PROGRAM HAMIL
5 Januari 2020

7 Tips Hamil Anak Kembar untuk Moms yang Bisa Dicoba

Salah satunya dengan mengonsumsi susu!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap pasangan memiliki impiannya masing-masing dalam membangun sebuah rumah tangga, termasuk dalam hal perencanaan keluarga. Moms dan Dads mungkin berencana ingin memiliki anak kembar.

Kecenderungan Moms memiliki anak kembar akan lebih tinggi bila Moms dan pasangan memiliki kerabat keluarga yang kembar. Begitu pula jika mengalami kelebihan bobot atau menjalani kehamilan di atas 35 tahun.

Tips Hamil Anak Kembar

Meski memiliki kelebihan berat badan memperbesar kemungkinan hamil anak kembar, tetapi sengaja mengalami kelebihan berat badan demi mendapatkan bayi kembar, tentu tidak aman untuk kesehatan.

Berikut ini sejumlah cara yang direkomendasikan bagi Moms dan pasangan untuk memperoleh bayi kembar, meski tak miliki riwayat kembar dalam keluarga.

1. Mengonsumsi Susu dan Ubi Jalar

hamil anak kembar-1.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Wanita yang mengonsumsi susu dan berbagai produk olahan susu seperti yogurt, keju, dan lainnya, memiliki peluang lima kali lebih besar untuk hamil anak kembar. Hormon pertumbuhan yang ada dalam susu, dapat membantu memiliki anak kembar.

Tak hanya susu, ubi jalar juga dapat meningkatkan peluang hamil anak kembar. Ubi jalar dapat menstimulasi indung telur, hingga menyebabkan sel telur lepas lebih dari satu, ketika ovulasi.

Baca Juga: 14 Gejala Hamil Anak Kembar

2. Menghentikan Konsumsi Pil KB

hamil anak kembar-2.jpg

Foto: vox.com

Pil KB memiliki peran penting dalam membantu agar hamil anak kembar secara alami. Saat berhenti minum pil KB, tubuh akan menghasilkan hormon yang lebih tinggi daripada kondisi normal.

Dalam kondisi ini, peluang Moms untuk hamil anak kembar akan lebih besar.

3. Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Seng

hamil anak kembar-3.jpg

Foto: parents.com

Mintalah pasangan untuk mengonsumsi makanan kaya seng. Makanan seperti tiram, sayuran hijau, biji-bijian, dan roti dapat merangsang produksi sperma. Hal tersebut dapat membantu proses pembuahan, untuk memperoleh kehamilan anak kembar.

Baca Juga: Intip Yuk, Anak Kembar Seleb yang Makin Menggemaskan

4. Hamil Saat Menyusui

hamil anak kembar-4.jpg

Foto: dolanlawfirm.com

Jika mengalami kehamilan lagi, padahal masih menyusui bayi, maka Moms berpeluang hamil anak kembar. Ketika menyusui, tubuh menghasilkan prolaktin yang lebih tinggi.

Kadar hormon prolaktin yang lebih tinggi tersebut, diketahui dapat meningkatkan peluang untuk hamil anak kembar.

5. Mengonsumsi Suplemen Asam Folat

hamil anak kembar-5.jpg

Foto: newatlas.com

Asam folat telah menunjukkan hasil yang baik pada kehamilan kembar. Peluang seorang wanita memiliki anak kembar meningkat, setelah mengonsumsi suplemen asam folat sebelum kehamilan.

Selain itu, suplemen asam folat juga dapat mencegah cacat tabung saraf, sehingga bayi lahir dengan sehat.

6. Pilih Posisi Tertentu Saat Berhubungan Seks

hamil anak kembar-6.jpg

Foto: eduardohuelin.com

Posisi tertentu saat berhubungan seks dapat meningkatkan peluang hamil kembar. Posisi-posisi tertentu dapat membuat sperma lebih dekat dengan leher rahim, maupun meningkatkan potensi terjadinya hiperovulasi.

Beberapa posisi yang disarankan adalah woman on top, missionary, split position, dan side by side.

Baca Juga: Hal yang Wajib Diperhatikan Agar Aman Melakukan Seks Saat Kehamilan Kembar

7. Bayi Tabung

hamil anak kembar-7.jpg

Foto: sundaypost.com

Bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF) merupakan cara yang paling populer untuk hamil anak kembar. Akan tetapi, metode bayi tabung memerlukan biaya yang besar.

Dalam prosedur ini, beberapa embrio ditempatkan di dalam rahim. Terdapat kemungkinan lebih dari satu embrio yang bertahan hidup, sehingga peluang untuk mendapatkan bayi kembar akan meningkat dengan cara ini.

Bahkan, metode bayi tabung ini dapat membuat hamil anak kembar identik.

Moms dapat terus berupaya untuk memiliki anak kembar, tapi masih ada sejumlah faktor lain yang memengaruhi keberhasilannya. Namun, tidak ada salahnya mengupayakan hal-hal tersebut, demi memperoleh kehamilan anak kembar.

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Sumber: sehatq.com

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait