RUPA-RUPA
16 April 2019

Tips Memilih Sekolah Anak #IbuCerdasMemilih

Juga harus disesuaikan dengan finansial ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky

Moms tentunya menginginkan pendidikan yang terbaik bagi Si Kecil bukan?

Pendidikan menjadi investasi jangka panjang yang sangat berguna untuk kesuksesan Si Kecil di masa mendatang. Maka dari itu, Moms harus serius dan tidak sembarangan dalam memilih sekolah anak untuk proses belajarnya.

Anak menjadi subjek dalam dunia pendidikan. Itulah sebabnya Moms harus memastikan kalau pendidikannya tepat sesuai dengan kebutuhannya. Biaya yang mahal, belum tentu cocok untuk anak dan membuktikan kalau sekolah itu berkualitas.

Apalagi di era modern sekarang ini, memilih sekolah tidak semata-mata karena fasilitasnya saja yang bagus, tetapi Moms harus memikirkan berbagai hal yang lain karena sekolah akan menjadi penunjang pertumbuhan dan kecerdasan bagi Si Kecil.

Orami telah merangkum tips memilih sekolah anak yang baik bagi #IbuCerdasMemilih, simak yuk!

1. Lokasi

Pertama yang perlu Moms perhatikan adalah jarak antara sekolah dengan rumah. Jarak yang jauh walaupun sekolah itu bagus akan membuat Si Kecil cepat lelah dan berpotensi menurunkan semangat belajarnya ketika sampai di sekolah.

Selain itu, jika jarak sekolahnya jauh, Moms harus memikirkan biaya transportasi setiap harinya untuk Si Kecil. Jarak yang jauh juga dapat mengurangi waktu bermain dengan teman-temannya karena sudah terlalu lelah saat pulang sekolah.

Baca Juga: Kenali 3 Tanda Anak Mengalami Kesulitan Belajar di Sekolah

redshirting kids some new data to consider 1024x768

2. Fasilitas & Lingkungan

Biasanya di tahun ajaran baru, sekolah akan membuka open house bagi orang tua untuk mengecek berbagai macam fasilitas dan lingkungan di sekitar sekolah seperti apa. Mulai dari ruang kelas, tempat makan, taman bermain, sampai kebersihan toiletnya.

Pastikan bisa untuk mendukung proses belajar yang menyenangkan bagi Si Kecil.

3. Kualitas Pengajar

Guru menjadi pengganti Moms selama Si Kecil berada di sekolah. Maka dari itu, untuk pastikan Si Kecil dididik oleh guru yang baik, profesional, dan mempunyai kompetensi tinggi atau tidak.

Sebagai #IbuCerdasMemilih, Moms bisa mengikuti trial class yang biasanya disediakan oleh pihak sekolah untuk bertemu calon guru Si Kecil nantinya dan melihat aktivitasnya seperti apa.

Baca Juga: Ini Tandanya Anak Siap Untuk Masuk Sekolah, Tak Hanya Mengenai Umurnya Saja Lho Moms

sup2

4. Cek & Pahami Kurikulum

Sebelum keputusan diambil antara Moms dengan suami untuk memilih sekolah anak, sebaiknya pelajari terlebih dahulu kurikulum yang diterapkan di calon sekolah-sekolah Si Kecil. Apakah sekolah tersebut sudah menerapkan kurikulum yang sudah ditetapkan pemerintah atau belum.

5. Finansial

Biaya menjadi masalah yang juga harus diperhatikan saat Moms memilih sekolah anak. Memang, sekolah mahal biasanya akan didukung fasilitas yang berkualitas. Tetapi tidak menutup kemungkinan kalau sekolah berbiaya standar juga memiliki kurikulum yang sangat baik.

Terakhir, Moms juga harus menanyakan Si Kecil atas pilihan sekolah yang disukainya agar dapat menjadi pertimbangan lain bagi Moms sebagai #IbuCerdasMemilih.

(IRN)

Artikel Terkait