FASHION & BEAUTY
22 Mei 2020

Berikut 5 Tips Perawatan Kulit Wajah Selama Puasa yang Patut Dilakukan

jangan lupa gunakan pelembap untuk menghidrasi kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat puasa, Moms tidak hanya memerhatikan asupan nutrisi pada makanan sahur dan berbuka, tetapi juga perlu menjaga kulit wajah tetap sehat. Apalagi, konsumsi cairan yang berkurang bisa membuat kulit dehidrasi.

Karena itu, penting mengetahui seperti apa perawatan kulit wajah selama puasa yang bisa dilakukan agar wajah tetap segar dan terawat. Berikut ini beberapa tips yang bisa Moms ikuti.

Tips Perawatan Kulit Wajah Selama Puasa

perawatan kulit wajah selama puasa-1

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip American Academy of Dermatology, penting menyederhanakan perawatan rutin wajah. Hal ini karena menggunakan terlalu banyak produk, terutama produk anti-penuaan, dapat mengiritasi kulit.

Fokus gunakan perawatan kulit dasar, seperti pembersih lembut, tabir surya, dan pelembap. Berikut ini beberapa tips perawatan kulit wajah saat puasa yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Kulit Wajah untuk Tahu Perawatan yang Tepat

1. Hidrasi Kulit dengan Minum Air

Menghidrasi kulit wajah tentunya merupakan langkah penting dalam perawatan kulit wajah selama puasa. Apalagi, konsumsi air putih juga berhenti saat sedang jam puasa.

Minumlah setidaknya delapan gelas saat jam sahur dan berbuka puasa, dan hindari minum minuman bersoda atau manis seperti soda dan jus, serta kafein untuk mencegah dehidrasi.

Sebagai variasi, Moms bisa menambahkan potongan buah seperti lemon, timun, untuk memberikan rasa dan kesegaran. Konsumsi saat waktu sahur dan berbuka, ya.

2. Jangan Mencuci Wajah Berlebihan

perawatan kulit wajah selama puasa-2

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Indian Journal of Dermatology, pembersih wajah berfungsi sebagai agen pembersih untuk menghilangkan sebum, kotoran, sel-sel mati, dan mikroorganisme dari kulit. Tetapi, wajah juga perlu dicuci secukupnya.

Hindari mencuci wajah berlebihan sebagai langkah perawatan kulit wajah selama puasa. Disarankan untuk mencuci wajah sekali di pagi hari, dan sekali di malam hari, dan gunakan sabun cuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Baca Juga: Apa Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash?

3. Konsumsi Sayur dan Buah

perawatan kulit wajah selama puasa-3

Foto: Orami Photo Stock

Tentunya Moms ingin mendapatkan kulit wajah yang bercahaya saat puasa. Untuk mendapatkan wajah ini, tidak hanya dengan penggunaan produk skincare, tetapi juga dari makanan yang dikonsumsi.

Pada menu sahur dan berbuka, pastikan Moms makan cukup sayur dan buah-buahan untuk asupan nutrisi harian saat berpuasa. Mengutip One Green Planet, beberapa sayur dan buah yang bisa dikonsumsi adalah:

  • Alpukat
  • Buah delima
  • Tomat
  • Kiwi
  • Paprika

Mengonsumsi buah dan sayuran ini dapat membuat kulit wajah lebih sehat, karena itu hal ini juga termasuk perawatan kulit wajah selama puasa yang disarankan.

4. Lakukan Eksfoliasi Sel Kulit Mati

perawatan kulit wajah selama puasa-4

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya dengan rajin mencuci wajah, Moms juga perlu melakukan eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel kulit mati sebagai langkah perawatan kulit wajah selama puasa selanjutnya.

Tergantung pada jenis kulit, Moms dapat melakukan eksfoliasi wajah hingga dua kali seminggu. Rutinitas ini membantu membersihkan pori-pori tersumbat, dan kulit terasa lebih halus dan tampak lebih bercahaya.

American Academy of Dermatology mengingatkan untuk melakukan eksfoliasi dengan aman, sehingga tidak merusak kulit atau menyebabkan peningkatan kemerahan atau jerawat.

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

5. Jangan Lewatkan Pelembap

perawatan kulit wajah selama puasa-5

Foto: Orami Photo Stock

Penting untuk menggunakan pelembap kulit wajah, bahkan bila kulit Moms berminyak. Jangan lupa gunakan pelembap sebagai perawatan kulit wajah selama puasa.

Dalam jurnal Clinical Medicine & Research, disebutkan bahwa pelembap adalah hal penting dari strategi dokter kulit untuk menjaga kesehatan kulit, serta mengobati ragam penyakit kulit yang biasa terjadi pada kulit kering.

Pilih pelembap hydrating, bagi Moms dengan kulit kering, pakai pelembap jenis krim atau minyak. Sementara untuk kulit berminyak, gunakan pelembap berbasis gel yang punya kandungan menghidrasi.

Itu dia Moms, beberapa tips perawatan kulit wajah selama puasa yang bisa dilakukan. Semoga membantu!

Artikel Terkait