PARENTING
28 Maret 2020

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu!

Rutinitas dan komunikasi yang lancar ternyata sangat penting
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Intan Aprilia

Menjadi orang tua tunggal yang membesarkan anak seorang diri tentu tidak mudah dijalani, tapi bukan halangan untuk mendukung tumbuh kembang buah hati.

Menurut studi yang dilansir The European Society of Human Reproduction and Embryology, hubungan orang tua-anak dan perkembangan anak yang dibesarkan oleh orang tua tunggal bisa sama baiknya dengan anak yang dibesarkan oleh sepasang orang tua.

Tips Membesarkan Anak Seorang Diri

Jika Moms adalah salah satu orang tua tunggal, berbagai tips berikut layak dicoba untuk membantu membesarkan anak seorang diri.

1. Buat Rutinitas

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu! 1.jpg

Foto: monkeybizness.com

Rutinitas membuat anak tahu hal apa saja yang penting bagi keluarga, menguatkan rasa aman dan kedekatan, juga membiasakan hidup teratur.

Fokuslah untuk membuat rutinitas untuk meringankan beban pekerjaan dan tugas rumah tangga yang harus Moms lakukan setiap hari, seperti persiapan Si Kecil berangkat sekolah atau berbagi tugas rumah tangga dengan anak sesuai usianya.

Di sela rutinitas, pastikan ada waktu luang khusus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama Si Kecil serta menjaga kesehatan fisik, mental, dan emosional Moms.

Dengan rutinitas yang baik, Moms dan buah hati memiliki lebih banyak waktu untuk istirahat, berkomunikasi, dan mengurangi konflik.

Yang terpenting, rutinitas sebaiknya dibuat sambil diskusi dengan Si Kecil supaya ia merasa lebih bertanggung jawab untuk melakukannya.

Baca Juga: 3 Perjuangan yang Pasti Dirasakan oleh Single Moms

2. Tetapkan Batasan dan Aturan

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu! 2.jpeg

Foto: huffingtonpost.es

Batasan dan aturan bukan dibuat untuk mengekang, tapi penting untuk membantu membentuk perilaku anak dan memandunya mengambil keputusan yang positif.

Moms bisa berdiskusi dengan Si Kecil untuk membentuk batasan dan aturan yang sederhana dan positif, misalnya tidak boleh berbicara kasar, bersikap saling menghargai, selalu jujur, selalu minta izin sebelum pergi ke luar rumah, dan semacamnya.

Batasan dan aturan bisa terus disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan anak, tapi pastikan Si Kecil selalu diajak berdiskusi dan diberi tahu alasan dibaliknya ya, Moms.

3. Berikan Pujian dan Perhatian

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu! 3.jpg

Foto: freepik.com

Moms pasti sudah cukup sibuk dengan pekerjaan dan urusan rumah tangga, tapi pastikan selalu ada waktu berkualitas untuk dihabiskan bersama Si Kecil.

Percayalah Moms, pujian, perhatian, dan kasih sayang dari Moms saat menghabiskan waktu bersama akan membuat hubungan semakin erat, meningkatkan rasa percaya diri anak, melancarkan komunikasi, juga menambah kenangan masa kecil yang manis untuk diingat sampai ia besar nanti.

Baca Juga: Single Mom Saat Hamil? Ikuti 5 Tips Berikut

4. Jaga Kelancaran Komunikasi

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu! 4.jpg

Foto: freepik.com

Kesibukan sebagai orang tua tunggal memang seringkali membuat komunikasi dengan anak menjadi terhambat, sehingga timbul kesalahpahaman yang membuat anak merasa tidak dimengerti.

Padahal, komunikasi yang lancar sangat penting untuk menjaga keeratan hubungan Moms dan buah hati, menumbuhkan rasa saling percaya, menanamkan prinsip dan nilai keluarga, juga mendisiplinkan sekaligus memotivasi Si Kecil.

Sebuah panduan dari University of Florida memberikan tips untuk menjaga kelancaran komunikasi antara orang tua tunggal dengan anak, yaitu:

  • Mendengarkan anak dengan penuh perhatian tanpa teralihkan perhatian.
  • Jaga kontak mata saat berbicara atau memberi instruksi.
  • Kenali dan akui perasaan anak saat berkomunikasi.
  • Saling menghargai. Artinya selalu berpikir sebelum menghakimi atau berkomentar, terbuka dengan pendapat anak, juga mau memahami sudut pandang anak.
  • Tidak memaksakan saran, tapi mendorongnya untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah.
  • Hindari ucapan negatif, termasuk ungkapan kasar, melabeli, atau menyepelekan.

5. Jangan Segan Minta Bantuan

5 Tips Membesarkan Anak Seorang Diri, Moms Wajib Tahu! 5.jpg

Foto: freepik.com

Berusaha mandiri membesarkan anak seorang diri memang baik, tapi jangan segan meminta bantuan dari orang terdekat jika memang diperlukan.

Bukan hanya untuk menjaga Si Kecil, tapi juga saat perlu bertukar pikiran, meminta saran, ataupun berbagi pengalaman.

Di sisi lain anak juga bisa mendapat banyak manfaat dari interaksi dengan orang dewasa lain yang bisa dipercaya selain Moms, seperti membuka wawasan, mengenalkan pada aktivitas baru, atau memberikan bimbingan dan semangat secara umum.

Baca Juga: 3 Cara Menjelaskan Tentang Perceraian Orang Tua Kepada Balita

Akan selalu ada tantangan dalam membesarkan anak seorang diri, tapi dengan menjaga kelancaran komunikasi dan hubungan erat dengan Si Kecil maupun lingkaran pendukung akan membantu meringankan semua urusan.

Nah, apa Moms tahu apa lagi yang bisa dilakukan untuk membantu membesarkan anak seorang diri?

Artikel Terkait