3-12 BULAN
2 Oktober 2019

3 Tips Memilih Sabun dan Sampo Bayi yang Aman

Pastika produk tidak menimbulkan alergi kulit pada Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Peralatan mandi adalah salah satu produk penting yang harus Moms persiapkan untuk kebutuhan sehari-hari anak. Terutama sampo dan sabun bayi, Moms harus selalu menyediakannya karena pasti selalu dibutuhkan.

Mandi tanpa sabun dan sampo bayi tidak akan menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel pada tubuh kita. Meski anak Moms masih bayi sekalipun.

Baca Juga: Wajibkah Pakai Sabun Cuci Khusus Bayi?

Nah, memilih produk perawatan untuk kulit tubuh dan kepala bayi juga tidak boleh sembarangan lho Moms. Mengapa? Karena kulit Si Kecil cenderung masih sensitif dan Moms harus memilih produk yang benar-benar aman.

Bagaimana cara memilih produk sabun dan sampo bayi yang aman untuk Si Kecil? Berikut tipsnya Moms.

Pastikan Kandungannya Aman

sabun dan sampo bayi

Sebelum membeli produk sabun atau sampo yang akan digunakan oleh bayi, ada baiknya Moms memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk terlebih dahulu.

Hindari produk sabun dan sampo bayi yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya seperti dipropylene glycol (DPG).

Kandungan ini berbahaya jika sampai masuk ke hidung dan mulut anak, juga dapat mempengaruhi sistem saraf di tubuh.

Kandungan lainnya yang berbahaya adalah phthlate dan paraben. Zat-zat ini akan mengubah kadar hormon dalam tubuh Si Kecil setelah diserap oleh kulit.

Kedua bahan ini sangat tidak disarankan. Jadi pastikan bahan yang Moms pilih bebas dari kedua bahan ini ya.

Baca Juga: DIY Membuat Dry Shampoo yang Gampang Dibawa Traveling

"Hindari paraben, pewangi, alkohol, dan formaldehida," Nazarian, ahli dermatologi dengan Schweiger Dermatology Group di Manhattan.

Pilih yang Terbuat dari Bahan-bahan Alami

sabun dan sampo bayi

Sabun dan sampo bayi yang aman haruslah mengandung bahan-bahan alami, seperti almond, aloe vera, madu, susu, minyak zaitun, dan minyak kelapa, dan lain-lain.

Bahan-bahan alami ini sudah pasti aman dan memiliki tingkat risiko yang kecil dalam menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit.

"Banyak opsi yang aman termasuk ceramide, lidah buaya, shea butter, minyak kelapa, dan oat, yang semuanya akan menenangkan kulit bayi yang lembut," ujar Nazarian.

Terlebih lagi dengan menggunakan bahan-bahan alami, kulit Si Kecil akan semakin lembut dan lembap. Selain itu, aromanya juga pasti akan sangat menenangkan Moms.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Lulus Uji Hypoallergenic

sabun dan sampo bayi

Hampir semua bayi yang baru lahir memiliki lapisan kulit yang tipis dan masih sensitif. Makanya, memilih produk perawatan kulit bayi, Moms harus bisa menentukan produk yang benar-benar aman dan tidak menimbulkan masalah kulit.

Kuncinya, Moms bisa memilih produk-produk yang sudah lolos uji hypoallergenic. Hypoallergenic di sini memiliki arti bahwa produk tersebut merupakan produk anti alergi, jadi bayi akan terhindar dari risiko alergi kulit.

Bila mengikuti tips-tips ini, dijamin bayi Moms akan terhindari dari berbagai masalah kulit yang mungkin saja timbul.

Artikel Terkait