BALITA DAN ANAK
27 Juni 2019

Tips Mengurangi Serangan Asma pada Anak

Cari tahu cara mencegah serangan asma pada anak
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Asma adalah penyakit kronis yang umum dialami anak-anak yang sebagian besar disebabkan oleh reaksi alergi. Itu sebabnya, serangan asma pada anak sebenarnya dapat dikontrol, bahkan dikurangi. Bagaimana caranya?

Yuk kita cari tahu tips mengurangi serangan asma pada anak di bawah ini!

1. Hindari Paparan Debu

Tips Mengurangi Serangan Asma pada Anak 1.jpeg

Foto: pexels.com

Tips mengurangi serangan asma pada anak yang pertama adalah menghindari paparan debu. Debu adalah salah alergen yang dapat memicu serangan asma pada anak.

Paparan debu bisa terjadi di mana saja. Tapi tahukah Moms bahwa paparan debu yang paling banyak ternyata terjadi di dalam rumah?

Ya, dilansir dari parents.com, menurut Anne Beal, MD, dokter anak yang sekaligus adalah Chief Patient Officer di Sanofi, bayi dan balita menghabiskan delapan hingga sepuluh jam sehari di kamar, yang artinya mereka mendapatkan paparan debu dan alergen lainnya paling banyak dari sini.

Itu sebabnya, langkah terbaik yang bisa Moms lakukan adalah membersihkan debu di kamar anak dan meniadakan semua benda yang berpotensi menyimpan debu, seperti karpet, tirai tebal, dan boneka berbulu.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Asma secara Alami

2. Lindungi Anak dari Asap Rokok

Tips Mengurangi Serangan Asma pada Anak 2.jpeg

Foto: pexels.com

Tips mengurangi serangan asma pada anak yang selanjutnya adalah melindungi anak dari asap rokok. Asap rokok adalah pemicu asma yang paling agresif. Beberapa orang berpikir bahwa merokok di luar ruangan sudah cukup aman.

Padahal, asap rokok masih menempel di rambut dan pakaian, dan anak masih bisa menghirupnya ketika berdekatan. Pilihan terbaik adalah pastikan tak ada orang-orang terdekat Si Kecil yang merokok, terutama Moms dan Dads.

3. Tidak Memelihara Hewan di Rumah

Tips Mengurangi Serangan Asma pada Anak 3.jpeg

Foto: pexels.com

Tips mengurangi serangan asma pada anak yang selanjutnya adalah tidak memelihara hewan di rumah. Banyak anak yang alergi terhadap bulu hewan peliharaan. Sebaiknya, jangan memelihara hewan peliharaan di rumah jika itu bisa memicu reaksi alergi.

Baca Juga: Mengenal Penyebab Asma pada Anak, Genetik atau Faktor Lingkungan?

4. Rumah Bebas Kecoak

Tips Mengurangi Serangan Asma pada Anak 4.jpeg

Foto: pexels.com

Tips mengurangi serangan asma pada anak yang selanjutnya adalah mengusir kecoak dari rumah. Ya, bahkan rumah bersih sekalipun bisa saja memiliki masalah dengan kecoak. Ini adalah alergen yang sangat umum untuk anak-anak yang memiliki asma.

Jadi, lakukan semua yang Moms bisa untuk menghilangkan kecoak dari rumah. Ini termasuk tidak menumpuk sampah rumah tangga, dan tidak meninggalkan makanan sisa sembarangan. Juga, tutup semua celah tempat kecoak bisa masuk - termasuk pipa bocor.

5. Berikan ASI Eksklusif

Tips Mengurangi Serangan Asma pada Anak 5.jpg

Foto: todaysparent.com

Tips mengurangi serangan asma pada anak yang selanjutnya adalah memberikan ASI eksklusif. Menyusui dapat melindungi bayi dari ancaman berbagai jenis infeksi, termasuk membantu mencegah anak-anak menderita asma.

Dilansir dari kidshealth.org, disebutkan bahwa menyusui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga efektif dalam menangkal infeksi dan asma.

Baca Juga: 3 Makanan dan Minuman Ini Bisa Mencegah Anak Terkena Asma

Itu dia 5 tips yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi serangan asma pada anak. Pastikan Moms lakukan ini dengan konsisten, ya, karena bukan tidak mungkin asma Si Kecil bisa disembuhkan sama sekali.

(VAN)

Artikel Terkait