PERNIKAHAN & SEKS
1 Oktober 2020

13 Cara Menjadi Istri yang Baik, Yuk Lakukan Moms!

Meski tak mudah, menjadi istri salihah dapat membawa keberkahan dalam keluarga.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Pernikahan adalah kerja tim, dan tentunya membutuhkan kedua mitra untuk melakukan upaya masing-masing untuk membuat semuanya berjalan dengan lancar.

Sama seperti Moms menginginkan 'suami yang baik', suami juga menginginkan istri yang baik. Wanita modern dan progresif mungkin mengalami kesulitan menerima gagasan tentang 'istri yang baik'.

Jika Moms sedikit mengalami kebingungan bagaimana cara menjadi istri yang baik, dan tidak tahu apa yang dimaksudkan kata tersebut, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga dengan Suami

Cara Menjadi Istri yang Baik

Bagaimana cara menjadi 'istri yang baik', di bawah ini ada beberapa hal yang bisa Moms coba lakukan. Tengok yuk, Moms.

1. Ekspresikan Cinta Kita

cara menjadi istri yang baik

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms mencintai suami Moms? Apakah merasa bahagia dan aman saat bersamanya?

Jika kita telah berkomitmen untuk menghabiskan seumur hidup dengan seorang pria melalui pernikahan, maka harus mencintainya. Tapi mencintai saja tidak cukup.

Suatu hubungan tumbuh subur dengan adanya ekspresi cinta, di antara emosi lainnya. Jadi jika Moms mencintai suami, beri tahu dia dan tunjukkan betapa dia berarti bagi kita sebagai cara menjadi istri yang baik.

Moms tidak perlu membuat ekspresi cinta yang rumit setiap hari. Berikan saja misalnya hanya isyarat kecil seperti ciuman atau kecupan di pipi sesekali, atau membuat sarapan favoritnya sesekali atau memilih film yang dia suka untuk tonton bersama.

2. Komunikasi yang Baik

Dalam hubungan apa pun, komunikasi sangat penting. Termasuk pernikahan yang tidak terkecuali. Sebagai cara menjadi istri yang baik, buat komunikasi yang jelas dengan pasangan.

Singkirkan anggapan yang salah bahwa pasangan seharusnya tahu apa yang dipikirkan dan diinginkan pasangannya. Suami kita tidak bisa membaca pikiran, sama seperti kita yang juga tidak bisa.

Moms mungkin tahu tentang kesukaan dan preferensi satu sama lain, tetapi belum tentu apa yang mereka pikirkan atau rasakan.

Komunikasi terbuka dalam pernikahan berarti kita memberi tahu suami apa yang dipikirkan atau rasakan dan apa yang kita harapkan darinya. Bicaralah dengan suami, tanya, katakan, dan diskusikan. Hindari perlakuan diam-diam, yang dapat memperburuk keadaan.

Jangan biarkan suami Moms menebak-nebak apa yang kita inginkan, dan hindari berasumsi atau membayangkan hal-hal tentang perilakunya.

3. Jadilah Istri yang Suportif

cara menjadi istri yang baik

Foto: Orami Photo Stock

Baik itu karier, hobi, atau apa pun yang dikejar suami, dia membutuhkan dan menginginkan dukungan kita sebagai istrinya.

Menjadi suportif dalam pernikahan bukan hanya tentang berada di sana saat pasangan mengalami masa-masa sulit. Jadilah istri yang suportif sebagai cara menjadi istri yang baik.

Ini tentang menghargai atau memuji dia ketika dia mencapai suatu pencapaian, atau ketika dia mengatasi rasa takutnya dan mencoba sesuatu yang baru.

Mendukung tidak selalu mengatakan hal-hal yang baik. Ini juga tentang menawarkan kritik konstruktif untuk mendorongnya memperbaiki apa pun yang dia lakukan.

Misalnya, mendukung ide bisnis baru suami kita saat Moms merasa nyaman secara finansial adalah cara yang baik untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dan memperkuat hubungan.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Suami Istri Saat Pindahan ke Rumah Baru

4. Menjadi Istri dan Sahabatnya Sekaligus

Pernikahan terbaik adalah pernikahan di mana pasangan itu menjadi sahabat satu sama lain. Tidak ada yang lebih baik daripada jatuh cinta dengan sahabat kita sendiri. Ini adalah cinta yang dalam, kuat, dan tulus.

Sebagai cara menjadi istri yang baik, biarkan persahabatan yang sehat berkembang antara Moms dan suami, dan lihat perbedaannya dalam hidup kita nantinya.

5. Tunjukkan Ketertarikan pada Apa yang Disukai

berikan suami ruang untuk dirinya

Foto: Orami Photo Stock

Tidak semua yang disukai suami bisa membuat Moms tertarik. Kita tidak harus melakukan hal-hal yang dia suka, tetapi berikan suami ruang untuk mengejar minatnya dan menunjukkan rasa ingin tahu tentang apa yang dia lakukan.

Tanyakan padanya tentang permainan, buku, atau hobi yang dia minati. Kerjakan sedikit pekerjaan rumah dan pelajari tentang hal-hal yang dia minati, sehingga Moms dapat membicarakannya juga dengan Dads nantinya.

