PARENTING
13 Mei 2020

5 Tips Mengendalikan Emosi pada Anak

Jangan emosi dulu, coba lakukan ini supaya lebih tenang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Intan Aprilia

Setuju kan Moms, kalau mengendalikan emosi saat menghadapi anak yang berulah biasanya terasa lebih sulit saat sedang lelah atau banyak pikiran?

Apalagi bila saat ini Moms sedang menjalani work from home akibat pandemi, tapi tetap harus menemani anak yang sekolah di rumah.

Saat mengajari anak, ada saja emosi dan rasa tidak sabaran yang muncul, terutama bila Si Kecil susah mengerti pelajaran tersebut.

Namun, menurut News In Health, tetap kalem dan menahan emosi saat menghadapi anak dapat memberikan banyak manfaat penting bagi perkembangan anak, seperti:

  • Hubungan yang lebih erat dengan anak.
  • Menumbuhkan rasa aman dan percaya.
  • Mengajarkan anak menghadapi konflik dan mengelola emosi secara sehat.
  • Mencontohkan untuk tetap mengikuti aturan meski sedang emosi.
  • Mengajarkan anak tetap tangguh saat menghadapi tantangan dan hambatan.
  • Orang tua bisa tetap sensitif dengan kebutuhan anak.

Mengendalikan Emosi pada Anak

Yuk Moms, coba lakukan beberapa tips berikut untuk membantu mengendalikan emosi saat menghadapi kelakuan anak yang bikin geregetan.

1. Bicara Lembut dan Pelan

5 Tips Mengendalikan Emosi Saat Menghadapi Anak 1.jpg

Foto: freepik.com

Tahu sendiri kan Moms, bereaksi saat sedang emosi seringkali membuat kita spontan membuat keputusan atau melontarkan perkataan yang akan disesali di kemudian waktu?

Jadi saat emosi Moms mulai terpancing, coba tarik napas panjang dan mulai bicara pada Si Kecil dengan lembut dan pelan.

Craig David, profesor ilmu biofarmasi dari Shenandoah University, mengungkap pada startribune.com kalau suara lembut dan pelan adalah salah satu bentuk ASMR yang dapat membantu meredakan stress dan emosi untuk sebagian orang.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Anak Stres saat Belajar di Rumah Menurut Psikolog

2. Minum Air Dingin

5 Tips Mengendalikan Emosi Saat Menghadapi Anak 2.jpg

Foto: freepik.com

Cara lain untuk meredakan emosi dengan cukup cepat adalah minum segelas air dingin atau membuka jendela agar udara dingin bisa mengalir.

Selain membantu menurunkan suhu inti tubuh, aksi minum air dingin atau membuka jendela juga memberikan kesempatan untuk mengalihkan fokus dari hal yang membuat Moms kesal dan mulai berpikir jernih.

3. Menenangkan Diri di Ruangan Lain

5 Tips Mengendalikan Emosi Saat Menghadapi Anak 3.jpg

Foto: freepik.com

Jujur tentang apa yang Moms rasakan juga bisa jadi contoh nyata yang baik untuk mengajarkan anak tentang cara mengendalikan emosi secara sehat.

Katakan pada Si Kecil “Saat ini mama sedang kesal/marah/emosi, jadi mama akan menenangkan diri dulu di kamar sambil berpikir tentang cara terbaik menghadapi situasi ini. Nanti baru kita bicara lagi.”

Baca Juga: 3 Dampak Orang Tua Sering Berbohong pada Anak

4. Cari Sisi Lucu

5 Tips Mengendalikan Emosi Saat Menghadapi Anak 4.jpg

Foto: freepik.com

Dalam artikel yang ditulisnya, profesor psikologi kognitif Janet M. Gibson menjelaskan kalau menggunakan humor secara positif bisa membantu memperbaiki sudut pandang dan mood seseorang.

Jadi kalau kesalahan atau ulah yang Si Kecil lakukan relatif ringan, tidak ada salahnya Moms sedikit meringankan hati dengan mencari sisi lucu dari situasi yang terjadi.

5. Lihat dari Sudut Pandang Anak

5 Tips Mengendalikan Emosi Saat Menghadapi Anak 5.jpg

Foto: freepik.com

Terkadang, melihat masalah atau situasi dari sudut pandang anak juga bisa membantu meredakan emosi Moms dan Dads yang mulai naik.

Bisa saja Si Kecil sebenarnya berniat membuat senang salah satu anggota keluarga, tapi dengan cara yang salah atau menyebabkan masalah. Atau ia mungkin belum paham cara bersikap dalam suatu situasi.

Saat Moms mulai merasa emosi, coba tarik napas panjang dan diam sejenak untuk mendengarkan penjelasan Si Kecil dan melihat dari sudut pandangnya.

Baca Juga: 5 Cara Mengajarkan Si Kecil Mengendalikan Emosi di Bulan Puasa, Yuk Terapkan!

Mengendalikan emosi saat menghadapi anak memang tidak mudah, tapi mengedepankan empati dan komunikasi akan membuat masalah terselesaikan dengan baik tanpa merusak hubungan dengan Si Kecil.

Nah, apa yang biasanya Moms lakukan kalau mulai terpancing emosinya oleh Si Kecil?

Artikel Terkait