PARENTING
19 September 2020

5 Tips Memilih Tabungan Pendidikan Anak yang Terbaik

Menyiapkan tabungan pendidikan anak harus dimulai sejak dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak mereka, termasuk dalam hal pendidikan. Memaksimalkan minat dan bakat anak-anak dengan pendidikan terbaik tentu menjadi impian setiap orang tua.

Karena itu, tabungan pendidikan anak adalah satu hal yang tidak boleh orang tua lalaikan untuk dipersiapkan. Apalagi biaya pendidikan cenderung naik dengan angka yang tidak kecil dari tahun ke tahun.

Faktanya, bahkan di luar negeri, banyak orang tua yang belum mengerti tentang betapa pentingnya tabungan pendidikan anak. Menurut studi “How America Saves for College 2013” Sallie Mae, jumlah keluarga yang menabung dan jumlah tabungan pendidikan anak, menurun.

Baca Juga: Selain Tabungan Konvensional, Ini 5 Cara untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

“Menabung untuk pendidikan anak layaknya lari maraton, kita harus mempersiapkannya sedini mungkin agar tidak terburu-buru,” kata Farnoosh Torabi, penasihat Klinik Moms Money dan pembawa podcast So Money.

Tips Memilih Tabungan Pendidikan Anak

Ada beragam tabungan, tentunya dengan masing-masing pro dan kontra untuk dipilih. Nah, untuk Moms yang masih bingung harus menabung di mana, cek tips memilih tabungan pendidikan anak di bawah ini yuk.

1. Tentukan Target Dana Pendidikan Anak

tabungan pendidikan anak

Foto: Orami Photo Stock

Tips memilih tabungan pendidikan anak yang pertama adalah menentukan target dana pendidikan. Dalam memilih tabungan pendidikan anak, hal pertama yang perlu orang tua pertimbangkan adalah mengetahui rencana dana pendidikan anak di masa depan.

Sejak awal, orang tua harus sudah bisa memperkirakan berapa besar biaya yang dibutuhkan Si Kecil untuk masuk SD, SMP, SMA, maupun Universitas, sehingga memiliki gambaran mengenai jumlah tabungan pendidikan tersebut.

“Jika orang tua bingung memprediksi seberapa besar jumlah biaya pendidikan 15 tahun ke depan, strategi terbaik yaitu menabunglah sejak dini, dan dalam jumlah besar,” jelas Farnoosh Torabi.

Baca Juga: Kapan Umur yang Tepat Membicarakan Pendidikan Seks dengan Anak?

2. Kenali Produk Tabungan Pendidikan Anak dengan Benar

tabungan pendidikan anak

Foto: Orami Photo Stock

Tips memilih tabungan pendidikan anak yang selanjutnya adalah kenali produk tabungan pendidikan. Seperti yang sudah disebutkan, ada banyak sekali produk tabungan pendidikan anak yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan. Ada produk asuransi pendidikan anak yang hampir sama dengan tabungan pendidikan anak. Moms jangan terkecoh.

Bedanya, pada tabungan pendidikan anak, nilai dana di dalam tabungan dijamin dan lebih menitikberatkan pada hasil tabungannya. Hasil keuntungannya berupa bunga tabungan yang sudah disepakati sebelumnya.

Bila sudah mengenali produk tabungan pendidikan anak yang Moms pikir cocok, mulailah menabung di tabungan tersebut sesuai dengan perkiraan target dana pendidikan anak di masa depan.

3. Pilih Produk Tabungan Pendidikan Anak yang Sesuai dengan Pendapatan

tabungan pendidikan anak

Foto: Orami Photo Stock

Tips memilih tabungan pendidikan anak yang selanjutnya adalah pilih yang sesuai dengan pendapatan. Ini juga merupakan salah satu hal yang penting. Saat memilih produk tabungan pendidikan anak, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kemampuan keuangan kita.

Baca Juga: Kondisi Keuangan Tidak Stabil, Begini Cara Mengatur Dana Pendidikan Anak

Moms dan Dads harus melakukan perencanaan tabungan, karena jika berhenti menabung di tengah-tengah, maka akan mengalami kerugian dan dikenakan penalti oleh lembaga keuangan yang menyediakan produk.

Pilihlah produk tabungan yang Moms dan Dads sanggup untuk membayarnya setiap bulan. Nanti jika sudah ada penghasilan lebih, kita bisa menambahkan tabungan pendidikan lainnya untuk anak.

4. Pilihlah Produk Tabungan Pendidikan yang Lengkap

tabungan pendidikan anak

Foto: Orami Photo Stock

Menyesuaikan dengan kemampuan kita, bukan berarti memilih tabungan yang hanya menawarkan benefit sedikit ya Moms.

Meskipun menyesuaikan dengan budget, Moms tetap bisa memilih produk yang menawarkan benefit lengkap, tidak hanya investasi, namun juga proteksi misalnya.

Pada tabungan pendidikan, biasanya dilengkapi dengan asuransi pendidikan anak, yag proteksinya merupakan alat utama dan termasuk dalam besaran premi yang sudah Moms bayarkan nantinya.

5. Pendapatan Tambahan untuk Tabungan Pendidikan

tabungan pendidikan anak

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk memiliki tabungan pendidikan anak dengan paket lengkap, memang harganya tidaklah murah. Mungkin Moms memiliki keterbatasan biaya untuk itu, tapi ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil. Belum lagi biaya pendidikan anak yang pasti akan terus bertambah setiap tahunnya, bisa membuat kita kewalahan. Jadi alangkah baiknya jika sudah membeli produk yang sudah lengkap.

Baca Juga: Tabungan Khusus untuk Dana Pendidikan Anak, Penting atau Tidak?

Nah, untuk hal ini solusinya adalah Moms bisa mencari pendapatan tambahan. Tidak perlu berjualan atau bekerja kok, Moms bisa berinvestasi di saham atau reksadana pendapatan tetap misalnya. Reksadana ini berinvestasi pada obligasi yang mampu memberikan tingkat return di atas rata-rata. Moms bisa mempelajarinya lebih lanjut ya.

Itu dia Moms beberapa tips untuk memilih tabungan pendidikan anak yang terbaik. Dengan berbagai penjelasan di atas, sudah Moms memiliki gambaran atau tahu ingin tabungan pendidikan anak yang seperti apa? Jangan sampai salah ya Moms, selamat memilih!

Artikel Terkait