BALITA DAN ANAK
13 November 2019

5 Tips Perawatan Eczema pada Wajah Balita

Kuncinya adalah kulit bersih dan lembab
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tahukah Moms, kalau rutinitas perawatan eczema yang tepat akan membantu kulit wajah tetap lembab sekaligus mengurangi kambuhnya ruam dan gatal yang terasa tidak nyaman bahkan sakit?

Menurut National Eczema Association, penyebab utama eczema pada kulit wajah balita adalah dermatitis atopik, yang bisa kambuh karena udara dingin, kulit kering, serta alergen lain seperti makanan atau debu.

Tips Perawatan Eczema pada Wajah Balita

Karena itulah, melakukan rutinitas perawatan eczema pada kulit wajah balita sangat penting supaya wajah Si Kecil tetap bersih dan ia bisa tetap beraktivitas dengan nyaman tanpa diganggu rasa gatal.

Yuk Moms, simak dulu beberapa tips perawatan eczema pada wajah balita yang sudah kami rangkum berikut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Eczema Pada Anak

1. Selalu Gunakan Pelembab

5 Tips Perawatan Eczema Pada Kulit Wajah Balita 1.jpg

Foto: Babycenter.com

Tips perawatan eczema pada wajah balita yang pertama adalah selalu gunakan pelembab. Pada kulit wajah balita yang sehat, lapisan terluar kulit menjadi pelindung yang mencegah kelembaban menguap sekaligus mencegah zat alergen menimbulkan iritasi.

Namun pada kulit balita yang eczema, lapisan pelindung sudah hilang atau rusak sehingga harus rutin dioleskan pelembab agar tidak mudah kering dan gatal.

Pelembab bisa dioleskan setelah pemakaian krim khusus untuk eczema yang mengandung kortikosteroid.

Untuk perlindungan maksimal, gunakan pelembab pada wajah secara rutin dalam rentang waktu tiga menit setelah mandi pagi, setelah membersihkan wajah sehabis makan, sepulang preschool atau setelah bepergian, dan sebelum tidur.

Pelembab terbaik untuk perawatan eczema pada kulit wajah balita adalah yang mengandung kadar minyak tinggi, seperti petroleum jelly dan minyak mineral.

Pastikan juga Si Kecil hanya menggunakan sabun dan sampo yang bebas bahan kimia maupun pewangi ya, Moms.

2. Bersihkan Wajah setelah Makan

5 Tips Perawatan Eczema Pada Kulit Wajah Balita 2.jpg

Foto: Baby.lovetoknow.com

Tips perawatan eczema pada wajah balita yang selanjutnya adalah membersihkan wajah setelah makan. Mengutip informasi dari situs TruKid.com, membersihkan wajah balita setelah makan juga penting dalam perawatan eczema lho, Moms.

Selain karena sisa makanan yang mengotori pipi dan bagian wajah lain, kandungan dalam makanan tertentu juga bisa membuat eczema Si Kecil kambuh.

Saat wajah Si Kecil kotor karena terkena makanan, segera bersihkan dengan kain atau handuk lembut yang sudah dibasahi dengan sedikit air.

Setelah selesai makan, bersihkan wajah dengan air lalu keringkan dengan cara menepuknya perlahan menggunakan kain atau handuk lembut. Selanjutnya oleskan kembali pelembab supaya kulit wajah tidak kering.

3. Hindari Makanan yang Memicu Alergi

5 Tips Perawatan Eczema Pada Kulit Wajah Balita 3.jpg

Foto: Mother.ly

Tips perawatan eczema pada wajah balita yang selanjutnya adalah hindari makanan yang memicu alergi. Alergi dan sensitivitas pada makanan tertentu juga bisa memicu kambuhnya eczema pada kulit wajah balita.

Pada umumnya, makanan yang harus dihindari oleh balita penderita eczema adalah yang mengandung kacang-kacangan, telur, kedelai, dan susu.

Untuk mengetahui makanan yang harus dihindari, perhatikan bahan yang digunakan dalam masakan serta reaksi yang mungkin timbul pada wajah Si Kecil setelahnya ya, Moms.

Baca Juga: Mengenal Eczema, Penyakit Kulit Yang Sering Diderita Balita

4. Bersihkan Wajah sebelum Tidur

5 Tips Perawatan Eczema Pada Kulit Wajah Balita 4.jpg

Foto: Normoflorin.ru

Tips perawatan eczema pada wajah balita yang selanjutnya adalah bersihkan wajah sebelum tidur. Setelah seharian beraktivitas, wajah Si Kecil perlu dibersihkan dari kotoran yang bisa memicu kambuhnya eczema saat tidur.

Apalagi di malam hari kadar hormon kortisol pada tubuh balita mulai berkurang sehingga kulit wajah yang eczema mudah terasa gatal.

Untuk perawatan eczema di kulit wajah balita sebelum tidur, bersihkan wajahnya dengan air lalu keringkan dengan cara menepuk perlahan wajah dengan handuk atau kain lembut.

Setelah itu oleskan pelembab secara merata pada area wajah dan leher 20 menit sebelum waktu tidur. Bila perlu, Moms bisa pakaikan sarung tangan khusus untuk mencegah Si Kecil menggaruk wajahnya secara tidak sengaja saat sedang tidur.

5. Rutin Ganti Sprei dan Sarung Bantal

5 Tips Perawatan Eczema Pada Kulit Wajah Balita 5.jpg

Foto: Somnishop.net

Tips perawatan eczema pada wajah balita yang selanjutnya adalah rutin ganti sprei dan sarung bantal. Penggunaan sprei dan sarung bantal yang bersih juga tidak kalah penting dalam perawatan eczema, karena akan menempel pada kulit wajah balita dalam waktu lama saat tidur di malam hari.

Selain dengan membersihkan tempat tidur dan semua perlengkapan tidur sebelum beranjak tidur, Moms juga perlu rutin mengganti sprei dan sarung bantal seminggu sekali untuk menghindari debu dan kotoran yang bisa memicu kambuhnya eczema pada wajah balita.

Oh ya Moms, sebaiknya gunakan sprei dan sarung bantal yang terbuat dari katun atau kain bambu karena lebih lembut, tidak bikin gerah, dan tidak membuat kulit Si Kecil iritasi.

Baca Juga: 5 Makanan Yang Dapat Memicu Eczema Pada Balita

Itulah beberapa tips perawatan eczema pada wajah balita yang bisa Moms lakukan di rumah.

Bagaimana dengan Moms, apa saja yang biasanya dilakukan dalam perawatan eczema pada kulit wajah balita?

(WA)

Artikel Terkait