SHOPPING
11 Desember 2017

Tips Memilih Sampo yang Aman Untuk Bayi

Mama perlu cermat dalam memilih produk sampo yang digunakan untuk Si Kecil.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Memilih produk yang digunakan untuk bayi memang bisa dikatakan tidak mudah. Termasuk produk seperti sampo untuk bayi. Kulit dan mata bayi yang cenderung sensitif menjadi alasan utama mengapa Moms perlu cermat dalam memilih produk sampo yang digunakan untuk Si Kecil. Selain itu, agar rambut Si Kecil tidak mudah kering, Moms juga perlu mengetahui jenis sampo yang baik untuk bayi.

Berikut merupakan tips penting dalam memilih sampo untuk bayi sebagaimana dikutip dari laman motherandbaby.co.uk.

Diproduksi Khusus Untuk Bayi

memilih sampo bayi 2

Umumnya, sampo yang digunakan oleh orang dewasa mengandung zat kimia yang disebut anionics (dikenal sebagai ammonium laurel sulfate) yang menjadikannya sangat berbusa dan merasa sampo tersebut benar-benar membuat rambut bersih.

Sayangnya, kandungan tersebut justru bisa membuat rambut sangat kering. Untuk mengatasinya, orang dewasa biasa menggunakan conditioner dan produk styling yang lain. Bukan hanya itu, orang dewasa juga memiliki kulit kepala yang cenderung lebih berminyak dari bayi, sehingga sampo tersebut tidak akan berdampak pada mereka.

Alasan tersebut menjadikan anak di bawah usia 3 tahun direkomendasikan untuk menggunakan sampo yang memang diformulasikan khusus bagi mereka. Baik sabun maupun sampo bayi umumnya memang mengandung beberapa jenis surfaktan sebagai bahan pembersih.

Jika Si Kecil cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif, Moms harus selalu melakukan tes terlebih dahulu terhadap tingkat sensitivitas kulit Si Kecil terhadap sampo yang akan digunakannya. Pastikan saat Moms melakukan tes tersebut kulit Si Kecil tidak menunjukkan efek seperti iritasi dan sejenisnya.

Dalam memilih sampo untuk bayi, hal paling penting yang perlu Moms perhatikan adalah memilih bahan surfaktan yang benar-benar aman untuk mata Si Kecil, seperti natrium lauril propinat atau cocamidopropyl betaine. Kandungan tersebut terdapat pada Cetaphil Baby Shampoo lho, Moms.

Cetaphil Baby Shampoo juga tidak perih di mata, sehingga Moms tak perlu khawatir lagi saat memandkan Si Kecil. Selain itu, sampo ini juga diformulasikan sebagai hypoallergenic yang aman untuk kulit kepala Si Kecil yang sensitif, bahkan tidak membuat kulit kepala bayi kering.

Baca Juga : Stimulasi Indera Bayi Dengan Mandi

Cuci Rambut Bayi Saat Dibutuhkan

memilih sampo bayi

Seberapa sering Moms mencuci rambut Si Kecil tergantung pada berbagai faktor, seperti misalnya tipe rambut Si Kecil. Sebagai orang tua, Moms perlu mengetahui benar kapan rambut Si Kecil kotor dan bisa segera mencucinya. Jika dirasa rambut Si Kecil tidak perlu dikeramasi menggunakan sampo, maka Moms tidak perlu mencucinya menggunakan sampo.

Bagi Si Kecil yang sudah menginjak batita, Moms bisa mengajak Si Kecil keramas sebanyak 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk selalu mengeramas Si Kecil di akhir ritual mandi. Sisir rambut Si Kecil secara perlahan menggunakan sisir yang tepat. Kecuali jika Si Kecil masih berusia sangat muda (minggu-minggu hingga beberapa bulan awal kehidupan) yang memang belum begitu membutuhkan sisir untuk bisa membantu merapikan rambutnya.

Nah, Moms punya rekomendasi sampo yang aman dan baik digunakan untuk bayi? Share lewat kolom komentar di bawah ini yuk, Ma.

(RGW)

Artikel Terkait