6. Hormati Kebutuhan Suami untuk Sendiri

'Ruang' adalah konsep yang hanya dipahami sedikit orang. Setiap orang membutuhkan ruangnya sendiri. Bahkan pria yang sudah menikah terkadang membutuhkan ruang mereka dan mungkin ingin masuk ke dalam "gua" nya untuk sementara waktu.

Hormati keinginan suami dan beri dia ruang, dan biarkan dia mengejar hobi dan minatnya sebagai cara menjadi istri yang baik.

Membatasi kebebasan dan ruang pasangan Moms hanya akan mencekik mereka dan berdampak negatif pada hubungan pernikahan.

7. Dengarkan Keluh Kesah Suami

menjadi istri yang baik

Foto: Orami Photo Stock

Mendengarkan suami sangat penting untuk komunikasi yang efektif, dan mungkin lebih penting daripada berbicara.

Jadi sebagai cara menjadi istri yang baik, berusahalah secara sadar tidak hanya untuk mendengar, tetapi dengarkan dan pahami ketika suami kita berbicara tentang pekerjaannya atau apapun itu.

Perhatikan dia selama percakapan. Singkirkan ponsel, matikan TV atau matikan musik yang dapat mengganggu kita. Memberi perhatian penuh kepada suami saat dia berbicara menunjukkan betapa Moms sangat menghormatinya.

Mendengarkan tidak berarti Moms harus setuju dengannya ya. Tetapi bahkan untuk tidak setuju, Moms harus mendengarkan apa yang dia katakan terlebih dahulu.

8. Bersikaplah Apresiatif

Pria juga memiliki kebutuhan ini untuk dicintai, dihargai, dan dipuji. Katakan padanya betapa Moms sangat menghargai hal-hal kecil yang dia lakukan untuk kita, untuk anak-anak atau di rumah.

Pujian mendorongnya untuk berbuat lebih banyak untuk keluarganya, dan juga mengirimkan pesan bahwa usahanya diakui, jadi tidak sia-sia.

Untuk melakukan cara menjadi istri yang baik, Moms tidak perlu menyanyikan pujian untuk menunjukkan penghargaan. 'Terima kasih' yang sederhana dan tulus sudah cukup kok, Moms.

Baca Juga: 4 Pertanyaan Paling Sering Muncul Mengenai Keuangan Rumah Tangga

Cara Menjadi Istri yang Baik Menurut Islam

Menjadi istri salihah adalah impian semua wanita di dunia ini. Seorang laki-laki salih pun pasti akan mendambakannya. Meski bukan hal yang mudah, menjadi istri yang baik dapat dilakukan dengan taat pada Allah dan suami.

Moms juga perlu mengetahui seperti apa cara menjadi istri yang baik menurut Islam.

Dalam Asysyariah dijelaskan bahwa Abdullah bin Amr radhiallahu 'anhuma meriwayatkan sabda Rsulullah SAW,

“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salihah.” (HR. Muslim no. 1467)

Rasulullah SAW bersabda kepada Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu,

"Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri salihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam al-Jami’ush Shahih 3/57, “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

Berikut ini beberapa cara yang bisa Moms lakukan, sebagai ikhtiar untuk menjadi istri salihah.

9. Penuh Kasih Sayang

menjadi istri shlihah.jpg

Foto: shutterstock.com

Mengetahui cara menjadi istri yang baik dan salihah termasuk menjadi perempuan yang selalu menunjukkan kasih sayang kepada suaminya. Hal ini juga terkandung dalam hadits Rasulullah SAW.

“Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Dimana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya dengan tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An-nasai dlam Isryratun Nisa no. 257)

Baca Juga: 10 Kewajiban Suami Terhadap Istri dalam Islam, Wajib Tahu!

10. Pandai Bersyukur atas Pemberian Suami

Dalam Islam, dijelaskan bersyukur dan berterima kasih atas apa yang diberikan suami termasuk ikhtiar untuk menjadi istri salihah. Meski terkadang pemberiaan tersebut tak sesuai dengan harapan, sebagai istri harus pandai-pandai bersyukur.

Pandai bersyukur atas rezeki dan berkah dari Allah juga akan membawa keberkahan untuk keluarga, dan ini merupakan cara menjadi istri yang baik dalam Islam yang patut Moms lakukan.

11. Melayanin Suaminya

istri yang baik untuk suami

Foto: nikahexplorer.com

Ketaatan istri pada suaminya termasuk saat Moms dapat melayani suami dengan baik. Misalnya dengan menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan suami.

12. Menjaga Rahasia Suami

Salah satu cara menjadi istri yang baik dalam Islam adalah menunjukkan ketaatan pada suami, ketika bisa selalu bersabar dengan suami, termasuk menutup aib dan rahasia suaminya.

Ketaatan pada suami dalam hal ini dimaksudkan juga untuk menghindari konflik.

Baca Juga: 8 Tips Membangun Keluarga Harmonis menurut Islam, Yuk Coba!

13. Menutup Aurat

cara menjadi istri yang baik dalam Islam

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya untuk menutup aurat ketika berpergian atau ketika ada orang lain yang bukan muhrim. Sebaliknya, memperlihatkan kecantikannya pada suaminya saja juga merupakan ketaatan pada suami dan Allah SWT.

Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri salihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami’ush Shahih 3/57, “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

Itulah beberapa cara yang dapat Moms lakukan sebagai cara menjadi istri yang baik. Meski terdengar mudah dilakukan, membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk mewujudkannya.

Artikel Terkait