BAYI
29 Juni 2020

3 Tips Memilih Babysitter untuk Si Kecil, Wajib Tahu!

Ikuti beberapa tips memilih baby sitter ini agar mendapatkan pilihan yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memililiki babysitter yang dapat dipercaya dan andal bukanlah tugas yang mudah, karena membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Tetapi jika Moms berhasil menemukannya, hasilnya adalah rasa lega karena dapat menitipkan Si Kecil di tangan yang tepat.

Banyak Moms yang memiliki alasan tersendiri saat memutuskan harus menggunakan jasa babysitter. Meskipun ada idiom yang mengatakan bahwa tidak boleh menilai buku dari sampulnya, Rachel Charlupski, pendiri The Babysitting Company mengatakan, ada isyarat visual tertentu yang perlu Moms perhitungkan ketika akan mempekerjakan babysitter.

“Jika calon potensial tampak tidak bersih atau datang ke wawancara dengan pakaian yang tidak pantas, tidak usah dilanjutkan. Anda akan ingin mempekerjakan seseorang dengan profesionalisme menyeluruh. Anda harus waspada. Anda benar-benar perlu melihat semuanya," jelasnya.

Tips Memilih Babysitter

Bukan hanya itu, Moms juga bisa memulainya dengan menjalankan tips memilih babysitter di bawah ini.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Kriteria Babysitter

1. Cari Informasi dan Tentukan Kualifikasi

Bagaimana Memilih Babysitter untuk Si Kecil -1.jpg

Foto: Care.com

Tempat terbaik untuk mulai mencari babysitter adalah dari yang paling dekat seperti kerabat terlebih dahulu. Ini akan membuat Moms lebih leluasa menanyakan tentang latar belakang calon babysitter.

Setelah itu, Moms bisa melanjutkan mencari dari tetangga, rekan kerja, lingkungan sekolah, dan sebagainya.

Setelah memiliki beberapa opsi, penting untuk memeriksa referensi. Tentukan juga kualifikasi yang dicari. Selain itu, yang paling penting adalah Moms harus mengikuti naluri. Apakah Moms mendapatkan perasaan yang baik tentang pengasuh dan apakah Moms mempercayai orang tersebut untuk mengasuh Si Kecil atau tidak.

2. Meet Up dan Ajukan Pertanyaan

Bagaimana Memilih Babysitter untuk Si Kecil -2.jpg

Foto: Thebalance.com

Setelah Moms memilih calon babysitter, Moms bisa mengundangnya ke rumah atau bertemu di kantor agen penyalur. Tips memilih babysitter ini akan berguna untuk mengamati interaksi calon babysitter dengan bayi.

Jenis interaksi ini menunjukkan tingkat kenyamanannya dengan Si Kecil. Penting juga untuk memilih pengasuh yang sesuai dengan metode pengasuhan Moms.

Langkah selanjutnya adalah mengajukan beberapa pertanyaan. Pastikan untuk bertanya tentang pelatihan pengasuh dalam pertolongan pertama. Diskusikan apa yang mungkin dia lakukan dalam situasi darurat tertentu.

Babysitter yang kompeten akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan membuktikan bahwa dia dapat menangani pekerjaan tersebut.

"Carilah lebih dari sekadar 'Saya ingin menghasilkan uang' atau tanggapan yang tidak bersemangat. Orang ini adalah perpanjangan dari Anda, mereka tidak menggantikan Anda dengan cara apa pun, tetapi mereka mencerminkan stimulasi yang Anda berikan kepada anak Anda,” jelasnya.

Moms bisa mengajukan beberapa pertanyaan seperti apakah Moms ingin memiliki babysitter yang menunjukkan kedewasaan? Apakah Moms memilih babysitter yang terlihat ramah, bertanggung jawab, dan menyenangkan?

Baca Juga: Plus Minus Menggunakan Jasa Babysitter, Apa Saja Ya?

Ada beberapa hal yang bisa Moms tanyakan, dilansir Kidshealth.Org;

  • Ceritakan tentang situasi sulit yang Anda hadapi sebagai pengasuh dan bagaimana Anda mengatasinya?
  • Kegiatan apa yang biasanya Anda lakukan dengan anak di siang hari.
  • Apakah ada manfaat membaca untuk bayi?
  • Bagaimana Anda memanaskan botol?
  • Apakah Anda keberatan melakukan pekerjaan rumah?
  • Apakah Anda memiliki pelatihan P3K?
  • Bagaimana pengalaman Anda merawat anak-anak?
  • Bagaimana Anda tentang hewan peliharaan?

Ide yang bagus untuk mengundang pengasuh untuk melakukan tes saat Anda di rumah. Dengan begitu, mereka dapat terbiasa dengan rumah tangga Anda dan Anda akan melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan anak-anak Anda.

Moms harus mengajukan pertanyaan yang akan memberikan gambaran tentang kecocokan babysitter dengan pola asuh Moms.

"Jika anak Anda masih bayi, Anda akan ingin bertanya tentang rutinitas, jadwal, filosofi pelatihan tidur, dan pengalaman. Jika anak Anda masih balita, Anda ingin bertanya tentang latihan toilet, amarah, filosofi kegiatan,” tambah Rachel.

3. Lakukan Uji Coba

Bagaimana Memilih Babysitter untuk Si Kecil -3.jpg

Foto: Verywellfamily.com/Gettyimages

"Seseorang tidak bisa datang begitu saja ke rumahmu dan mengetahui semua informasinya. Juga, tidak ada yang akan mengingat semuanya hanya dengan mendengarnya sekali saja. Penting bagi semua orang untuk benar-benar berada di halaman yang sama sebelum ada yang dipekerjakan," jelas Rachel.

Setelah melakukan pertemuan dan negosiasi gaji, pada akhir proses, Moms harus melakukan uji coba. Moms tidak mungkin bisa mengatakan semua hal yang berkaitan dengan Si Kecil hanya di atas kertas.

Seorang pengasuh sebenarnya membantu perkembangan anak Anda dan mengambil peran dalam membesarkan anak Anda.

"Kita harus berada di halaman yang sama tentang apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan, dan anak-anakku harus mendengarkan dan menghormatinya," kata dia.

Baca Juga: Pilih Anak Diasuh Babysitter Atau Dititipkan Ke Daycare? Ini Kelebihan dan Kekurangan yang Patut Moms Ketahui

Setelah melakukan tips memilih babysitter ini dan menemukan kecocokan, segera bangun hubungan yang sehat dengan pengasuh ya.

Artikel Terkait