KESEHATAN
5 Oktober 2020

3 Cara Memilih Sunscreen dengan Tepat, Perhatikan Jumlah SPF!

Pentingnya memakai sunscreen dengan memerhatikan kandungan SPF di dalamnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, di antara seluruh perawatan kulit yang digunakan sehari-hari, sebaiknya jangan pernah melupakan sunscreen. Sunscreen digunakan pada pagi hari, setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas.

Setiap produk sunscreen memiliki SPF atau Sun Protection Factor. Artinya, SPF mewakili kemampuan tabir surya untuk melindungi terhadap radiasi ultraviolet B (UVB).

Moms perlu tahu cara memilih sunscreen agar mendapatkan perlindungan yang sesuai.

“UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan berperan penting dalam pengembangan kanker kulit. Nomor SPF pada sunscreen mengacu pada jumlah perlindungan UVB yang diberikannya,” ungkap Dr. Steven Q. Wang, dokter kulit bersertifikat dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center, Basking Ridge, New Jersey.

Nah, pertanyaannya, seberapa banyak jumlah kandungan SPF sunscreen yang Moms butuhkan untuk sehari-hari? Sebaiknya, simak penjelasan cara memilih sunscreen berikut ini, ya!

Baca Juga: Perlukah Memakai Sunscreen dalam Ruangan?

Cara Memilih Sunscreen dengan Jumlah SPF yang Dibutuhkan

Berapa Kandungan SPF Sunscreen yang Paling Tepat untuk Kulit.jpg

Foto: freepik.com


1. Pilih Sunscreen dengan Minimal SPF 30

Menurut American Academy of Dermatology, jenis sunscreen terbaik adalah yang bisa Moms gunakan berulang kali. Pastikan produk yang digunakan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi dan water-resistant.

SPF 30 artinya 30 kali lebih lama perlindungan kulit terhadap sinar matahari dibandingkan jika tidak memakainya.

Moms mungkin pernah melihat beberapa produk pelembap atau makeup yang dilengkapi dengan SPF. Namun sebaiknya, Moms tetap mengandalkan sunscreen untuk memberikan perlindungan terbaik dari sinar matahari.

Lantas, apakah benar kalau semakin tinggi SPF sunscreen yang digunakan, maka akan membahayakan kulit atau sebaliknya?

“Sebenarnya begini, kebanyakan orang tidak menerapkan lapisan sunscreen yang cukup tebal, sehingga SPF 30 mungkin lebih seperti SPF 20. Jadi, memang sebaiknya gunakan sunscreen dengan teknik yang lebih tepat agar menyerap sempurna. Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan SPF yang sangat tinggi berbahaya bagi kesehatan manusia,” ungkap Ade Adamson, asisten profesor dermatologi di Dell Medical School.

Bagi mereka yang memiliki riwayat atau risiko tinggi kanker kulit atau penyakit genetik seperti albinisme, SPF 50 mungkin tidak cukup. Jadi, tetap sesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing orang.

Biore Lotion UV Aqua Rich Watery Essence SPF50 50g

22% Rp105.150
Rp81.747
Biore Lotion UV Aqua Rich Watery Essence SPF50 50g

2. Pilih Sunscreen dengan Label “Broad Spectrum”

Selain angka SPF, cara memilih sunscreen selanjutnya adalah perhatikan label “broad spectrum.”

Sunscreen dengan label “broad spectrum” bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Dilansir dari American Cancer Society, umumnya sunscreen melindungi dari UVB, yakni sinar penyebab kulit terbakar dan kanker kulit. Tapi UVA juga berkontribusi pada kanker kulit dan penuaan dini.

Nah, tidak semua produk sunscreen mampu melindungi kulit dari UVA. Oleh sebab itu, produk yang tidak berlabel “broad spectrum” hanya mengklaim melindungi dari kulit terbakar, tapi tidak melindungi dari kanker kulit dan penuaan kulit.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Kanker Kulit pada Anak?

Banana Boat Kids Tear Free Sunscreen Lotion SPF50 90ml

Banana Boat Kids Tear Free Sunscreen Lotion SPF50 90ml

3. Perhatikan Label “Water Resistant”

Tidak ada sunscreen yang “waterproof” atau “sweatproof”, namun cara memilih sunscreen yang tepat adalah melihat label “water resistant.”

Selain label tersebut, produk juga harus memberikan waktu yang spesifik, misal “bertahan hingga 40 menit ketika berenang atau berkeringat.”

Apabila Moms melakukan aktivitas di luar ruangan, berkeringat, atau berenang, sunscreen harus diaplikasikan kembali kira-kira per 2 jam sekali.

Sunscreen biasanya terhapus ketika kita mengeringkan tubuh menggunakan handuk, sehingga jangan lupa mengaplikasikannya kembali.

Tidak hanya memahami cara memilih sunscreen yang benar, Moms juga perlu menerapkan tahap-tahap di bawah ini untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari:

  • Gunakan pakaian lengan panjang dan topi saat sedang beraktivitas di luar ruangan. Moms juga bisa memakai kacamata hitam yang melindungi 99 persen dari sinar matahari.
  • Hindari sinar matahari langsung di jam 10 pagi sampai 4 sore, karena di jam tersebut sinar matahari sedang kuat-kuatnya.
  • Jangan lakukan tanning di salon, karena akan mengakibatkan kerusakan kulit dan memicu kanker kulit.

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Moms Tahu Tentang Sunscreen untuk Bayi

Beach Hut SunBlock for Kids 150ml

Rp177.700
Beach Hut SunBlock for Kids 150ml

Takaran Sunscreen yang Diperlukan

Takaran Sunscreen yang Diperlukan

Foto: freepik.com

Selain mengetahui cara memilih sunscreen, hal yang juga kerap menjadi pertanyaan, seberapa banyak sunscreen yang harus diaplikasikan ke kulit?

Nah, menurut Ade Adamson, sunscreen harus digunakan setiap hari, terutama ketika tahu akan berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang cukup lama.

“Gunakan 1 hingga 1,5 ons sunscreen untuk seluruh tubuh. Artinya, sekitar satu sendok teh untuk wajah dan satu sendok teh untuk setiap lengan atau tangan,” ungkap Adamson, menjelaskan.

Itulah takaran sunscreen yang harus diaplikasikan setiap hari pada kulit Moms.

Ingat juga, menggandakan SPF tidak berarti menggandakan jumlah perlindungan yang didapatkan. Jadi, sebaiknya tetap gunakan produk sunscreen dengan SPF yang sama.

Banana Boat Ultra Protect Ultramist SPF50 170g

Banana Boat Ultra Protect Ultramist SPF50 170g

Dilansir dari laman Skin Care Foundation, ada dua jenis sunscreen yang harus Moms pahami, yaitu:

1. Physical Sunscreen

Physical sunscreen mengandung bahan-bahan aktif seperti zinc oxide dan titanium oxide, yang berguna untuk menghalangi dan menyebarkan sinar UV sebelum menembus kulit.

2. Chemical Sunscreen

Sementara, chemical sunscreen mengandung bahan-bahan seperti avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate, dan octinoxate yang mudah menyerap ke kulit dan mampu menyerap sinar UV sebelum merusak kulit.

Baca Juga: Alergi Tabir Surya, Kenali Gejala dan Cara Penanganannya

Jadi, jenis sunscreen apa yang paling Moms butuhkan? Terlepas dari jenis sunscreen yang dipilih, sebagai cara memilih sunscreen, sebaiknya tetap pakai dengan SPF minimal 30 atau lebih, ya.

Artikel Terkait