PARENTING
11 Juli 2020

Mengasuh Anak Aquarius, Ini 4 Tipsnya

Anak Aquarius punya empati tinggi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi anak yang lahir dari tanggal 21 Januari hingga 20 Februari, ini berarti bahwa Si Kecil memiliki zodiak Aquarius. Lalu, seperti apa karakter dan tips dalam mengasuh anak Aquarius?

Mengutip Kids Spot, karakteristik anak Aquarius dikenal sebagai anak yang sangat cerdas, mandiri dan pemikir bebas.

Tetapi, sisi negatifnya, Si Kecil Aquarius dapat sangat cepat merasa frustrasi, dan mereka memiliki tantangan terbesar untuk bisa mengendalikan pemikiran cepat dan bebasnya sepanjang hidup mereka.

Yuk, cari tahu seperti apa tips dalam mengasuh anak Aquarius berikut ini.

Baca Juga: Mengasuh Anak Capricorn, Ini 5 Tipsnya

Tips Mengasuh Anak Aquarius

mengasuh anak aquarius-1

Foto: Orami Photo Stock

Dengan mengetahui karakter anak, akan membantu Moms dan Dads dalam menentukan pola asuh yang tepat untuk mendukung perkembangan emosional, intelektual, dan karakternya.

1. Berikan Kesempatan Bagi Anak

Anak Aquarius cukup keras kepala, ia tidak akan menyerah sampai segalanya berjalan sesuai keinginannya. Karena itu, penting bagi Moms agar dapat memberikan kesempatan sebagai tips mengasuh anak Aquarius.

Di satu sisi, hal ini sulit karena kadang-kadang sikap keras kepala Si Kecil bisa menandakan bahwa ia dapat 'melawan' orang tuanya. Tetapi, biarkan dia mencobanya. Pelajaran yang ia pelajari sendiri akan jauh lebih berharga.

Baca Juga: Selain Supel, Ini 7 Sifat Anak dengan Zodiak Aquarius!

2. Terbiasalah dengan Kejutan

mengasuh anak aquarius-2

Foto: Orami Photo Stock

Sifat enerjik dan penuh kejutan merupakan ciri khas dari bayi Aquarius. Karena itu, Moms sebagai orang tua juga perlu terbiasa dengan kejutan dalam mengasuh anak Aquarius.

Bayi Aquarius penuh energi, emosional, dan kecerdasan. Mereka juga suka untuk bertemu orang-orang baru, mencoba hal-hal baru, dan melihat tempat-tempat baru. Ini karena karakternya yang ingin tetap aktif dan produktif.

3. Tak Usah Terlalu Tegas Mendisiplinkan Anak

mengasuh anak aquarius-3

Foto: Orami Photo Stock

Dalam mendisiplinkan anak, Moms mungkin juga tidak ingin terlalu tegas kepada anak Aquarius. Ini karena sisi emosionalnya yang punya empati dan sensitivitas tinggi.

Anak Aquarius sudah tahu bila orang tuanya merasa sedih, jadi cobalah menggunakan kata-kata yang lembut untuk membantunya menyadari bahwa ia perlu membuat pilihan yang lebih baik.

Pada jurnal Paediatrics & Child Health, disiplin yang efektif dan positif adalah mengajarkan dan membimbing anak, bukan hanya memaksa untuk patuh. Karena itu, kepercayaan antara orang tua dan anak harus tetap dipertahankan.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan Anak yang Paling Cocok Berdasarkan Zodiaknya

4. Ajak Bersosialisasi Lebih Sering

mengasuh anak aquarius-4

Foto: Orami Photo Stock

Menarik, ramah, dan hangat adalah kata sifat yang akan digunakan orang untuk bayi Aquarius. Mereka juga menyukai perhatian positif dan mengenal orang-orang di sekitarnya dengan baik.

Karena itu, sebagai tips mengasuh anak Aquarius, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk bersosialisasi lebih sering. Rasanya akan lebih mudah baginya untuk tersenyum dengan orang yang baru saja ia temui.

Itu dia beberapa tips yang bisa Moms lakukan sebagai cara untuk mengasuh anak Aquarius.

Artikel Terkait