TREN
5 Juli 2016

Tips Membersihkan Noda Pada Karpet

Bersih-bersih, yuuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh serenata.rosalia
Disunting oleh serenata.rosalia

Anda memasang karpet di ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar? Noda karpet bisa membuat rumah yang rapi menjadi terlihat berantakan dan kotor. Karena itu, banyak orang yang bertanya-tanya tentang cara terbaik untuk menghilangkan noda dari karpet, sehingga ruangan terlihat bersih dan segar. Namun, membersihkan noda pada karpet bisa jadi sulit, karena beberapa tipe noda bisa meresap pada serat karpet lebih dalam dibanding noda lainnya.

Noda yang masih baru pada karpet paling baik kalau cepat-cepat dibersihkan dengan menggunakan air bersih. Tuangkan sedikit air pada noda itu. Gosok lalu keringkan. Walaupun metode ini akan berhasil pada sebagian besar noda, tetap ingat bahwa efektifnya pembersih noda karpet juga tergantung pada tipe karpet yang Anda miliki. Terkena noda dan sulit dihilangkan? Berikut ini cara sederhana membersihkan noda pada karpet Anda, sesuai dengan jenis nodanya:

  • Alkohol: Tenang saja! Segera ambil spons dan celupkan ke air hangat yang bersih. Usap spons ke karpet yang ketumpahan alkohol tersebut. Kemudian keringkan dengan spons atau lap kering.
  • Darah: Segera ambil spons dan celupkan ke air bersih. Usap spons ke noda sampai nodanya memudar.
  • Rokok: Segera gosok serat yang gosong dengan amplas halus. Setelah itu buat air deterjen (gunakan sabun deterjen yang lembut). Teteskan air deterjen sedikit-sedikit ke noda lalu gosok dengan lap bersih. Diamkan selama 5 menit. Sementara itu, larutkan 2 sendok makan boraks dalam ½ liter air. Celupkan spons ke larutan lalu gosokkan pada noda. Ulangi beberapa kali. Kemudian bersihkan lagi dengan air bersih. Terakhir keringkan dengan lap atau spons.
  • Tinta: Segera ambil bubuk cream of tartar yang diberi perasan air jeruk nipis/lemon. Gosokkan larutan ini pada noda dengan lap atau spons bersih. Diamkan selama beberapa menit. Bersihkan bubuk itu dengan sikat bersih lalu ambil sisa bubuk tersebut dengan spons yang sebelumnya dicelupkan ke air hangat. Ulangi beberapa kali. Hati-hati tetesan air jeruk nipis/lemon jangan sampai jatuh ke karpet. Cara lain, bila noda tintanya tidak hebat dapat dibersihkan dengan larutan cuka yang dicampur dengan jeruk nipis/lemon. Atau ambil lap lalu tetesi alkohol agak banyak. Gosok noda tinta dengan lap tersebut.
  • Susu, Teh, atau Kopi: Teteskan air deterjen lembut pada noda tersebut. Ambil spons lalu rendam ke air hangat dan peras. Usapkan spons ke karpet yang diberi air deterjen. Setelah itu keringkan dengan lap atau spons kering.
  • Minyak Pelumas: Taburkan bubuk soda kue pada noda dan diamkan selama 1 jam agar minyak pelumasnya terserap. Setelah itu gosok perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali. Cara lain, ambil bensin atau tanah lempung lalu campurkan dengan sedikit cuka. Gosokkan larutan ini pada noda minyak pelumas dengan lap atau spons.Usahakan karpetnya jangan terlalu basah. Kemudian dilap dengan lap, tisu, atau spons.
  • Lipstick: Bersihkanlah dengan thinner. Taruh beberapa tetes thinner di lap bersih, lalu gosokkan pada noda. Kemudian lap dengan air hangat. Lalu, keringkan dengan lap, tisu, atau spons.
  • Lumpur: Segera taburi garam atau baking soda di tempat itu. Diamkan sampai kering, setelah itu sedot dengan vacuum cleaner.
  • Permen karet, atasi segera dengan es batu. Masukkan es batu ke dalam kantung plastik, gosokkan pada noda tersebut. Angkat sedapatnya. Setelah itu, ambil vaselin dan gulungkan ke sisa permen karet tadi.
  • Bila Anda tidak tahu penyebab noda tersebut, perciki sedikit cairan pembersih kaca. Tekan-tekan dengan lap bersih yang menyerap air atau spons. Setelah itu bersihkan dengan lap yang diberi air hangat. Terakhir keringkan dengan spons atau lap kering.

Foto: http://seezet.com/

Artikel Terkait