NEWBORN
18 Maret 2019

5 Tips Membuat Tummy Time Bayi Menyenangkan, Yuk Dicoba!

Buat tummy time Si Kecil menyenangkan dengan trik-trik ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Meskipun American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar bayi ditidurkan dengan posisi telentang untuk mengurangi risiko sudden infant death syndrome (SIDS), bayi tetap membutuhkan waktu untuk tengkurap atau tummy time.

Bukan hanya untuk menghindari plagiocephaly dan biang keringat, tetapi tummy time bayi juga memiliki berbagai manfaat penting lainnya.

Kurangnya tummy time tidak hanya dapat mempengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan Si Kecil untuk menguasai keterampilan dasar seperti mengangkat kepala dan berguling, tetapi juga berdampak pada keterampilan fisik lain seperti duduk, merangkak, dan berjalan.

Nah, berikut ini beberapa tips tummy time menyenangkan yang dapat Moms lakukan bersama buah hati!

Baca Juga: Bolehkah Bayi Tidur dengan Posisi Tengkurap?

1. Gunakan Alat Bantu untuk Mendukung Tubuh Bayi

5 tips membuat tummy time si kecil menyenangkan 1

Ketika bayi berusia 2-3 minggu, sudah waktunya untuk memulai tummy time pertamanya. Letakkan Si Kecil di atas bantal menyusui, selimut yang digulung atau handuk dengan sudut 45 derajat.

Ini akan membantunya memajukan lengannya untuk mulai menguatkan tubuhnya sendiri dan membuatnya merasa lebih nyaman selama tummy time.

Seiring berjalannya waktu, Moms dapat menggunakan alat bantu yang lebih kecil seperti kain lembut tipis yang digulung.

2. Tummy Time di Dada Moms

5 tips membuat tummy time si kecil menyenangkan 2

Bersantailah dengan posisi bersandar dan posisikan bayi tengkurap di dada Moms.

Jennifer Halfin, fisioterapis bidang pediatri di Children’s Support Solutions menyampaikan bahwa posisi ini adalah tummy time yang membuat bayi nyaman selama bulan-bulan awal kehidupan bayi.

Pastikan tubuh Moms berada pada sudut 45 derajat dan ajaklah ia mengobrol selama tummy time.

Baca Juga: Bayi 6 Bulan Belum Bisa Tengkurap, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

3. Tummy Time Bersama Kakak dan Hewan Peliharaan

5 tips membuat tummy time si kecil menyenangkan 3

Letakkan buah hati di atas tikar atau selimut lembut, kemudian mintalah kakak atau anggota keluarga lain untuk bermain di dekatnya selama tummy time.

Melihat kakak atau bahkan hewan peliharaannya dapat membuat bayi menjadi sedikit terhibur, setidaknya untuk sejenak. Apalagi jika ia juga diajak bermain oleh kakaknya.

Tetapi jangan sampai lepas dari pengawasan Moms. Terutama jika kakaknya masih terlalu muda atau Moms memilih untuk menghibur Si Kecil menggunakan hewan peliharaan.

4. Letakkan Cermin di Hadapan Bayi

5 tips membuat tummy time si kecil menyenangkan 4

Siapkan cermin di dekat Si Kecil sehingga ia dapat melihat bayangannya sendiri selama tummy time.

Selain cermin, Moms juga dapat memanfaatkan mainan dengan warna yang mencolok untuk menarik perhatiannya. Dijamin ia akan lebih bersemangat dan senang menyelesaikan jadwal tummy time-nya.

Baca Juga: Bayi Tidak Merangkak Tapi Mengesot, Normalkah?

5. Tummy Time Seru Bersama Moms

5 tips membuat tummy time si kecil menyenangkan 5

Bukan hanya mainan, hewan peliharaan, atau saudara saja yang bisa menghiburnya ketika tummy time.

Berbaringlah di lantai bersama Si Kecil dan buatlah ekspresi konyol, suara lucu, atau nyanyikan lagu untuknya. Hal ini akan membuat perhatiannya teralihkan sejenak dari latihan fisik yang harus dilakukannya.

Kebanyakan bayi memang tidak menyukai tummy time, sehingga jika semua tips di atas sudah Moms terapkan tetapi ia masih tidak mau tengkurap lebih lama, akhiri sesi latihannya. Lakukan terus secara dengan intensitas waktu yang ditingkatkan hingga buah hati terbiasa.

Moms punya trik lain yang biasa diterapkan untuk tummy time bayi? Yuk share melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini!

(RGW)

Artikel Terkait