PERNIKAHAN & SEKS
4 April 2020

5 Tips Menghadapi Suami yang Pelit, Yuk Coba!

Jangan ajak suami berdebat ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ada garis tipis di antara berhati-hati menggunakan uang dan pelit. Meskipun selalu baik untuk menghabiskan uang dengan bijak, tetapi terlalu bijaksana tentang bagaimana menggunakan uang juga bisa menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan, baik bagi orang yang membelanjakan uang maupun orang yang berbagi hidup dengannya.

Sama halnya seperti seorang istri yang menikah dengan suami yang pelit, pasti sulit baginya untuk memenuhi kebutuhan, karena harus hidup hemat, padahal ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: 3 Kebiasaan Jorok Suami yang Sering Dikeluhkan Istri dan Cara Menghadapinya

Mengutip Journal of Financial Therapy, argumen finansial adalah salah satu konflik yang paling sering terjadi dalam pernikahan

Meskipun mungkin terkadang merasa kesal, Moms harus coba berkompromi dengan sikap suami ini.

Menghadapi Suami Pelit

Daripada hanya mengomel dan mengeluh, ada baiknya Moms coba menghadapi suami yang pelit dengan beberapa cara berikut ini.

1. Bicarakan tentang Pengeluaran

menghadapi suami pelit

Foto: Orami Photo Stock

Cara pertama menghadapi suami pelit adalah dengan membicarakan masalah pengeluran rumah tangga. Sebagai pasangan, penting bagi Moms dan suami untuk berbagi kehidupan finansial.

Moms juga harus mencapai kompromi yang cocok untuk berdua. Ketika mendiskusikan tujuan keuangan, rencanakan berapa banyak yang akan disisihkan untuk tabungan tertentu, seperti tabungan masa pensiun atau rumah.

Rencanakan bagaimana kita akan mengakomodasi kebutuhan sehari-hari untuk menghemat ekstra dan masih memiliki ruang untuk pengeluaran pribadi dan liburan. Setelah mendiskusikan hal-hal ini, Moms tidak lagi memandang pasangan sebagai orang yang pelit.

Baca Juga: 4 Pertanyaan Paling Sering Muncul Mengenai Keuangan Rumah Tangga

2. Pikirkan Strategi Alternatif

menghadapi suami pelit

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin tidak bisa mengubah sifat suami yang pelit, tetapi pasti dapat mengurangi ketergantungan padanya. Habiskan hal-hal yang kita sukai dan manjakan diri. Tunjukkan pada mereka bahwa berbelanja sesekali tidak apa-apa.

Mari kita berharap cara dan gaya hidup Moms akan menular pada pasangan dan dia dapat memilih untuk membelanjakan sedikit lebih banyak dari yang direncanakan.

3. Rencanakan Kencan Sederhana

menghadapi suami pelit

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms menikmati waktu yang menyenangkan dengan pasangan dan tidak ingin membicarakan sifatnya yang pelit, maka coba untuk membuat aktivitas yang menarik tanpa mengeluarkan banyak uang.

Daripada makan di restoran mahal, cobalah untuk minum teh bersama di rumah. Berjalan kaki pagi bersama atau hanya duduk dan menonton matahari terbenam di rumah atau taman dekat rumah juga cukup seru.

Baca Juga: Ternyata Ini Pentingnya Tetap Rutin Berkencan Setelah Menikah dengan Suami

4. Tetap Memberikan Perhatian pada Suami

menghadapi suami pelit

Foto: Orami Photo Stock

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghadapi suami yang pelit adalah dengan tetap memberikan cinta dan perhatian pada suami.

Jangan jadikan suami pelit sebagai alasan untuk mengurangi kasih sayang kita, karena bisa jadi tambah memperburuk keadaan. Moms harus memahami dengan jelas bahwa uang tidak dapat membeli perasaan dan hal-hal seperti itu.

5. Jangan Berdebat dengan Suami

menghadapi suami pelit

Foto: Orami Photo Stock

Jangan berdebat dengan suami adalah cara tepat untuk menghadapi suami yang pelit. Selalu menyerah dan membuatnya mengerti apa yang memberi kita kesenangan lebih.

Beri suami hadiah yang akan memberikan perubahan dan mungkin membuat mereka melihat alasan untuk menghabiskan lebih banyak uang.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi suami yang pelit. Selamat mencoba, Moms!

Artikel Terkait