahan

cara kurus yang aman-kurangi karbohidrat olahan

Mengonsumsi biji-bijian utuh dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition, menunjukkan bahwa karbohidrat olahan mungkin lebih merusak metabolisme tubuh daripada lemak jenuh.

Jenis karbohidrat olahan atau sederhana adalah makanan berikut ini:

  • Nasi putih
  • Roti putih
  • Tepung putih
  • Permen
  • Ragam jenis sereal
  • Gula tambahan
  • Ragam jenis pasta

Baca Juga: 5 Seleb Hollywood ini Berbagi Rahasia Diet Mereka

5. Rutin Berolahraga Kardio

cara kurus yang aman-olahraga kardio

Rutin berolahraga dapat menjadi tips diet jitu. Buat program olahraga yang terdiri dari latihan kardio dan latihan resistensi.

Olahraga kardio membantu membakar kalori dengan cepat, termasuk salah satunya olahraga aerobik.

"Latihan aerobik membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan pembakaran kalori secara keseluruhan, karena tingkat metabolisme yang baik," jelas Phil Holbrook, NASM Elite Trainer melansir ShareCare.

Sementara latihan resistensi membangun massa otot yang dapat membakar lebih banyak kalori saat istirahat.

6. Tidur dengan Cukup Setiap Malam

cara kurus yang aman-tidur cukup

Ada hubungan antara obesitas dan kurangnya tidur yang berkualitas. Jurnal Obesity (Silver Spring, Md.) menunjukkan bahwa tidur cukup adalah tips diet sehat yang tepat.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang merasa kualitas tidur mereka buruk, cenderung sulit menurunkan berat badan dibandingkan mereka dengan kualitas tidur yang sangat baik.

Nah, itu dia Moms 6 tips diet sehat dan tanpa efek samping yang bisa dilakukan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait