PARENTING
3 Juni 2020

Ketahui 8 Tips Mengasuh Anak di Tengah Pandemi COVID-19

Ingat bahwa semua kondisi akan kembali normal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Di tengah pandemi COVID-19, segala aktivitas berubah. Moms dan Dads harus bekerja dari rumah, begitu juga dengan Si Kecil yang perlu belajar dari rumah.

Perubahan ini dapat memberikan dampak pada Si Kecil. Anak bisa merasa cemas, stres, atau khawatir karena ketidaktahuan kapan kondisi ini akan berakhir. Moms perlu tahu cara mengasuh anak saat pandemi virus corona.

Mengutip Mind, Moms, Dads, atau Si Kecil, mungkin merasa kewalahan, sedih, atau bingung tentang penyebaran virus corona dan merasa khawatir tentang diri sendiri, atau keluarga dan teman-teman.

Berikut ini beberapa tips tentang cara mengasuh anak di tengah pandemi COVID-19 yang tengah terjadi.

Baca Juga: Perhatikan 7 Gejala Fisik Kecemasan pada Anak

Tips Mengasuh Anak Saat Pandemi COVID-19

Apa yang terpenting, ibu yang bahagia akan membuat anak bahagia pula. Karena itu, Moms perlu menata emosi dan kesehatan pikiran diri sendiri terlebih dahulu.

"Emosi dapat lebih menular daripada virus corona. Orang tua yang bahagia dapat membuat anak-anak bahagia juga. Jaga diri dan perhatikan kesehatan pikiran sendiri terlebih dahulu, dengan begitu, anak-anak juga akan baik-baik saja," ungkap Teresa Ngigi, spesialis psikolog anak dari SOS Children’s Villages International.

Dalam Journal of Postgraduate Medicine, disebutkan rasa cemas merupakan emosi manusia dan melibatkan respons perilaku, afektif, dan kognitif terhadap persepsi bahaya yang dihadapi.

Lebih lanjut, Teresa memberikan beberapa tips untuk para orang tua dan pengasuh di rumah dalam mengasuh anak di tengah pandemi COVID-19. Berikut penjelasannya.

1. Pastikan Kebahagiaan Diri Sendiri

mengasuh anak saat pandemi COVID-19-1

Foto: Orami Photo Stock

Orang tua seringkali terlalu fokus merawat anak sehingga kerap melupakan diri sendiri. Padahal, semakin orang tua bahagia dan terlepas dari stres, kebahagiaan itu juga akan menular ke anak-anak.

Moms dapat melakukan aktivitas positif yang membuat diri bahagia untuk memulai hari. Aura yang positif dapat ditularkan ke anak, sehingga Moms dan keluarga juga jadi lebih bahagia.

Baca Juga: Makan Makanan Sehat Ini, Dijamin Anak Jadi Lebih Bahagia

2. Tetap Tenang dan Jangan Sebarkan Hal Negatif

Emosi tidak memiliki batas. Sama seperti virus, emosi juga dapat menyebar. Karena itu, Moms sebagai orang tua juga jangan menyebarkan hal negatif dalam mengasuh anak di tengah pandemi COVID-19.

Contohnya, membagikan ketakutan, kepanikan, dan hal-hal negatif di media sosial. Dampaknya, orang dapat terpengaruh, serta ikut takut dan panik hanya dengan mengetahuinya, dan hal ini tidak membantu melewati masa sulit ini.

Moms juga perlu memegang kendali atas informasi-informasi yang diterima. Pilih dengan hati-hati apa yang ingin ditonton, didengar, dan dibaca. Bila hal tersebut memicu kepanikan, stop membaca informasi tersebut.

3. Ajak Si Kecil Berdiskusi

mengasuh anak saat pandemi COVID-19-2

Foto: Orami Photo Stock

Duduk bersama anak, jelaskan apa yang sedang terjadi, bagaimana perkembangan virus corona di luar sana, kemudian tanyakan pendapat mereka apa yang perlu dilakukan.

Dari jawaban Si Kecil, Moms biasanya akan menemukan masukan dan ide-ide baru. Hal ini tentu membantu dalam mengurangi perasaan cemas, dan yakinkan anak bahwa keluarga bisa melewati pandemi ini bersama-sama.

Baca Juga: Kenali 6 Tipe Gangguan Kecemasan pada Anak

4. Lakukan Apa yang Disenangi

Manfaatkan pandemi ini untuk melakukan hal-hal yang sempat tertunda karena tidak punya waktu atau tenaga untuk melakukannya. Misalnya, Moms ingin menggambar, melukis, atau merajut. Moms bisa

Setiap kali merasa khawatir, tarik napas, dan ingat, meski situasi sedang tidak kondusif, fokuslah menciptakan momen-momen baik dan positif bersama keluarga sebagai tips mengasuh anak saat pandemi COVID-19.

5. Lakukan Rutinitas Harian Seperti Biasa

mengasuh anak saat pandemi COVID-19-3

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun sebagian besar hari dihabiskan di rumah, tetapi anak-anak perlu kegiatan keseharian yang terstruktur dan rutin. Ini karena mereka perlu merasa bahwa hidup dapat diprediksi, agar membuat mereka merasa aman.

Moms dapat menciptakan rutinitas baru dan melakukannya secara terus- menerus selama pandemi sebagai tips dalam mengasuh anak saat pandemi COVID-19.

Baca Juga: 6 Tips Membiasakan Anak Memiliki Rutinitas Pagi

6. Tetap bersosialisasi

Social distancing atau PSBB bukan berarti berhenti bersosialisasi. Oleh karena itu, tetap jaga hubungan dan berbagi cerita ke teman-teman atau keluarga melalui chat, telepon, atau conference call.

Moms juga bisa meminta para orang tua dari teman Si Kecil untuk mengadakan conference call di akhir pekan, sehingga anak dapat bertukar cerita dan mengobrol dengan teman-temannya di saat pandemi.

7. Jangan Menyalahkan Keadaan

mengasuh anak saat pandemi COVID-19-4

Foto: Orami Photo Stock

Ini bukan waktunya menyalahkan. Tidak masalah bagaimana atau di mana virus ini dimulai, yang terpenting adalah kita bersama-sama menghadapi pandemi ini sekarang.

Moms bisa mengajak anak untuk tetap bersyukurlah atas hal-hal baik yang terjadi. Menurut Harvard Health, rasa terima kasih ini berkaitan dengan kebahagiaan yang lebih besar.

Rasa syukur membantu orang merasakan emosi yang lebih positif, menikmati pengalaman yang baik, meningkatkan kesehatan mereka, menghadapi kesulitan, dan membangun hubungan yang kuat.

Ingatlah, bahwa semuanya akan baik-baik saja, dan pada akhirnya hidup akan kembali normal.

Melakukan pola asuh anak saat pandemi COVID-19 yang tepat bisa membantu mengurangi perasaan cemas tersebut.

Di saat pandemi ini, Moms juga mungkin kesulitan memenuhi keperluan Si Kecil. Tenang saja, Moms, Orami memiliki promo Anak Internasional dengan diskon hingga 60% ditambah gratis ongkir!

promo anak internasional commerce

Moms bisa menemukan berbagai kebutuhan anak mulai dari susu, popok, hand sanitizer, sampai baju. Tunggu apalagi? Yuk belanja di Orami di Festival Kebutuhan Anak & Bayi!

Artikel Terkait