TREN
25 Maret 2019

6 Tips Mencegah Masalah Keuangan Rumah Tangga

Sebanyak 22 persen perceraian diawali dengan masalah keuangan lho
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Masalah keuangan dalam keluarga merupakan hal penting untuk dibicarakan. Ada banyak orang membicarakan sampai detail masalah keuangan sebelum menikah dan tak sedikit pula yang baru membahas masalah ini setelah menikah.

Bukan suatu rahasia lagi bahwa uang bisa menjadi awal pertengkaran bahkan perceraian jika tidak ada kesepakatan atau tidak benar-benar dalam pengelolaan yang satu paham dengan sesama pasangan.

Menurut Institute for Cerorce Financial Analysis, hal pertama yang membuat stres dalam keluarga adalah masalah keuangan. Masalah keuangan ini bertanggung jawab atas 22 persen penyebab perceraian.

Namun, hal tersebut bisa dicegah. Dikutip dari Forbes.com, ada 6 tips untuk membantu mencegah agar keuangan tidak menghancurkan hubungan Moms dan Dads.

Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

1. Jangan Sembunyikan Kondisi Keuangan

mencegah kekacauan rumah tangga karena masalah uang1 (1)

Foto: Duitpintar.com

Menceritakan situasi keuangan pada pasangan sangatlah penting. Seperti halnya pendapatan, utang, pinjaman, dan tunjangan.

Misalnya saja saat akan menikah ternyata Moms memiliki tanggungan orang tua. Saat salah satu tidak jujur dan ketahuan oleh pasangannya, saat itulah pertengkaran bisa terjadi.

"Begitu banyak pasangan yang menyembunyikan uang atau utang dan kemudian pasangan itu mengetahui dan berperang dalam pernikahan mereka,” Michelle Perry Higgins, Kepala Sekolah California Financial Advisors.

2. Cegah Kesulitan Ekonomi

mencegah kekacauan rumah tangga karena masalah uang3 (1)

Keuangan bersama pasangan tentu diawali dari pesta pernikahan. Saat membuat pesta pernikahan jangan sampai berlebihan mengeluarkan uang hingga tidak memiliki sisa untuk kehidupan berdua ke depan.

“Dari semua pasangan yang saya lihat, kesalahan nomor satu yang mereka buat adalah menghabiskan terlalu banyak untuk pesta pernikahan,” ungkap pakar hukum Ann-Margaret Carrozza seperti dikutip dari Forbes.com.

Baca Juga: Persiapan Keuangan Sebelum Menikah

3. Pahamilah Pola Pikir Pasangan Mengenai Uang

mencegah kekacauan rumah tangga karena masalah uang2 (1)

Perry Higgins mengungkapkan, masing-masing pasangan perlu mengetahui bagaimana pasangannya dibesarkan dalam keluarganya.

Apakah kehidupan orang tuanya hemat? Atau hidup dengan anggaran terbatas? Ini bisa mempengaruhi pasangan mengenai pemahaman mengenai uang.

4. Buat, Catat, dan Patuhi Anggaran Keuangan

o married couple money facebook

Foto:Huffingtonpost.com

Perry Higgins melanjutkan, dengan adanya penganggaran, pengeluaran uang akan terlacak. Saat pasangan menanyakan untuk apa saja uang digunakan, akan mudah melacaknya.

Baca Juga: 4 Pertanyaan Paling Sering Muncul Mengenai Keuangan Rumah Tangga

5. Buat Ruang untuk Pengeluaran Pribadi

jointly managing finances

Foto: Clark.com

Moms dan pasangan bisa mengganggarkan seberapa banyak uang yang bisa digunakan tanpa harus meminta izin satu sama lain.

Anggap saja anggaran untuk bersenang-senang dan mengapresiasi kerja keras pihak yang telah bekerja keras mencari uang.

6. Berargumen dengan Sehat

couple calculating budget

Foto: Moneycrasher.com

Para ahli mengatakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi pasangan dalam hal uang adalah bagaimana mereka memperdebatkannya.

Menurut Matt Bell, associate editor di Soundmindinvesting.com dan penulis buku Money and Marriage, mengeluh tentang sesuatu yang dilakukan pasangan itu tidak dilarang tapi hindari kata-kata menghina atau label negatif seperti "tidak bertanggung jawab".

Ingatlah, dalam situasi perdebatan, perlakukan pasangan sebagaimana Moms ingin diperlakukan.

Bagaimana menurut Moms, sudahkah mengelola keuangan dengan baik bersama pasangan? Jika belum, yuk perbaiki sebelum terlambat!

(MM)

Artikel Terkait