KESEHATAN
11 Juli 2020

Ini 4 Tips Makan Makanan Santan yang Bisa Dilakukan

Jangan lupa kontrol jumlah porsi saat makan ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat merayakan Idul Adha, Moms akan menemukan sajian santan seperti opor ayam, rendang, gulai daging, dan lain sebagainya. Tentu saja, konsumsi makanan santan terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan.

Karena itu, Moms perlu tahu bagaimana tips makan makanan santan yang aman dan tidak berlebihan. Jangan sampai usai merayakan momen spesial ini, Moms justru mengalami kenaikan berat badan, lho!

Yuk, baca lebih lanjut tentang tips yang bisa dilakukan berikut ini, Moms.

Baca Juga: 4 Makanan Lebaran yang Cocok Dimakan Bersama Ketupat

Tips Makan Makanan Santan Agar Tidak Berlebihan

tips makan makanan santan -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, menjaga pola makan tidak hanya dilakukan ketika perayaan Idul Adha saja, Moms juga perlu mengontrol asupan makanan yang masuk bahkan ketika sudah kembali ke jam makan seperti biasanya.

Mengutip National Health Service, kunci dari pola makan sehat adalah makan dalam jumlah kalori yang tepat dan disesuaikan dengan seberapa aktif Moms melakukan aktivitas sehari-hari.

Jika hendak mengonsumsi makanan bersantan saat merayakan Idul Adha, berikut ini tips untuk mengontrol makan makanan santan agar tidak berlebihan.

1. Ambil Porsi yang Kecil

Salah satu tips mengonsumsi makanan bersantan saat Idul Adha adalah dengan memerhatikan jumlah porsi.

Mengutip Duke Health, tubuh manusia selalu mampu beradaptasi dan berfungsi selama periode menyusui dan puasa. Makan dengan porsi banyak sekaligus dapat memengaruhi metabolisme tubuh.

"Ketika orang makan terlalu banyak dan sering, ada lebih banyak molekul karbon pada tubuh, yang bisa bertabrakan dan menyebabkan kerusakan pada sel, menyebabkan 'kemacetan' terhadap sistem metabolisme tubuh," jelas Deborah Muoio, PhD, peneliti yang mempelajari penyakit metabolisme.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Mengonsumsi Makanan Bersantan Berlebihan

2. Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

tips makan makanan santan -2

Foto: Orami Photo Stock

Setidaknya ketika menyantap sajian santan saat Idul Adha, Moms perlu mengonsumsi sayuran atau buah. Tetapi, jangan makan olahan sayuran atau buah yang sama-sama mengandung santan ya, Moms.

Pada jurnal Advances in Nutrition, dijelaskan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran memiliki konsentrasi nutrisi dan vitamin, terutama vitamin C dan A, mineral, dan antioksidan.

Jaga keseimbangan menu makanan dengan baik saat mengonsumsi masakan santan juga merupakan tips makan makanan santan yang perlu dilakukan.

3. Kunyah Makanan dengan Baik

tips makan makanan santan-2.jpg

Foto: wsj.com

Usahakan untuk mengunyah makanan selama beberapa kali sebelum ditelan sebagai tips saat makan makanan bersantan ketika Merayakan Idul Adha. Mengunyah makanan juga tidak membuat seseorang tersedak saat menelan.

"Namun, yang lebih penting, luangkan waktu sepanjang makan. Jika Anda ingin menelan seluruh makanan, kunyah dulu sekitar lima menit sebelum mengambil satu gigitan lagi," jelas ahli diet Stacey McIntosh, mengutip University of Utah.

"Ini karena butuh sekitar 20-25 menit bagi hormon untuk mencapai otak dan memberi tahu bahwa Anda kenyang. Jika seseorang makan makanan hanya dalam 5 menit, tidak cukup waktu bagi otak untuk merespon bahwa tubuh telah kenyang," lanjutnya.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Makan MPASI Bersantan?

4. Kurangi Konsumsi Hal Manis Lainnya

tips makan makanan santan -4

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin berpikir bila minum minuman manis sangat pas usai makan hidangan Idul Adha. Tetapi, sebaiknya mulai kurangi atau bahkan menghindari minuman manis, ya.

Apalagi, konsumsi minuman manis juga memberikan beberapa risiko yang merugikan tubuh. Karena itu kurangi konsumsi minuman manis sebagai tips makan makanan bersantan.

Dalam British Medical Journal, disebutkan bahwa minuman dengan pemanis buatan dikaitkan dengan hipertensi, obesitas, dan diabetes tipe 2 yang lebih tinggi. Beberapa pemanis buatan juga bisa meningkatkan intoleransi glukosa.

Nah, itu dia Moms beberapa tips ketika makan makanan yang bersantan di perayaan Idul Adha.

Artikel Terkait