PERNIKAHAN & SEKS
25 November 2019

Tips Suami Cuek Jadi Support System yang Dibutuhkan oleh Moms

Komunikasi adalah kunci penting agar Moms bisa didengar suami
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda, beberapa orang ada yang punya sifat cuek. Salah satunya mungkin pasangan Moms.

Menjadi seorang ibu merupakan pekerjaan full-time, dalam suatu waktu, Moms pernah merasa membutuhkan support system. Salah satunya berasal dari suami.

Menurut Journal of Social & Personal Relationship, dukungan sosial memiliki pengaruh penting dalam keberlangsungan hidup seseorang.

Sayangnya, pertambahan usia cenderung membuat seseorang memiliki jaringan sosial yang makin berkurang, dan juga terhadap dukungan yang didapat dan diterima.

Lalu, bagaimana cara agar suami cuek jadi support system yang baik untuk Moms dalam membina hubungan keluarga? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Memahami Penyebab Suami yang Cuek Saat Istri Hamil

Tips Suami Cuek Jadi Support System

suami cuek jadi support system-1

Psikolog Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psikolog, mengungkapkan tips agar suami cuek jadi support system yang membantu Moms.

"Yang pertama, komunikasi itu penting sekali. Komunikasikan pada suami apa kebutuhan kita. Misalnya, kebutuhan untuk didengar," ungkap Rena dalam acara "First Anniversary Orami Community" pada Sabtu (26/10/2019) di JSC Hive, Kuningan, Jakarta Selatan.

Lalu, selain dari suami, Moms juga bisa mendapatkan support system yang lebih positif dari pihak lain. Misalnya mencari dukungan dari teman, atau keluarga.

"Mungkin karakter suami memang cuek seperti itu. Tapi, kita bisa mencari dukungan dari teman, keluarga, dan yang lain," kata Rena.

Baca Juga: Pentingnya Support System Bagi Ibu yang Baru Memiliki Bayi

Pertimbangkan Pilih Topik untuk Diceritakan pada Suami

suami cuek jadi support system-2

Tips lain dari Rena agar suami cuek jadi support system, Moms mungkin bisa memilah topik pembicaraan yang akan disampaikan pada suami.

"Mungkin beberapa topik lebih baik dibicarakan ke teman, sehingga suami juga tidak menjadi 'tempat sampah' kita untuk cerita," jelas Rena.

Lebih lanjut, Rena memberikan perbandingan seperti suami yang lebih nyaman bercerita pekerjaannya di kantor dengan temannya, karena bisa memberikan solusi atau perbandingan yang lebih baik.

"Kalau suami cerita tentang pekerjaan di kantor, mungkin kita (sebagai istri) enggak ngerti. Sehingga, kita hanya mendengar dan berikan respon sesuai kapasitas sebagai istri," terangnya.

Baca Juga: Sebagai PH Survivor, Musik Turut Menjadi Salah Satu Support System-ku

Namun, apa yang terpenting adalah sebaiknya Moms membicarakan terlebih dahulu dengan suami cuek agar jadi support system yang dibutuhkan istri.

"Usahakan bicara dengan suami, 'Kayaknya aku perlu didengar deh sama kamu', atau 'Kayaknya aku mau curhat', sehingg suami tahu kalau Moms butuh untuk didengar. Jika memang sudah tidak bisa, baru cari support system yang lain," tutup Rena.

Artikel Terkait