KESEHATAN
3 Juli 2017

Tips Penting Sebelum Membeli Termometer

Kenali jenis termometer dan rekomendasi tempat membelinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Termometer kesehatan merupakan benda yang cukup spesifik kegunaannya, yakni untuk mengukur suhu tubuh orang yang tengah sakit seperti demam. Alat ini mudah digunakan dan bisa langsung menunjukkan hasil berupa angka suhu yang cukup akurat. Meskipun demikian, tidak semua jenis termometer bisa digunakan di tempat yang sama, mengingat ada jenis yang ditujukan khusus untuk mengukur suhu di beberapa bagian tubuh berbeda seperti mulut dan dubur.

Baca juga: Anak Panas Karena Demam? Jangan Panik Dulu

Termometer adalah salah satu alat yang perlu dimiliki, terutama jika Mama punya bayi. Namun, banyaknya jenis termometer yang tersedia di sekitar kita mungkin membuat Mama kebingungan saat harus membeli barang ini. Oleh karena itu, perhatikan langkah-langkah membeli termometer berikut ini:

1. Kenali Jenis Termometer yang Tersedia

Alat pengukur suhu badan ini diciptakan dalam berbagai jenis dan bentuk sesuai kebutuhan, seperti:

  • Termometer multifungsi yang bentuknya panjang dan bisa digunakan secara oral, rectal atau melalui dubur, dan di lipatan ketiak.
  • Termometer rectal yang hanya bisa digunakan di bagian dubur untuk pengukuran suhu tubuh yang paling akurat dan sebaiknya tidak digunakan untuk bagian tubuh yang lain.
  • Temporal artery thermometer, termometer yang menggunakan teknologi inframerah untuk pengukuran suhu super akurat tanpa harus digunakan secara oral maupun rectal. Termometer ini hanya perlu diletakkan di bagian kening saja.
  • Termometer telinga yang cepat dan nyaman saat digunakan.
  • Termometer oral untuk mengukur suhu di bagian bawah lidah.
  • Termometer ketiak yang mudah penggunaannya dan cepat memberikan hasil.

Pertimbangkan jenis termometer yang akan dipilih sehingga bisa mendeteksi suhu badan sesuai fungsinya. Sebaiknya Mama memilih termometer yang ditujukan untuk area tertentu saja sehingga tidak digunakan secara bergantian.

2. Belilah Termometer di Apotek atau Toko Perlengkapan Alat-alat Kesehatan

Di tempat ini, Mama bisa mendapatkan termometer dengan kondisi baik dan akurasi pengukuran tinggi.

3. Pertimbangkan Harga yang Ditawarkan

Beberapa termometer dijual dengan harga tinggi karena memiliki kualitas yang amat baik. Tapi Mama tetap bisa mendapatkan termometer kesehatan berkualitas bagus dengan harga yang cukup terjangkau, kok. Saat ini, Mama juga dapat memesan jenis termometer berkualitas melalui situs jual-beli online yang tentunya memudahkan Mama berbelanja.

4. Pastikan Termometer sesuai Usia Pasien

Dalam kasus ini, bayi dengan kondisinya yang lemah membutuhkan termometer khusus yang berbeda dari anak-anak dan orang dewasa.

Kini Mama lebih memahami bagaimana cara mendapatkan termometer yang sesuai kebutuhan. Ingat, Ma, selalu cek kualitas dan harga termometer tersebut. Jangan sampai Mama mengeluarkan terlalu banyak uang untuk membeli perangkat kesehatan yang tidak sesuai harapan.

Artikel Terkait