TRIMESTER 1
8 April 2020

5 Tips Puasa Lancar Bagi Ibu Hamil

Pastikan ibu hamil mendapat cairan yang cukup selama berpuasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Air menjadi salah satu zat yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh.

Organ-organ penting dalam tubuh seperti ginjal, otak, dan otot, mengandung 70-80 persen air.

Oleh karena itu, memenuhi cairan dalam tubuh menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

Terlebih lagi pada ibu hamil yang sedang puasa, asupan air yang masuk ke dalam tubuh tentu harus lebih banyak Moms.

Pada ibu hamil, air dibutuhkan bukan hanya untuk kesehatan dan kebugaran tubuh ibu saja, tetapi juga janin yang ada di dalam perut.

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Berhenti Berpuasa Jika 4 Tanda Ini Terjadi

Penting untuk Moms yang sedang hamil mengetahui bahwa dehidrasi selama kehamilan dapat mengakibatkan komplikasi serius, bahkan kematian.

Tips Puasa untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil dapat terhidrasi dengan baik, yuk kita simak tips-tips sederhana berikut ini.

1. Minum Air Putih Lebih Banyak

ibu hamil terhidrasi dengan baik, cegah dehidrasi pada ibu hamil

Ibu yang sedang hamil tetap perlu mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup.

Menurut dr. Nurul Ratna, Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran UI, kebutuhan air putih untuk ibu hamil adalah 8 gelas per hari.

Moms bisa menentukan pembagiannya seperti ini. Saat bangun tidur untuk sahur, sebaiknya kita langsung minum satu gelas air putih.

Lalu setelah menyantap hidangan sayur, penuhi lagi tubuh dengan 1 gelas air putih lagi.

Nah, setelah berpuasa seharian, ibu wajib berbuka dengan 1 atau 2 gelas air putih dan minuman manis untuk meningkatkan kadar gula yang rendah selama puasa.

Setelahnya sembari menyantap makan malam, minum lagi 2 gelas air putih hingga sebelum tarawih.

Sepulang dari tarawih, minum lagi air putih. Begitu juga sebelum tidur, ibu bisa mengonsumsi air putih satu gelas lagi. Dengan begitu, kebutuhan 8 gelas air putih ibu pun terpenuhi.

2. Kenakan Pakaian yang Nyaman

ibu hamil terhidrasi dengan baik, cegah dehidrasi pada ibu hamil

Meski Moms hanya beraktivitas di rumah saja, mengenakan pakaian yang nyaman juga membantu kita menjaga asupan air di dalam tubuh.

Jika merasa rileks dan nyaman, tubuh tidak akan memproduksi banyak keringat yang bisa menyebabkan dehidrasi.

Namun bila Moms berada di luar ruangan pada siang hari, baju yang longgar dan berwarna terang adalah pilihan yang tepat karena tidak akan menyerap panas.

Baca Juga: Ini Gejala Dehidrasi saat Hamil, Moms Wajib Tahu!

3. Makan Buah-buahan Segar

ibu hamil terhidrasi dengan baik, cegah dehidrasi pada ibu hamil

Ibu hamil memang membutuhkan banyak asupan air. Jika sudah memenuhi kebutuhan air putih harian, Moms bisa mengonsumsi lagi buah-buahan yang memang mengandung banyak cairan.

Dilansir dari laporan Water Content of Fruits and Vegetables yang disusun oleh Fakultas Pertanian di University of Kentucky, berikut beberapa buah dengan persentase kandungan air yang tinggi:

  • Apel, pir: 84%
  • Blueberry, plum: 85%
  • Aprikot: 86%
  • Jeruk, nanas, raspberry: 87%
  • Peach: 88%
  • Melon: 90%
  • Stroberi, semangka: 92%

4. Ganti Air Putih dengan Jus

ibu hamil terhidrasi dengan baik, cegah dehidrasi pada ibu hamil

Hal ini bisa Moms lakukan jika sudah mulai merasa bosan hanya minum air putih saja.

Sebagai selingan, kita bisa membuat jus buah yang terbuat dari buah asli, bila perlu jangan ditambahkan gula atau hal lainnya agar khasiatnya lebih manjur.

5. Selalu Seimbangkan Energi yang Masuk dan Keluar

ibu hamil terhidrasi dengan baik, cegah dehidrasi pada ibu hamil

Menurut dr. Nurul, cara paling mudah yang bisa Moms lakukan agar tidak mengalami dehidrasi adalah dengan memperhatikan keseimbangan antara energi yang masuk dan energi yang keluar.

Misalnya sehabis menyantap makanan, Moms harus minum segelas air putih.

Setelah buang air kecil, penuhi asupan air yang keluar melalui urin dengan satu gelas air putih lagi. Dengan begitu, ibu hamil terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: 6 Makanan Buka Puasa yang Baik untuk Ibu Hamil

Dengan meminum air secara teratur, tentu ibu hamil bisa terbantu dalam menghilangkan gejala-gejala morning sickness. Selain itu, Moms juga tidak akan mengalami kekurangan air ketuban yang penting.

Jangan khawatir jika Moms sering buang air kecil. Justru hal ini menjadi pertanda baik bahwa ibu hamil terhidrasi dengan baik selama puasa. Semangat Moms!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar aturan puasa untuk ibu hamil, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait