NEWBORN
24 Juni 2018

Tips Memasak Bubur Tim untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

Untuk menjaga kualitas dan kebersihannya, pastikan melakukan 6 hal ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Sebagaimana yang disarankan oleh WHO, bayi yang sudah berusia 6 bulan harus mulai makan MPASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Dimulai dengan mengenalkan puree atau bubur susu, bayi boleh mulai mengenal MPASI bubur tim saat usianya memasuki 7 bulan.

Apakah Moms berencana untuk membuat bubur tim buatan sendiri untuk Si Kecil? Nah, pastikan Moms memperhatikan beberapa tips penting di bawah ini saat memasak bubur tim untuknya, ya.

1. Mengandung gizi seimbang yang dibutuhkan bayi

Meskipun bahan utama dalam memasak bubur tim adalah nasi, Moms bisa menambahkan sayur atau daging untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Pertama kali mengenalkan bubur tim untuk Si Kecil, Moms bisa menambahkan satu jenis sayuran saja.

Setelah ia mulai terbiasa, perlahan-lahan Moms bisa mencampurkan sayuran berbeda dalam bubur tim Si Kecil. Adapun sayuran yang baik dikenalkan sebagai MPASI bayi di antaranya brokoli, wortel, dan bayam.

2. Hindari gula dan garam sebelum bayi berusia 1 tahun

Menyiapkan bubur tim untuk bayi kurang dari satu tahun lebih baik jangan menambahkan perasa apa pun ke dalamnya, termasuk gula dan garam. Menambahkan gula dan garam ke dalam MPASI sebelum si kecil berusia 1 tahun justru akan membahayakan kondisi kesehatannya.

3. Cuci bersih semua bahan yang akan dimasak

Moms harus memastikan bahwa nasi dan sayuran yang akan diolah menjadi bubur tim sudah dikupas dan/atau dicuci dengan bersih. Jangan sampai MPASI yang dikonsumsi oleh si kecil ternyata terkontaminasi bakteri dan pestisida yang masih menempel di bahan makanan yang Moms gunakan.

4. Masak hingga matang dan teksturnya lembut

Kunci penting dalam menyajikan bubur tim adalah tekstur nasi, sayur, dan daging yang sangat lembut. Masak setidaknya 30 menit sehingga nasi mengembang dan teksturnya lembut.

Jika Moms menambahkan sayuran atau daging, pastikan sayuran yang dicampurkan dimasak hingga matang bersama bubur tim. Namun, kalau Moms ingin menambahkan daging, lebih baik gunakan daging yang sudah digiling.

Demi mendapatkan bubur tim dengan tekstur yang lembut, umumnya digunakan 300 ml air untuk setiap 10 g nasi. Selain itu, aduk-aduk bubur selama dimasak sehingga nasi menjadi hancur dan lumat.

Baca Juga : 3 Resep MPASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan

5. Blender untuk melumatkan

Jika dirasa tekstur bubur tim yang Moms masak masih terlalu kasar untuk Si Kecil, Moms bisa melumatkannya menggunakan blender. Terdapat dua cara melumatkan bubur tim dengan menggunakan blender, yakni sebelum dimasak dan setelah matang.

Sebelum dimasak Moms bisa memblender nasi yang akan digunakan agar teksturnya lebih lembut atau memblender bubur tim yang sudah matang untuk melumatkannya. Moms juga bisa menerapkan keduanya untuk memastikan bubur tim benar-benar lembut dikonsumsi si kecil.

6. Tambahkan ASIP/Sufor hanya saat bubur tim sudah matang dan didinginkan

Jika Moms ingin menambahkan ASIP/Sufor ke dalam mpasi bubur tim, jangan tambahkan saat bubur sedang dimasak. Sebaliknya, tambahkan ASIP/Sufor saat bubur sudah matang dan didinginkan beberapa saat (siap diberikan pada si kecil).

Kandungan nutrisi ASIP/Sufor akan rusak jika dimasak dengan suhu 40 derajat Celcius atau lebih tinggi. Salah satu nutrisi penting yang akan hilang adalah pribiotil yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan bayi.

Wah banyak hal yang perlu diperhatikan saat memasak bubur tim untuk si kecil ya, Moms. Hayo, kira-kira selama ini Moms pernah tidak mengabaikan tips penting di atas saat memasak bubur tim untuk MPASI si kecil?

(RGW)

Sumber: parenting.com, babycenter.in

Artikel Terkait