PROGRAM HAMIL
27 Juli 2020

Program Hamil Bayi Kembar, Mulai dari Cara Alami Hingga Medis

Salah satunya dengan posisi seks yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap pasangan memiliki impiannya masing-masing dalam membangun sebuah rumah tangga, termasuk dalam hal perencanaan keluarga. Moms dan Dads mungkin berencana ingin memiliki bayi kembar.

Dikutip dari jurnal Genetics Home Reference, genetik menjadi salah satu faktor kehamilan bayi kembar. Begitu pula jika mengalami kelebihan bobot atau menjalani kehamilan di atas 35 tahun.

Namun meskipun tidak memiliki garis keturunan kembar, untuk memiliki bayi kembar, Moms juga bisa ikut yang namanya program hamil lho. Bagaimana caranya untuk ikut program hamil bayi kembar? Yuk perhatikan beberapa hal berikut ini Moms.

Faktor yang Menentukan Kehamilan Kembar

program hamil bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Tanpa bantuan medis, Moms juga bisa melakukan program hamil bayi kembar secara alami. Namun hal ini bergantung pada faktor-faktor alamiah untuk mendapatkan hamil bayi kembar, seperti beberapa hal di bawah ini:

1. Usia ibu

Tahukah Moms bahwa semakin tua usia seorang wanita saat mengandung, maka semakin besar kemungkinan kita untuk hamil bayi kembar. Berdasarkan sebuah penelitian, wanita yang hamil di atas usia 30 tahun (terutama di akhir usia 30-an) memiliki peluang lebih besar untuk memiliki janin kembar.

Hal ini dikarenakan Moms berpeluang melepas lebih dari 1 sel telur ketika ovulasi. Peluang untuk hamil kembar akan meningkat bila wanita berada di usia 35-40 tahun sudah pernah hamil sebelumnya. Akan tetapi, kehamilan pada usia ini berisiko sehingga beberapa dokter tidak menyarankannya.

2. Postur

Selain usia, postur tubuh juga bisa membantu. Penelitian menyatakan bahwa wanita yang memiliki postur besar akan lebih berpeluang hamil bayi kembar. Postur besar di sini dapat berarti tinggi badan maupun berat badan.

Mengenai klaim ini, para peneliti tidak bisa memastikan hubungan postur dan kehamilan bayi kembar. Namun, mereka menduga wanita dengan postur besar lebih mudah menyerap nutrisi sehingga memiliki sistem reproduksi yang lebih sehat dari wanita berpostur kecil. Meski demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Mengonsumsi Obat Kesuburan untuk Program Hamil Bayi Kembar

program hamil bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Moms juga bisa melakukan program hamil anak kebar dengan mengonsumsi obat tertentu. Obat yang dirancang untuk meningkatkan kesuburan biasanya bekerja dengan cara meningkatkan jumlah telur yang diproduksi dalam ovarium wanita.

Jika lebih banyak telur dihasilkan, kemungkinan besar lebih dari satu telur dapat dilepaskan dan dibuahi. Ini terjadi pada saat yang bersamaan, menyebabkan kembar fraternal.

Clomiphene dan gonadotropin umumnya merupakan jenis obat kesuburan yang dapat meningkatkan peluang Moms untuk memiliki bayi kembar.

Clomiphene adalah obat yang bisa didapatkan hanya melalui resep dokter. Obat ini diminum, dan dosisnya akan tergantung pada kebutuhan setiap Moms. Cara kerjanya dengan menstimulasi hormon-hormon tubuh untuk menyebabkan ovulasi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan obat ini untuk perawatan kesuburan lebih besar kemungkinannya untuk memiliki bayi kembar daripada mereka yang tidak.

Jurnal dalam American Society for Reproductive Medicine memperkirakan bahwa hingga 30 persen kehamilan yang terjadi dengan mengonsumsi obat kesuburan, menghasilkan bayi kembar.

Namun sama seperti dalam banyak obat lainnya, tentu ada efek samping yang akan timbul dan perlu didiskusikan dengan dokter.

Posisi Seks untuk Hamil Bayi Kembar

program hamil bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Posisi tertentu saat berhubungan seks dapat meningkatkan peluang hamil kembar. Posisi-posisi tertentu dapat membuat sperma lebih dekat dengan leher rahim, maupun meningkatkan potensi terjadinya hiperovulasi. Berikut beberapa posisi yang dianjurkan.

1. Doggy Style

Posisi ini sangat memungkinkan Moms untuk hamil bahkan untuk hamil bayi kembar. Hal ini dikarenakan saat Dads mengalami orgasme pada posisi ini, leher rahim Moms berada pada posisi yang sangat dekat dengan banyak sperma yang mencari sel telur.

2. Standing Position

Posisi seks berdiri ini dipercaya memungkinkan Moms hamil bayi kembar. Posisi ini terbukti mampu memberikan penetrasi yang dalam. Hal ini sangat memudahkan sperma mudah masuk ke dalam sel telur.

3. Misionaris

Posisi ini merupakan posisi paling umum yang banyak digunakan semua pasangan, posisi paling sederhana ini tak hanya bisa mencapai keberhasilan kehamilan tapi juga bisa mewujudkan keingainan Moms untuk hamil bayi kembar, lho.

Moms juga akan merasa nyaman dengan posisi ini dan memungkinkan sperma untuk menemukan telur bisa lebih cepat atau pembuahan sel telur berhasil.

4. Side by Side

Posisi seks menyamping ini bisa membuat pasangan mencapai penetrasi lebih dalam, posisi ini juga nyaman dan rileks bagi Moms dan Dads.

Penetrasi lebih dalam ini sangat memungkinkan terjadinya pembuahan dan memungkinkan Moms hamil bayi kembar.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Program Bayi Tabung, Ibu Hamil Wajib Pahami Dulu 5 Hal Ini

Melakukan Program Bayi Tabung

program hamil bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Program untuk hamil bayi kembar selanjutnya yang bisa Moms coba adalah dengan melakukan bayi tabung. Bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF) merupakan cara yang paling populer untuk hamil bayi kembar. Akan tetapi, metode bayi tabung memerlukan biaya yang besar.

Metode IVF mengambil telur yang belum dibuahi Moms dan sperma Dads lalu membuahi sel telur. Ini dikenal sebagai Assisted Reproductive Technology (ART).

Dokter akan membuahi lebih dari satu sel telur untuk kemudian ditanamkan pada Moms. Mereka dibiarkan berinkubasi sebelum dimasukkan kembali ke rahim kita sebagai embrio.

Dalam banyak kasus, lebih dari satu embrio ditempatkan di dalam rahim karena tidak setiap embrio akan tumbuh dengan baik. Karena beberapa embrio dimasukkan, ada kemungkinan peningkatan dua atau lebih yang melekat. Ini adalah salah satu cara yang lebih umum dari wanita yang berusaha meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan bayi kembar.

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Tepat

program hamil bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Selain cara-cara di atas, untuk menjalani program hamil bayi kembar, Moms juga bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tepat lho Moms.

1. Mengonsumsi Susu dan Ubi Jalar

hamil anak kembar-1.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Wanita yang mengonsumsi susu dan berbagai produk olahan susu seperti yogurt, keju, dan lainnya, memiliki peluang lima kali lebih besar untuk hamil bayi kembar. Hormon pertumbuhan yang ada dalam susu, dapat membantu memiliki bayi kembar.

Tak hanya susu, ubi jalar juga dapat meningkatkan peluang hamil bayi kembar. Ubi jalar dapat menstimulasi indung telur, hingga menyebabkan sel telur lepas lebih dari satu, ketika ovulasi.

Baca Juga: 14 Gejala Hamil Anak Kembar

2. Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Seng

hamil anak kembar-3.jpg

Foto: parents.com

Mintalah pasangan untuk mengonsumsi makanan kaya seng. Makanan seperti tiram, sayuran hijau, biji-bijian, dan roti dapat merangsang produksi sperma. Hal tersebut dapat membantu proses pembuahan, untuk memperoleh kehamilan bayi kembar.

Baca Juga: Intip Yuk, Anak Kembar Seleb yang Makin Menggemaskan

3. Mengonsumsi Suplemen Asam Folat

hamil anak kembar-5.jpg

Foto: newatlas.com

Asam folat telah menunjukkan hasil yang baik pada kehamilan kembar. Peluang seorang wanita memiliki bayi kembar meningkat, setelah mengonsumsi suplemen asam folat sebelum kehamilan.

Selain itu, suplemen asam folat juga dapat mencegah cacat tabung saraf, sehingga bayi lahir dengan sehat.

Itu dia Moms beberapa cara yang bisa dilakukan jika Moms ingin melakukan program hamil bayi kembar. Dari cara alami hingga yang membutuhkan biaya besar, manakah yang akan Moms pilih?

Artikel Terkait