TRIMESTER 1
6 Agustus 2019

Tips Makan Sehat Anti Ribet Saat Hamil

Makan sehat murah dan mudah
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Makan sehat saat hamil tak perlu ribet dan tak perlu mahal Moms! Moms bisa memanfaatkan makanan lokal sekitar tempat tinggalmu untuk memenuhi gizi saat hamil.

Makan bukan sekedar kenyang, ingat Moms haru memenuhi gizi diri sendiri dan buah hati yang sedang dalam kandungan. Pastikan makanan yang Moms makan bergizi seimbang. Ini dia tips makan sehat anti ribet saat hamil!

Baca Juga: 6 Makanan Mengandung Beta-Karoten yang Baik Untuk Ibu Hamil

Porsi Lengkap Dalam Satu Piring

70-Eating-habits-while-trying-to-get-pregnant_682992553.jpg

Tahukah Moms, jika zat-zat yang terkandung di dalam makanan dan minuman yang kita santap membawa pengaruh terhadap sistem tubuh. Nah, bisa kita simpulkan jika pola asupan makanan menentukan status kesehatan seseorang.

Kementerian Kesehatan RI menganjurkan dalam satu porsi sajian, terdapat sayur-sayuran dan buah-buahan dengan porsi separuh bagian piring setiap makan.

Untuk separuh bagian piring lainnya diisi dengan makanan pokok sumber karbohidrat dan lauk-pauk yang mengandung protein.

Berapa ukuran ideal makanan karbohidrat dalam sekali makan? Kementerian Kesehatan RI menganjurkan mengonsumsi 150 gram nasi yang setara dengan 3 centong nasi, 3 buah sedang kentang (300 gram) dan 1,5 gelas mie kering (75 gram).

Untuk protein bisa didapatkan dari lauk pauk yang bersumber protein hewani dan protein nabati. Di pikiran kita, protein hanya bisa didapat dari protein hewani seperti daging sapi, daging ayam, ikan, susu dan telur yang harganya relatif lebih mahal.

Padahal, protein bisa kamu dapatkan dari protein nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan yang mudah ditemukan di pasar dekat rumah Moms.

Satu porsi lauk pauk hendaknya sejumlah 75 gram ikan kembung yang setara dengan 2 potong sedang ayam tanpa kulit (50 gram), 1 butir telur ayam ukuran besar (55 gram) dan 2 potong daging sapi sedang (70 gram). Selain itu, Moms bisa mengonsumsi 100 gram tahu yang setara dengan 2 potong tempe (50 gram).

Baca Juga: Meningkatkan Kesuburan, Calon Ibu Hamil Perlu Banyak Makan Buah

Konsumsilah Makanan yang Kaya Zat Besi

how-many-almonds-should-a-pregnant-women-eat-a-day.jpg

Menurut Sarah Klemm RD, CD dari Academy of Nutrition and Dietetics ibu hamil membutuhkan paling tidak 27 mg zat besi setiap harinya. Mengapa demikian?

Saat hamil, Moms akan membutuhkan produksi darah untuk sang buah hati yang ada di dalam kandungan.

Makanan yang kaya zat besi ini bisa Moms dapatkan pada makanan berprotein seperti daging sapi, ikan dan daging ayam. Selain itu Moms bisa mengonsumsi sayur bayam atau kacang-kacangan.

Baca Juga: Ingin Hamil? Cek Segudang Manfaat Zat Besi untuk Kesuburan Wanita Ini

Penuhi Kebutuhan Kalsium

Is-It-Safe-For-Pregnant-Women-To-Eat-Blueberries.jpg

Saat masa kehamilan, kandungan kalsium sangat dibutuhkan untuk perkembangan gigi, tulang, jantung dan otot Si Kecil. Apabila Moms tidak mengonsumsi kalsium yang cukup, maka kalsium pada tulang sang Ibu akan diberikan kepada si janin.

Sehingga konsumsi makanan yang mengandung kalsium sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari, saat dan setelah kehamilan.

Rekomendasi kebutuhan kalsium saat kehamilan menurut Academy of Nutrition and Dietetics adalah 1.000 mg per hari untuk wanita hamil yang berumur 19 -50 tahun.

Artinya, paling tidak dalam sehari Moms perlu mengonsumsi makanan mengandung kalsium 3 kali sehari. Kalsium bisa Moms dapatkan dalam susu, yogurt, sereal, dan keju.

Berikut itu adalah tips makan sehat saat hamil yang harus Moms terapkan setiap hari!

(TAL)

Artikel Terkait