KEHAMILAN
27 Maret 2020

8 Tips Diet Sehat Untuk Meningkatkan Peluang Hamil

Diet gizi seimbang kunci utamanya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Adeline Wahyu

Apa yang Moms konsumsi saat mempersiapkan atau menjalankan program hamil sama pentingnya dengan saat hamil. Setidaknya berikut adalah beberapa tips diet untuk meningkatkan peluang kehamilan yang perlu calon Moms dan Dads terapkan.

Tips Diet untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan

Apa saja, disimak dengan baik ya Moms penjelasan di bawah ini:

1. Lebih Banyak Makan Buah dan Sayur

XX Tips Diet Sehat Untuk Meningkatkan Peluang Hamil 1

Foto: pexels.com

Stanford Children’s Health menyarankan untuk mengkonsumsi berbagai macam sayuran dan buah sebelum ataupun saat hamil. Adapun sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi termasuk sayuran berwarna hijau tua, merah, dan oranye, polong-polongan serta sayuran yang mengandung zat tepung.

Sementara untuk buah-buahan disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak buah segar. Namun, Moms dan Dads juga dapat mengkonsumsi 100% jus buah, buah kalengan, buah kering ataupun buah beku.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? 5 Olahraga Ini Bisa Tingkatkan Peluang Kehamilan

2. Makan Makanan Kaya Zat Besi

XX Tips Diet Sehat Untuk Meningkatkan Peluang Hamil 2

Foto: pixabay.com

Meskipun vitamin dan suplemen prenatal mengandung zat besi, menurut Motherly, menambahkan beberapa sumber makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu mencegah anemia.

Kacang, tahu organik, telur, salmon, daging unggas, daging sapi tanpa lemak, dan produk sereal serta biji-bijian merupakan sumber makanan sehat yang baik untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi selama program hamil.

3. Konsumsi Gandum Utuh atau Produk Olahannya

XX Tips Diet Sehat Untuk Meningkatkan Peluang Hamil 3

Foto: freepik.com

Tips diet sehat untuk meningkatkan peluang kehamilan yang tidak kalah penting menurut Baby Center adalah mengkonsumsi lebih banyak makanan eperti roti, pasta, sereal, dan nasi.

Disarankan untuk dapat mengkonsumsinya setidaknya 8,5 porsi per hari. Jika memungkinkan, pilih varietas gandum yang mengandung lebih banyak serat.

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Yuk Ikut Senam Yoga

4. Hindari Lemak Trans

XX Tips Diet Sehat Untuk Meningkatkan Peluang Hamil 4

Foto: pixabay.com

Makan makanan yang mengandung lemak sehat setiap hari sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Namun, makanan yang mengandung lemak trans justru sebaliknya.

Sebuah penelitian yang di PubMed menemukan bahwa diet tinggi lemak trans dan rendah lemak tak jenuh dapat meningkatkan risiko infertilitas. Hal ini dikarenakan lemak trans memiliki dampak negatif terhadap sensitivitas insulin.

Lemak trans sendiri umumnya ditemukan dalam minyak sayur terhidrogenasi dan biasanya digunakan dalam beberapa margarin, makanan yang digoreng, produk olahan dan makanan yang dipanggang menggunakan olesan margarin.

5. Minum Lebih Banyak Susu

XX Tips Diet Sehat Untuk Meningkatkan Peluang Hamil 5

Foto: freepik.com

“Susu tinggi kalsium, yang sangat penting untuk perkembangan kerangka janin. Karena butuh beberapa saat untuk meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh, Anda harus mengonsumsi lebih banyak kalsium mulai sekarang,” kata Paola Mora, Konselor dan Ahli Gizi Terdaftar di Montefiore Medical Center, New York City, seperti dikutip dari Parents.

“Jika Anda tidak toleran laktosa atau tidak suka produk susu, perlu diingat bahwa banyak makanan non-susu yang juga kaya akan kalsium.”

Selain itu, disarankan pula untuk mengkonsumsi ikan, tahu, kacang-kacangan, kangkung, brokoli, dan makanan yang diperkaya dengan mineral.

Baca Juga: 3 Pilihan Program Hamil yang Dapat Dicoba, Mana yang Terbaik?

6. Jangan Konsumsi Ikan Jenis Tertentu

XX Tips Diet Sehat Untuk Meningkatkan Peluang Hamil 6

Foto: unsplash.com

Meskipun menyarankan untuk memakan ikan, Parents meminta calon Moms untuk menghindari ikan hiu, king mackerel, swordfish, dan tilefish karena memiliki konsentrasi merkuri sangat tinggi yang dapat membahayakan janin.

Sebagai gantinya Moms dapat mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon, light tuna, dan nila. Jangan lupa pula, selalu pastikan untuk memasaknya hingga matang untuk mengurangi risiko paparan bakteri.

7. Pertimbangkan Untuk Menghindari Kafein dan Alkohol

XX Tips Diet Sehat Untuk Meningkatkan Peluang Hamil 7

Foto: pexels.com

Menurut American Pregnancy Association, penting untuk menghindari konsumsi kafein saat berencana hamil, termasuk cokelat. Pasalnya, konsumsi lebih dari 200 - 300 miligram kafein per hari dapat mengurangi kesuburan hingga 27 persen. Bahkan kafein juga dapat menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dan kalsium.

Sementara sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan bahwa konsumsi alkohol yang tinggi dapat meningkatkan risiko infertilitas.

Baca Juga: 10 Kesalahan Yang Umum Terjadi Saat Program Hamil

8. Pastikan Isi Piring Memiliki Gizi Seimbang

XX Tips Diet Sehat Untuk Meningkatkan Peluang Hamil 8

Foto: pexels.com

Terlepas dari berbagai hal di atas, Zev Williams, MD, PhD, Kepala Divisi Endrokinologi dan Infertilitas Reproduksi di Columbia University Medical Center, menekankan bahwa tips diet untuk meningkatkan peluang kehamilan yang terpenting adalah memastikan bahwa apa yang dikonsumsi harus memiliki gizi seimbang.

“Ketika Anda memiliki sumber makanan yang beragam dalam diet Anda, kemungkinan Anda akan mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan dan menghindari risiko keracunan,” kata Dr. Williams, seperti dikutip dari Well and Good.

Nah, jadi itulah tips diet untuk meningkatkan peluang kehamilan yang wajib Moms dan Dads perhatikan. Apakah selama ini Moms dan Dads sudah menerapkannya?

Artikel Terkait