3-12 BULAN
5 November 2019

5 Tips Mempersiapkan MPASI Terbaik untuk Si Kecil

Pastikan semuanya tetap bersih
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Setelah melewati waktu hanya bergantung pada ASI, Si Kecil kini akan mulai belajar makan. Sebelumnya pasti Moms telah sibuk mencari tahu tentang menu makan pertama untuk Si Kecil.

Selain itu, American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa Moms harus melihat tanda bayi siap makan.

Tanda itu akan berbeda pada setiap bayi. Tapi yang harus Moms ingat, jangan memberikan makanan padat sebelum bayi berusia 4 bulan.

Saat sudah waktunya sekitar bayi 6 bulan, mulailah dengan rutinitas untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Dokter anak Sara DuMond, MD mengatakan, jika jadwal sudah ditetapkan, nantinya Si Kecil akan terbiasa makan. "Ini berarti mereka harus makan tiga kali sehari dengan diselingi makanan ringan dua sampai tiga kali,” katanya.

Tips Mempersiapkan MPASI

Agar proses belajar makan bayi terjaga dengan baik, Moms bisa mengikuti tips mempersiapkan MPASI berikut ini. Baca sampai habis ya.

1. Mengatur Rutinitas Saat Makan

Ikuti 5 Tips Mempersiapkan MPASI Agar Si Kecil Aman -1.jpg

Bayi harus fokus saat makan, jadi tips mempersiapkan MPASI yang pertama adalah perkenalkan rutinitas. Bisa dimulai saat Moms mencuci tangannya, menenangkannya, dan kemudian duduk untuk makan.

Jangan lupa jaga ketenangan saat makan, seperti menjauhkan Si Kecil dari sumber suara seperti TV, radio dan musik keras apa pun.

"Ini akan membantu bayi Anda menjadi sadar saat waktu makan dan belajar untuk mengenali ketika dia sudah kenyang," kata Marilyn Tanner, RD, juru bicara American Dietetic Association.

Baca Juga: 9 Peralatan MPASI yang Wajib Moms Miliki

2. Pastikan Bayi Naik Tekstur

Ikuti 5 Tips Mempersiapkan MPASI Agar Si Kecil Aman -2.jpg

Tips mempersiapkan MPASI yang kedua adalah dengan memberikan makanan sesuai perkembangan bayi.

Hal ini berkaitan dengan kemampuan mengunyah dan mengolah makanan pada bayi. Penyesuaian ini dimaksudkan agar bayi tidak tersedak atau malah konstipasi.

Untuk bayi berusia 6 hingga 8 bulan, Mom bisa memberinya sereal gandum. Sereal akan menjadi makanan yang baik karena memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan bubur sayuran, buah-buahan, dan daging. Tekturnya bisa dimulai dengan makanan yang agak cair kemudian dihaluskan dan agak mengental.

Mengenalkan bayi dengan finger food juga bisa dilakukan. Ini akan membuatnya menikmati eksperimen makan dengan tangan sendiri sejak usia dini.

Bayi akan lebih mudah mengambil makanan dengan seluruh telapak tangan mereka, sehingga gundukan kentang tumbuk atau irisan alpukat akan lebih mudah daripada makanan dengan ukuran yang lebih kecil.

Untuk bayi berumur 9 hingga 12 bulan, Moms bisa memberinya makanan yang cincang, ditumbuk, atau dihaluskan.

Saat Moms melihat bayi mampu mengunyah dan menelan dengan baik,naikkan teksturnya untuk membuat rahangnya semakin kuat. Perhatikan pula saat Si Kecil pup untuk menghindari konstipasi.

3. Siapkan Peralatan Memasak

Ikuti 5 Tips Mempersiapkan MPASI Agar Si Kecil Aman -3.jpg

Tips mempersiapkan MPASI berikutnya adalah dengan membeli alat memasak yang dibutuhkan. Pastikan alat-alat memasak ini terpisah dari alat memasaka biasa Moms di dapur untuk menjaga kebersihannya.

Moms akan membutuhkan alat untuk menggiling atau menghaluskan makanan, dan untuk mengukus makanan. Moms bisa menggunakan blender atau food processor.

Untuk mengukus, Moms bisa menggunakan kukusan di rumah atau bahkan ada food processor yang bisa melakukan itu semua.

Baca Juga: 5 Menu MPASI yang Bisa Moms Coba Untuk Kenalkan Kacang Pada Bayi

4. Menyimpan Stok Makanan

tips mempersiapkan mpasi

Saat memasak, Moms kadang membuatnya terlalu banyak. Tips untuk mempersiapkan MPASI selanjutnya adalah dengan membuat jadwal memasak beserta menunya.

Ini akan membuat Moms dapat memprediksi apakah akan membuat stok untuk makan selanjutnya atau tidak.

Siapkan wadah yang dapat disimpan di lemari es hingga 4 hari atau dalam lemari es. Stok makanan ini akan tahan maksimal sampai 3 bulan jika disimpan di dalam freezer.

Gunakan wadah satu porsi atau wadah es batu untuk porsi yang mudah disajikan yang dapat Moms cairkan semalam di lemari es atau dalam microwave.

5. Perhatikan Kebersihan

Ikuti 5 Tips Mempersiapkan MPASI Agar Si Kecil Aman -5.jpg

Untuk menjaga keamanan Moms dan bayi, cara mempersiapkan MPASI bayi yang utama adalah tetap bersih.

Selalu cuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan setelah memasak. Apalagi jika Moms telah menyentuh daging, ikan, atau telur mentah. Semua itu mengandung bakteri yang hanya bisa dihilangkan dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

Pastikan juga semua peralatan dan permukaan dapur dalam keadaan bersih. Jangan menyimpan MPASI pada suhu kamar selama lebih dari satu jam, segeralah menyimpannya kembali ke dalam lemari es. Selain itu, saat mencicipi selama persiapan makanan, gunakan sendok yang bersih.

Baca Juga: 3 Resep MPASI tanpa Produk Susu yang Mudah Dibuat untuk Si Kecil

Membuat MPASI sendiri di rumah dapat memastikan Si Kecil hanya memakan makanan yang enak dan telah Moms ketahui nutrisinya. Praktikkan tips mempersiapkan MPASI di atas, Moms juga akan akan menghemat pengeluaran lho.

(FAR)

Artikel Terkait