BAYI
16 September 2020

Tips Mencuci Baju untuk Merawat Kulit Bayi, Simak di Sini

Hilangkan rasa malas demi kesehatan dan kenyamanan si kecil dengan mencoba tips mencuci baju bayi ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Sebagai orang tua baru, Moms mungkin tidak asing dengan tumpukan cucian kotor yang tak ada habisnya. Selain ingin selalu memiliki stok baju yang bersih untuk bayi, Moms juga ingin merawat kulit Si Kecil yang lembut dan sensitif.

Bagaimana cara mencuci baju bayi yang benar? Apakah deterjen akan memengaruhi kulit bayi?

Kulit bayi lebih sensitif daripada kulit orang dewasa, dan kondisi kulit seperti cradle cap, eksim, atau alergi kulit dapat muncul pada bulan-bulan pertama setelah kelahiran.

"Selama Anda mencuci pakaian dengan tepat untuk memastikan bahwa residu deterjen tidak menempel di kain, deterjen cucian biasa tidak selalu menimbulkan masalah pada kulit bayi," kata Erum Ilyas, MD, dokter kulit di King of Prussia, Pennsylvania, dan anggota Society for Pediatric Dermatology.

Namun, untuk memastikan bayi tidak bersentuhan dengan zat yang tidak perlu, banyak orang tua yang memilih untuk menggunakan deterjen khusus sebagai tips untuk mencuci baju bayi, seperti yang bebas dari wewangian, pewarna buatan dan brighteners.

Tidak ada aturan yang ditetapkan tentang seberapa sering Moms harus mencuci pakaian bayi. Tetapi Moms mungkin ingin mencuci baju setiap kali bayi memakainya, atau terlihat kotor. Jika masih terlihat bersih, Moms mungkin bisa mencuci setelah dua hingga tiga kali pakai.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pewangi Pakaian Bayi untuk Baju Si Kecil

Tips Mencuci Baju Bayi agar Bisa Merawat Kulit Bayi

Ada beberapa hal yang perlu diingat sebagai tips mencuci baju bayi dari American Academy of Pediatrics (AAP) , yakni:

1. Selalu Cuci Baju Sebelum Dipakai

Tips Mencuci Baju untuk Merawat Kulit Bayi -1

Foto: Orami Photo Stock

Bayi terutama bayi baru lahir, memiliki kulit sensitif. Jadi, tips mencuci baju bayi yang pertama adalah mencuci baju baru sebelum memakaikannya kepada Si Kecil. Jika mantel atau jaket yang tidak bersentuhan langsung dengan kulitnya, Moms mungkin tidak perlu mencucinya terlebih dulu.

Gunakan tas jala untuk mencuci dan mengeringkan kaus kaki agar Moms tidak kehilangan salah satunya. Selain itu, cuci popok kain secara terpisah. Setelah Moms membuang kotoran bayi ke toilet, bilas popok kain dengan air dingin, lalu rendam dalam deterjen. Cuci dengan deterjen bayi dalam air panas. Bilas sebanyak dua kali.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pewangi Pakaian Bayi untuk Baju Si Kecil

2. Periksa Alergi pada Bayi

Tips Mencuci Baju untuk Merawat Kulit Bayi -2

Foto: Orami Photo Stock

Jika bayi memiliki alergi, eksim, atau Moms hanya khawatir deterjen biasa dapat menyebabkan masalah, Moms bisa mencoba mencuci satu atau dua baju bayi dan kemudian periksa iritasi kulitnya setelah bayi memakainya.

Jika berreaksi, deterjen khusus bayi bisa menjadi pilihan yang baik. Atau cari sabun hypoallergenic dan bebas pewangi. Moms juga bisa mencuci pakaian seluruh keluarga dengan itu menurut National Eczema Association (NEA).

“Jika Anda melihat ruam pada kulit bayi, hubungi dokter anak Anda. Sementara itu, selain beralih ke deterjen bebas pewangi, hypoallergenic, Anda juga dapat mencoba menggunakan pembilasan ekstra pada mesin cuci Anda untuk membilas residu deterjen yang mungkin menempel di kain dan memicu iritasi kulit,” kata Erum.

Tips mencuci pakaian bayi yang memiliki penyakit kulit, Moms harus selalu mencuci setiap barang yang akan menyentuh kulit bayi, seperti tempat tidur, selimut, handuk, dan mainan sebelum bayi menggunakannya untuk pertama kali.

Baca Juga: Ruam Popok pada Bayi, Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

3. Pilih Deterjen Cair

Tips Mencuci Baju untuk Merawat Kulit Bayi -3

Foto: Orami Photo Stock

Karena deterjen cair lebih mudah dibilas daripada yang bubuk, deterjen cair mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk kulit sensitif bayi. Jangan gunakan produk anti-statis atau pelembut kain yang mungkin mengandung bahan kimia yang terlalu keras.

Dan hindari serpihan sabun, yang bisa menghilangkan sifat tahan api PJs-nya, dilansir AAP.

4. Segera Cuci Setelah Kotor

Tips Mencuci Baju untuk Merawat Kulit Bayi -4

Foto: Orami Photo Stock

Jika bayi mengotori makanannya saat makan, bertindaklah cepat. Jika Moms bisa, bersihkan segera kotoran bayi tanpa menumpuknya dengan baju lainnya. Moms bisa merendam pakaiannya dalam campuran air dan deterjen secara terpisah.

Ini akan membuat noda tidak akan menempel dengan lama dan mengerak.

Ini juga akan menjaga bahan kain baju bayi tetap berada dalam kondisi terbaik karena mendapatkan perawatan yang tepat. Kotoran dari makanan dan noda apapun di atas baju bayi akan membuat tampilan yang kurang menarik serta bahan yang mudah rusak.

Agar Si Kecil tetap gaya, nyaman dan aman, lakukan tips mencuci baju bayi ini ya Moms.

Artikel Terkait