GAYA HIDUP
1 April 2020

3 Tips Mencegah Tangan Kering karena Banyak Mencuci Tangan

Harus dilembapkan sesegera mungkin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Virus corona (COVID-19) yang terus menyebar secara global, membuat masyarakat semakin rutin menjaga kesehatan dirinya agar terhindar dari infeksi COVID-19.

Karenanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terus menekankan bahwa mencuci tangan secara teratur dan benar adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran infeksi tersebut.

Panduan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC)mengatakan kita harus menggosok tangan saat mencuci setidaknya selama 20 detik untuk secara efektif menghindari penyebaran kuman.

Baca Juga: Jangan Panik, Mayoritas Kasus Virus Corona COVID-19 Ringan dan Bisa Disembuhkan

Hand Sanitizer berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol juga dapat digunakan untuk membersihkan tangan dari kuman, meskipun tidak seefektif sabun dan air dalam menghilangkan kotoran yang terlihat atau bahan kimia berbahaya.

Namun bagi sebagian orang, terlalu sering mencuci tangan akan mengakibatkan tangan menjadi kering. Apa yang bisa dilakukan untuk hal ini?

Tips Mencegah Tangan Kering

Agar tangan tidak menjadi kering dan iritiasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Jangan Biarkan Tangan Terlalu Kering

mencegah tangan kering

Foto: Orami Photo Stock

Ingin mencegah tangan kering karena mencuci tangan? Pertahanan terbaik adalah dengan melembapkan tangan segera setelah kita mencucinya, untuk mengunci kelembapan dan mencegah kekeringan.

Baca Juga: Cara Membuat Jamu Empon-Empon untuk Menangkal Virus Corona

Namun, Moms harus menghindari mengeringkan tangan terlalu kering sebelum melembapkan. Sebaliknya, gunakan pengering tangan atau tepuk tangan hingga kering, dan biarkan agak lembap, sebelum menambahkan krim.

2. Menggunakan Hand Cream

mencegah tangan kering

Foto: optimize-yorkshire.com

Kebanyakan lotion berbahan dasar air, yang berarti dapat mengeringkan kulit lebih banyak. Sementara itu, produk yang lebih tebal dan diberi label sebagai krim tangan biasanya berbasis minyak dan lebih efektif.

Saat memilih hand cream, pastikan produk bebas iritasi seperti retinol atau yang diberi label "anti-penuaan."

Untuk tangan yang sensitif, pilihlah produk yang bebas pewangi yang mungkin mengandung dimetikon, asam poliuronat, atau shea butter.

3. Menggunakan Pelembap Selama Tidur

mencegah tangan kering

Foto: debellecosmetix.com

Jika hand cream kurang membantu mencegah kekeringan pada tangan, coba gunakan hand cream semalaman, dan tutupi dengan sarung tangan berbahan katun.

Baca Juga: Pentingnya Mengoleskan Hand Cream Secara Teratur

“Malam hari adalah waktu yang sangat baik untuk menenangkan kulit. Aplikasikan hand cream yang sangat tebal dan kenakan sarung tangan katun,” jelas Dr. Justin Ko, kepala dermatologi medis di Stanford Health Care.

Jika Moms bisa melakukannya semalaman, bisa memanfaatkan waktu istirahat tersebut untuk melembapkan kulit agar bisa kembali pada keadaan semula.

Dengan melakukan cara-cara di atas, Moms bisa mencegah tangan dari kekeringan, meskipun sering mencuci tangan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait