BALITA DAN ANAK
2 Mei 2020

5 Tips Mempersiapkan Balita Agar Takut Disuntik Imunisasi

Bagaimana supaya anak tidak takut disuntik?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jadwal vaksin telah tiba!

Saatnya Moms dihadapkan lagi dilema dalam mempersiapkan balita untuk imunisasi. Berbekal pengalaman vaksin sebelumnya, Moms telah tahu, sang anak akan berteriak ketakutan melihat jarum suntik. Yang bahkan melihat ruangannya pun sudah gelisah dan ingin lepas dari pegangan Moms.

Namun, di saat yang sama, Moms sangat perlu untuk melindunginya dari berbagai virus berbahaya.

Baca Juga: 5 Trik Agar Anak Tidak Takut Disuntik

Mempersiapkan Balita Disuntik Imunisasi dengan Kenyamanan

Tips Mempersiapkan Balita Agar tidak Takut Divaksin

Foto: Orami Photo Stock

Secara umum, persiapan balita untuk imunisasi tidak berbeda pada setiap umurnya. Yang penting ia nyaman dan menjalaninya secara sadar, menikmati proses imunisasi dari persiapan sampai dampaknya.

Pada balita yang masih dalam gendongan, laman kesehatan di California Amerika Serikat, Healthlink merekomendasikan agar anak dipangku saat disuntik imunisasi.

Alasannya, Moms dapat menjaga kaki dan tangannya agar tidak berontak saat disuntik.

Selanjutnya, siapkan distraksi untuk mengalihkan anak dari imunisasi, dengan tetap membuatnya nyaman. Gunakan gelembung, putaran musik, cahaya atau mainan musik untuk mengalihkan perhatian anak Moms segera sebelum dan selama vaksinasi.

Sebelum berangkat, beri pengertian bahwa sang anak akan disuntik untuk imunisasi dan pastikan Moms membawa pengalih perhatian yang mereka sukai.

Mengapa? Penelitian menunjukkan bahwa bagian otak yang memproses rasa sakit kurang aktif ketika anak-anak terganggu selama proses suntik imunisasi dilakukan.

Baca Juga: Imunisasi Polio Tetes dan Suntik, Lebih Bagus yang Mana?

Cara Mempersiapkan Balita untuk Suntik Imunisasi

Tips Mempersiapkan Balita Agar tidak Takut Divaksin

Foto: Orami Photo Stock

Umumnya, para dokter spesialis anak sudah menerapkan kiat-kiat ini, untuk membantu anak-anak yang takut disuntik. Ini juga penting untuk Moms lakukan kepada anak menjelang disuntik vaksin. Berikut ulasannya.

1. Jujur

Jujurlah bahwa rasa sakit jarum suntik akan terasa singkat. Organisasi anak Colorado tidak merekomendasikan kebohongan bahwa, “ini gak sakit kok”, “ini kayak dicubit”, atau “seperti digigit semut”.

Bantu anak untuk fokus pada apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu melewati suntikan. Fokus pada kesehatan. Ingatkan anak Anda bahwa imunisasi membantu melindungi mereka dari sakit.

2. Bawalah Selingan

Bawalah barang-barang yang menenangkan yang bisa dipegang selama suntik imunisasi. Seperti buku favorit atau boneka binatang, untuk membantu menenangkan dan mengalihkan perhatian anak Anda.

Libatkan ia dalam apa yang Moms sedang baca atau fabel yang sedang diceritakan.

3. Duduk

Tanyakan pada dokter anak apakah memungkinkan jika anak disuntik dalam keadaan duduk. Sebab, anak-anak lebih merasa takut ketika harus berbaring rata. Jika perlu, suntikan dilakukan ketika anak dalam pangkuan Moms.

Baca Juga: 5 Trik Ampuh Mengatasi Anak yang Takut Disuntik

4. Getaran

Tepat di dekat tempat suntikan, sebelum jarum mendarat ke kulit, pijat dan getar alakadarnya, agar ia rileks. Cara lainnya agar anak rileks, Moms bisa memintanya meniup kulit yang telah diusap sekaan alkohol. Tiupan itu akan membuat permukaan dingin.

5. Tetap tenang

Cobalah yang terbaik untuk terlihat tenang dan jaga sikap positif. Anak Anda akan lebih cemas jika mereka merasakan bahwa Anda juga cemas.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar Si Kecil tidak takut disuntik untuk imunisasi. Semoga berhasil, Moms.

Artikel Terkait