BALITA DAN ANAK
26 Mei 2020

5 Tips Meningkatkan Kemampuan Bicara Balita, Yuk Coba!

Membacakan buku jadi salah satu caranya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perkembangan kemampuan bahasa alami balita tidak bisa dipercepat. Meski begitu, orang tua bisa membantu meningkatkan kemampuan bicara dan bahasanya.

Cara terbaik yang bisa dilakukan ialah dengan berbicara kepada anak terus-menerus sepanjang hari. Saat beraktivitas bersama, jangan ragu untuk terus berbicara pada anak.

Meski terdengar aneh karena semua hal dibicarakan, paparan Bahasa yang terus-menerus akan membantu balita belajar bicara.

Menurut publikasi ilmiah What, Why, How in Child Neurology yang diterbitkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia, perkembangan kemampuan bicara normal melalui beberapa tahapan, yaitu cooing, bubbling, ekolalia, jargon, kata dan kombinasi kata, pembentukan kalimat.

Penambahan perbendaharaan kata umumnya agak lambat pada usia 1-2 tahun. Perbendaharaan kata akan berkembang pesat setelah usia 2 tahun. Penggunaan kemampuan bicara untuk proses adaptif dan bersosialisasi berkembang pesat setelah anak berusia 2 tahun.

Baca Juga: Alasan Balita Terlambat Bicara, Bisa dari Anak Maupun Orang Tua!

Tips Meningkatkan Kemampuan Bicara Balita

Orang tua perlu memberi stimulus kepada anak untuk memperlancar kemampuan bicara balita. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan bicara anak. Berikut ulasannya.

1. Menggunakan Kata-kata dengan Benar

Tips Memperlancar Kemampuan Bicara Balita

Foto: Orami Photo Stock

Cara untuk meningkatkan kemampuan bicara balita yang pertama adalah menggunakan kata-kata dengan benar. Meskipun tidak apa-apa jika anak Anda yang berumur 1 tahun menyebut botolnya "ba", orang tua harus menggunakan kata-kata yang tepat untuk memastikan bahwa Moms tidak selalu meremehkan balita.

Dikutip dari Parents , orang tua harus selangkah lebih maju dari tahapan anak mereka. Dengan menggunakan kata-kata benar, tidak bicara dengan bahasa bayi, Moms membantunya memperbanyak kosakata.

2. Membaca Buku

Tips Memperlancar Kemampuan Bicara Balita

Foto: Orami Photo Stock

Cara untuk meningkatkan kemampuan bicara balita yang selanjutnya adalah dengan membaca buku. Membaca cerita akan merangsang imajinasi anak dan membantunya belajar tentang dunia di sekitarnya. Membaca bersama akan menciptakan waktu yang berharga untuk menjalin ikatan dengan anak.

Dikutip dari Raising Children, kebiasaan membaca bisa dibangun dengan menciptakan rutinitas membaca, misalnya membaca satu buku setiap hari.

Rutinitas itu juga termasuk menciptakan tempat khusus untuk membaca atau dengan meletakkan rak buku di tempat yang mudah dijangkau anak.

Duduk berdekatan agar anak bisa melihat ekspresi Moms saat membaca buku. Buat suara-suara aneh saat bercerita agar waktu membaca jadi menyenangkan.

Suatu saat anak tidak mau berlama-lama membaca, tidak apa-apa. Sebaliknya, anak mempunyai buku favorit, bersiaplah untuk membacanya berulang kali.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Balita Telat Bicara Lewat Penjelasan Berikut

3. Bermain dengan Anak Seusianya

Tips Memperlancar Kemampuan Bicara Balita

Foto: Orami Photo Stock

Cara untuk meningkatkan kemampuan bicara balita yang selanjutnya adalah playdate. Playdate atau bermain dengan anak seusianya sangat penting. Berada di dekat teman sebaya memberi mereka kesempatan untuk mendengarkan, berinteraksi, dan menguji kosa kata mereka dalam lingkungan sosial.

Moms bisa membantu memberi stimulus, misalnya dengan mengatakan, "Wah, dia meminjami mainan. Ayo bilang, terima kasih".

4. Membangun Komunikasi Dua Arah

Tips Memperlancar Kemampuan Bicara Balita

Foto: Orami Photo Stock

Cara untuk meningkatkan kemampuan bicara balita yang selanjutnya adalah membangun komunikasi dua arah. Tirukan upaya anak pada kata-kata untuk mendorong percakapan dua arah. Juga membangun kata-kata dasar. Misalnya, ketika anak mengatakan 'kereta', Moms dapat mengatakan, 'Ya, itu kereta merah besar'.

Cara lain untuk membangun kemampuan berbahasa ialah lewat lagu. Ajarkan lagu bersajak sederhana. Tapi jangan terjebak dengan mendudukkannya di depan TV ya.

Meskipun acara televisi dapat membantu, saat ini lebih baik baginya untuk belajar dari orang tua. Ahli berpendapat, apa yang benar-benar anak-anak dengarkan dan tanggapi adalah suara dan interaksi manusia.

Ketika anak mengatakan sesuatu, berilah pengakuan atas usahanya dengan cara positif. Jangan mengoreksi caranya berbicara, tanggapi isi pesannya. Saat anak berbicara, tunjukkan Moms mendengarkannya dengan tersenyum dan memandangnya.

5. Dorong Anak Mengutarakan Keinginannya

Tips Memperlancar Kemampuan Bicara Balita

Orami Photo Stock

Cara untuk meningkatkan kemampuan bicara balita yang selanjutnya adalah mendorong anak mengutarakan keinginannya. Menurut Mommys Speech Therapy, merangsang anak berbicara bisa dilakukan dengan meletakkan makanan, mainan, atau benda lain kesukaannya di hadapannya. Tetapi jangan menawarkannya kepada anak.

Situasi itu dirancang agar anak memintanya. Anak akan berusaha membuat tanda nonverbal atau berbicara untuk meminta tolong. Jika hal itu tidak terlihat, Moms bisa membantunya dengan mengatakan sesuatu untuk ditirukan.

Baca Juga: Penyebab Balita Bicara Gagap dan Solusi Mengatasinya

Nah, itulah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan bicara anak. Yuk coba lakukan!

Artikel Terkait