BALITA DAN ANAK
22 Mei 2020

3 Tips Menghindari Kelainan Tulang pada Anak, Yuk Lakukan!

Jaga tulang anak sejak ia balita ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tulang anak-anak tumbuh terus-menerus dan membentuk kembali (merombak) diri mereka sendiri secara luas, seiring dengan bertambahnya usia.

Pertumbuhan ini berasal dari bagian tulang yang rentan yang disebut lempeng pertumbuhan. Dalam pembentukan, jaringan tulang lama secara bertahap digantikan oleh jaringan tulang baru.

Baca Juga: Cara Mencukupi Kebutuhan Vitamin D Anak untuk Pertumbuhan Tulang

Nah, banyak kelainan tulang pada anak, berasal dari perubahan yang terjadi pada sistem muskuloskeletal anak yang sedang tumbuh. Kelainan ini dapat menjadi lebih baik atau memburuk saat anak tumbuh dewasa nantinya.

Kelainan tulang lainnya mungkin diturunkan atau terjadi pada masa kanak-kanak tanpa alasan yang diketahui. Tentu Moms tidak ingin hal ini terjadi pada Si Kecil dan ingin meminimalisir kemungkinannya.

Tips Menghindari Kelainan Tulang pada Anak

Bagaimana tips untuk menghindari kelainan tulang pada anak? Di bawah ini ada beberapa cara agar Si Kecil memiliki tulang yang baik dan normal.

1. Gizi yang Cukup

kelainan tulang anak

Foto: health.clevelandclinic.org

Kunci pertama agar anak bisa terhindar dari kelainan tulang adalah memastikan bahwa Si Kecil mendapatkan asupan gizi yang cukup.

“Terutama yang mengandung kalsium dan vitamin D, yang penting untuk tulang,” terang dr. Faisal Miraj, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi, RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Baca Juga: 5 Gizi Ini Wajib Ada Dalam Bekal Anak, Apa Saja Ya?

Menurut dr. Faisal, kandungan ini terdapat pada makanan seperti susu, ikan, minyak ikan, telur, kedelai, dan lainnya.

2. Gerak dan Olahraga

kelainan tulang anak

Foto: sutterhealth.org

Tidak hanya bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh saja, olahraga juga baik untuk membantu anak terhindar dari kelainan tulang lho, Moms. Aktivitas yang melibatkan gerakan tubuh sangat diperlukan oleh tulang kita.

Moms bisa sesekali mengajak anak tetap beraktivitas dalam bentuk permainan maupun olahraga. Tidak perlu terlalu lama Moms, 30 menit juga sudah cukup. Jangan lupa untuk rajin berjemur di bawah matahari juga ya.

3. Posisi Tidur dan Duduk yang Benar

kelainan tulang anak

Foto: verywellfamily.com

Tulang akan terbentuk dengan baik sejak anak masih kecil. Pada masa balita, Moms harus membantu Si Kecil menghindari posisi-posisi tubuh dalam duduk maupun tidur yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bentuk tungkainya.

Baca Juga: Berbahaya, Ini 4 Dampak Negatif Anak Kurang Tidur

Tulang anak-anak tumbuh dari area tulang rawan yang lembut di dekat ujung tulang. Daerah-daerah ini disebut lempeng pertumbuhan. Ketika anak-anak telah selesai tumbuh, piring pertumbuhan menjadi tulang padat.

Setelah piring tumbuh menjadi padat, tulang tidak tumbuh panjang. Itulah sebabnya kita tidak bisa bertambah tinggi setelah titik tertentu di akhir masa remaja.

Itu dia Moms beberapa hal yang bisa Moms lakukan agar Si Kecil terhindar dari kelainan tulang. Pastikan semuanya dilakukan dengan baik, ya.

Artikel Terkait