BAYI
26 Mei 2020

5 Tips Mengatasi Sakit Telinga pada Bayi di Pesawat, Sudah Coba?

Menangis hingga mengisap empeng bisa redakan nyeri telinga Si Kecil di pesawat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Traveling bersama bayi bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus menantang ya Moms. Apalagi jika kita memilih perjalanan udara.

Berada di dalam pesawat bisa menyebabkan telinga Si Kecil terasa tidak nyaman bahkan sakit karena perubahan tekanan udara. Sebuah penelitian tahun 2007 menemukan bahwa 22 persen anak-anak dapat mengalami kerusakan gendang telinga karena perubahan tekanan dalam penerbangan. Hal ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Namun presentasenya hanya 10 persen.

Menurut Dr. Paul Bikhazi, MD dari EvergreenHealth Ear, Nose, Throat Care di Kirkland, selama lepas landas dan mendarat dalam perjalanan udara, perubahan tekanan udara di sekitarnya diseimbangkan dengan tekanan di telinga seseorang melalui tabung kecil, yang disebut tabung Eustachian.

Kegagalan untuk mencapai penyetaraan tekanan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan rasa penyumbatan telinga yang signifikan. "Anak-anak dan terutama bayi dapat memiliki tuba eustachius yang kurang berkembang, meningkatkan risiko sakit telinga selama perjalanan udara,” papar Dr. Bhikazi seperti dilansir dari rd.com.

Tips Mengatasi Sakit Telinga pada Bayi di Pesawat

Nah, agar Si Kecil merasa nyaman, yuk kita simak Moms beberapa tips meredakan sakit telinga pada bayi di pesawat.

Baca Juga: Tommy Kurniawan Ajak Bayi Liburan, Ini 3 Cara Mudah Agar Bayi Tertidur Saat Naik Pesawat

1. Kemas Camilan untuk Lepas Landas dan Mendarat

Ini Tips Redakan Sakit Telinga pada Bayi di Pesawat-1.jpeg

Foto: netralnews.com

Tips mengatasi sakit telinga pada bayi di pesawat yang pertama adalah melakukan tindakan mengunyah dan menelan makanan. Karena gerakan ini dapat menggeser telinga sehingga cukup untuk membantu tuba eustachius melakukan tugasnya.

Untuk bayi kecil, memberi makan dapat membantu, karena mengisap dan menelan dapat membantu menyamakan tekanan lebih cepat. Jika sudah bisa menggunakan sedotan, Si Kecil bisa menyeruput minuman dengam sedotan.

2. Coba Gunakan Empeng

Ini Tips Redakan Sakit Telinga pada Bayi di Pesawat-2.jpg

Foto: cottonbabies.com

Memberikan empeng pada Si Kecil mungkin masih menjadi pro kontra ya Moms. Namun, menghisap empeng bisa menjadi salah satu tips mengatasi sakit telinga pada bayi di pesawat.

Gerakan menghisap bisa sama efektifnya dengan mengunyah dan menelan dalam membantu tabung eustachius menyamakan tekanan.

Menurut American Academy of Pediatrics, hal ersebut akan sangat membantu meredakan sakit telinga pada Si Kecil. Jika Si Kecil sedang demam atau mengalami infeksi telinga, Moms bisa memberikan acetaminophen atau ibuprofen sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Baca Juga: Raisa Naik Pesawat bersama Zalina, Berikut 4 Panduan Menenangkan Bayi di Pesawat

3. Biarkan Si Kecil Menangis

Ini Tips Redakan Sakit Telinga pada Bayi di Pesawat-3.jpg

Foto: todaysparent.com

Tips mengatasi sakit telinga pada bayi di pesawat yang selanjutnya adalah membiarkannya menangis. Bayi yang menangis di pesawat mungkin bisa menganggu penumpang lain. Tapi, sedikit terisak-isak ternyata dapat membantu membersihkan telinga.

"Menangis sebenarnya membantu dalam proses membuka tuba eustachius," kata Dr. Bikhazi. Jika Moms dapat menanggungnya, biarkan Si Kecil menangis namun jangan terlalu lama.

4. Jaga Si Kecil Agar Tetap Terjaga

Ini Tips Redakan Sakit Telinga pada Bayi di Pesawat-4.jpeg

Foto: abcnews.com

Tips mengatasi sakit telinga pada bayi di pesawat yang selanjutnya adalah jangan biarkan dia tertidur. Saat sedang berada di pesawat, kita mungkin tergoda untuk membiarkan Si Kecil tidur. Tetapi coba tahan keinginan itu Moms. Jika Si Kecil tertidur, dia tidak akan menelan, mengunyah, atau menguap sebanyak yang dia inginkan.

Dia bahkan bisa berisiko terkena cedera gendang telinga. Untuk itu, membuatnya tetap terjaga selama penerbangan bisa menjadi tips redakan sakit telinga bayi di pesawat.

Baca Juga: Bukan Mengeluh dan Menyalahkan Orang Tua seperti Angela Gilsha, Ini Cara yang Bisa Dilakukan Penumpang saat Bayi Menangis di Pesawat

5. Membersihkan Lendir saat Si Kecil Flu atau Pilek

Ini Tips Redakan Sakit Telinga pada Bayi di Pesawat-5.jpg

Foto: firstcry.com

Tips mengatasi sakit telinga pada bayi di pesawat yang selanjutnya adalah bersihkan lendir jika Si Kecil flu atau pilek. Jika Si Kecil menderita pilek atau infeksi telinga, sebaiknya diskusikan dahulu dengan dokter anak apakah Moms harus memberinya pereda nyeri bayi.

Sayangnya, dekongestan belum terbukti membantu, dan pada kenyataannya tidak dianjurkan untuk digunakan pada bayi.

Untuk bayi dengan ketidaknyamanan telinga yang signifikan terkait dengan pilek atau infeksi telinga, mungkin yang terbaik adalah menunda perjalanan ya Moms.

Namun, jika rencana perjalanan Moms tidak cukup fleksibel untuk dibatalkan karena batuk-pilek, maka cobalah membersihkan lendir dari hidung Si Kecil dengan memberinya semprotan garam.

Karena hidung yang tersumbat dapat menyumbat tuba eustachius, sehingga menyulitkan tekanan telinga bayi untuk menyamakan tekanan udara.

Nah itu tadi sederet tips mengatasi sakit telinga pada bayi di pesawat yang bisa dicoba ya Moms.

(SERA)

Artikel Terkait