BALITA DAN ANAK
12 November 2019

5 Tips Memilih Dokter Anak, Jangan Bingung Lagi ya

Jangan lupa cek latar belakang pendidikannya ya Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Anak berusia 0-5 tahun sangat rentan mengalami gangguan kesehatan. Tidak heran, di usia itu, anak-anak cukup sering berobat ke dokter anak. Belum lagi imunisasi Si Kecil.

Karena intensitas mengunjungi dokter anak yang cukup tinggi, akan sangat penting bagi Moms untuk memilih dokter anak yang cocok. Hal ini akan membantu Moms saat terjadi masalah kesehatan kepada Si Kecil. Dokter sudah memahami riwayat kesehatan Si Kecil.

Baca Juga: Segera Bawa Anak Ke Dokter Jika Mengalami 5 Kondisi Darurat Ini

Tips Memilih Dokter Anak

Moms bisa mencoba mencari dokter anak bahkan sebelum Si Kecil lahir lho. Hal ini karena bayi harus diperiksa dalam 24 jam setelah melahirkan.

Jika Moms tidak memilikinya, pihak rumah sakit akan menugaskan dokter mereka untuk Anda.

"Anda memiliki kesempatan untuk meminta dokter anak Anda datang ke rumah sakit, memeriksa bayi Anda pertama kali, dan memulai perjalanan dengan Anda dan bayi sejak awal," kata Donna-Marie McMahon, DO, asisten profesor pediatri di NYIT College of Osteopathic.

Masih bingung menentukan kriteria memilih dokter anak? Yuk simak tips memilih dokter anak di bawah ini!

1. Minta Rekomendasi Teman atau Keluarga

Bingung Pilih Dokter Anak 5 Hal Ini Layak Jadi Pertimbangan -1.jpg

Foto: mops.org

Dikutip dari Healthychildren.org, tips memilih dokter anak yang pertama adalah meminta rekomendasi dari teman atau keluarga. Kriteria memilih dokter anak biasanya akan Moms dapatkan saat mengobrol dengan teman atau keluarga yang juga memiliki anak kecil.

Biasanya mereka memiliki dokter anak pribadi yang cocok sesuai dengan mereka. Moms bisa mulai membuat kriteria berdasarkan rekomendasi dari mereka.

”Anda bisa mengunjungi situs web perusahaan asuransi Anda untuk daftar dokter anak lokal yang termasuk dalam paket Anda. Menemukan dokter yang ditanggung oleh pihak asuransi bisa menjadi pilihan,” kata Donna-Marie.

Jangan lupa untuk melakukan riset kecil untuk mendapatkan informasi terperinci tentang setiap dokter yang ada dalam list Moms.

2. Lihat Background Ilmunya

memilih dokter anak

Foto: inside.akronchildrens.org

Tips memilih dokter anak yang selanjutnya adalah melihat latar belakang pendidikannya. Hal ini harus ada di daftar teratas kriteria memilih dokter anak pilihan Moms.

Hal ini untuk menunjukkan bahwa dokter tersebut capable karena memiliki background yang sesuai dengan dunia medis dan anak.

Saat Moms memutuskan untuk mencari dokter anak, hal tersebut tidak akan berlaku selamanya. "Jika Anda memutuskan untuk menemui dokter anak dan Anda tahu itu tidak berhasil, Anda selalu dapat mengubah dokter anak Anda," kata Donna-Marie.

Jennifer Shu, M.D., seorang dokter anak di Atlanta merekomendasikan untuk memastikan bahwa dokter tersebut spesialis anak.

"Banyak hal yang berubah dalam bidang kesehatan anak, dan Anda akan membutuhkan dokter yang mutakhir dalam perawatan anak,” ujarnya.

Menurut Laura Jana, M.D., penulis Heading Home With Your Newborn, lihat apakah dokter secara teratur membaca jurnal medis, tetap di atas kebijakan baru dari AAP, dan menghadiri konferensi kesehatan.

“Tanda-tanda meyakinkan lainnya: Dia bekerja di rumah sakit pendidikan dan sering memberikan kuliah atau menghadiri putaran,” kata Laura.

Baca Juga: Simak 6 Tips Mengajak Anak ke Dokter Gigi untuk Pertama Kali Agar Menyenangkan!

3. Perhatikan Lokasi

memilih dokter anak

Foto: pinterest.com

Tips memilih dokter anak yang selanjutnya adalah perhatikan lokasi. Penting juga untuk mempertimbangkan lokasi kantor dokter dalam kriteriam memilih dokter anak.

Mengingat seberapa sering Moms berkunjung ke sana, akan lebih baik jika perjalanan dari rumah ke tempat dokter anak tidak memakan waktu lama.

Perhatikan juga fasilitas, kebersihan dan keamanan di klinik dokter anak tersebut. Ini akan membuat Moms merasa lebih aman saat harus melakukan kunjungan ke sana dan jika Si Kecil diputuskan harus melakukan rawat inap.

4. Perhatikan Biaya

memilih dokter anak

Foto: texaschildrenpediatrics.org

Tips memilih dokter anak yang selanjutnya adalah pertimbangkan biaya. Sebagai kriteria memilih dokter anak, biaya tentunya harus menjadi pertimbangan.

Sebelumnya, Moms bisa menanyakan apakah dokter meminta biaya untuk setiap pertemuan, apakah bisa ditutupi oleh asuransi, dan lain sebagainya. Ada beberapa dokter anak yang mengadakan pertemuan bulanan. Dan dokter lainnya memiliki sesi di rumah sakit.

5. Utamakan Kenyamanan

Bingung Pilih Dokter Anak 5 Hal Ini Layak Jadi Pertimbangan -5.jpg

Foto: healthline.com

Tips memilih dokter anak yang selanjutnya adalah utamakan kenyamanan. Kriteria memilih dokter anak yang ini akan menjadi perbandingan bagi Moms.

Apakah dokter membuat Moms dan Si Kecil nyaman saat berkunjung? Apakah penjelasannya dapat dimengerti? Apakah dokter memberikan sugesti yang bagus dan memberikan semangat yang berarti? Bagaimana karakter dokter? Dan beberapa pertanyaan lain terkai dengan pribadi dokter tersebut.

Yang paling penting: Apakah Anda dan dokter ini cocok? "Anda menginginkan dokter yang bagus dan yang terlatih. Tetapi yang paling penting bagi kebanyakan orang tua adalah sikapnya di samping tempat tidur. Selain itu, jika kritik Anda adalah sesuatu yang dapat diperbaiki oleh dokter, seperti 'ruang tunggu Anda terlalu penuh,' maka dokter tersebut layak dipertahankan. Tidak ada dokter yang sempurna untuk semua orang,” kata Jennifer.

Baca Juga: Jangan Dipaksa, Moms! Ini 4 Tips Agar Anak Tidak Takut ke Dokter Gigi

Itulah beberapa tips memilih dokter anak untuk Si Kecil. Meski kriteria dokter anak akan kembali kepada masing-masing Moms, hal ini dapat digunakan sebagai acuan agar memastikan Moms dan Si Kecil mendapatkan dokter anak terbaik.

Selamat mencoba!

(FAR)

Artikel Terkait