TRIMESTER 3
11 Maret 2020

Ikuti 8 Tips Sukses Melahirkan Normal Ini

Zaman sekarang, melahirkan Si Kecil tanpa operasi bukan hal yang mudah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Moms pasti sadar bahwa melahirkan bisa jadi salah satu pengalaman paling alami yang bisa dimiliki wanita.

Namun, persalinan normal terkadang dianggap sebagai pengalaman yang berisiko dan menyebabkan rasa sakit tak tertahankan.

Pola pikir seperti itu ada hanya karena kurangnya pengetahuan tentang persalinan normal.

Mendapatkan pendidikan tentang prenatal adalah langkah pertama untuk merencanakan persalinan normal.

Baca Juga: Baik untuk Ibu dan Bayi, Ini 8 Kelebihan Persalinan Normal

Tips Melahirkan Normal

Terdapat banyak kelas belajar bagi ibu hamil, yang mencakup proses melahirkan, teknik atau manajemen nyeri selama persalinan seperti kelas pernapasan, self-hypnosis, dan relaksasi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang telah menjalani kelas pendidikan persalinan prenatal, cenderung memiliki peluang 50% lebih besar untuk melahirkan normal tanpa operasi caesar dibandingkan dengan wanita yang tidak mengikuti kelas seperti itu.

Selain itu Moms juga harus sadar bahwa persalinan normal membawa banyak manfaat bagi ibu dan bayi, sehingga proses ini memang butuh untuk diperjuangkan. Informasi ini tentu saja bisa Moms dapatkan oleh dokter yang menangani kehamilan Moms.

"Para ibu yang melakukan persalinan normal dapat bangun dan merasa lebih baik dengan cepat. Selain itu, mereka akan mengalami sobekan dan bengkak yang lebih sedikit," kata Ryan Dickerson, MD, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Baton Rouge.

Dr. Allison Bryant, Dokter Kebidanan dan Kandungan Spesialis Kesehatan Janin, mengatakan hal yang sama bahwa banyak keuntungan dari melahirkan normal.

Baca Juga: Ingin Melahirkan Normal di Rumah? Ini Hal yang Harus Moms Ketahui

Bayi yang dilahirkan melalui persalinan normal memiliki kontak atau bonding yang cepat dengan ibunya, dibanding ibu hamil yang melahirkan dengan operasi bedah caesar.

"Selain itu, selama persalinan normal, otot-otot yang terlibat dalam proses lebih cenderung memeras cairan yang ditemukan di paru-paru bayi baru lahir. Proses ini bermanfaat karena membuat bayi lebih kecil kemungkinannya menderita masalah pernapasan saat lahir," katanya seperti dikutip dari livescience.com.

Nah berikut ini adalah beberapa tips melahirkan normal dengan lancar yang bisa Moms ikuti!

1. Ketahuilah Mengapa Moms Ingin Persalinan Normal

pilihan-melahirkan.jpg

Tips melahirkan normal yang pertama adalah mengetahui alasan di balik melakukan persalinan normal

Apa arti persalinan normal bagi Moms, melahirkan tanpa bantuan medis atau hanya tanpa rasa sakit?

Apakah Moms ingin membatasi bantuan medis terutama obat-obatan karena kemungkinan efek samping, pengalaman penggunaan bantuan medis sebelumnya, atau sebagai rasa pencapaian pribadi?

Setiap orang pasti punya alasan berbeda. Beberapa berharap persalinan normal dapat membantu ibu hamil merasakan hal atau sensasi yang natural.

Jadi, segera cari tahu apa sebenarnya tujuan utama dari persalinan normal yang Moms harapkan.

2. Mencari Dokter dan Rumah Sakit yang Mendukung

medical-team.jpg

Melahirkan dengan persalinan normal adalah tujuan yang sepenuhnya dapat dicapai dan masuk akal untuk sekitar 85% wanita hamil.

15% lainnya memiliki komplikasi kesehatan yang menempatkan mereka dalam kategori berisiko tinggi dan membutuhkan bantuan medis tertentu seperti operasi caesar. Pilihan ini dilakukan untuk membuat kelahiran lebih aman bagi ibu atau bayi.

Oleh sebab itu, tips melahirkan normal ini penting sekali dilakukan. Moms harus rajin riset dokter dan rumah sakit mana yang memiliki visi yang sama dengan Moms.

"Carilah bidan atau dokter yang sama pandangannya dengan Anda saat ingin melahirkan dengan persalinan normal. Dia akan mengatur proses melahirkan dengan cara yang paling kondusif agar dapat sukses," saran Maria Lorillo, Bidan Berlisensi (LM), Bidan Profesional Bersertifikat (CPM), San Francisco.

Baca Juga: 7 Penyebab Persalinan Normal Tidak Bisa Dilakukan

3. Jangan Biarkan Berat Badan Naik Berlebih

2 Berat Badan Kurang.jpg

Tips melahirkan normal ini seringkali diabaikan. Padahal persalinan normal cenderung berjalan lebih lancar untuk ibu hamil yang tidak kelebihan berat badan.

Ibu hamil yang memiliki berat badan ideal akan memiliki komplikasi dan kebutuhan medis yang lebih sedikit.

4. Persiapan Fisik dan Mental

siap-fisik-dan-mental.jpg

Wanita memang telah melahirkan sejak awal abad kemanusiaan. Tetapi, Moms benar-benar harus melakukan persiapan mental untuk peristiwa fisik yang akan cukup mengurus tenaga ini.

Georgia Ragonetti-Zebell, MD, FACOG, Dokter Spesialis Kandungan, Amerika Serikat, mengatakan bahwa dirinya melihat beberapa pasien yang mengatakan 'saya akan mencobanya'.

Menurutnya, jika ibu hamil benar-benar menginginkan kelahiran tanpa pengobatan dan bantuan medis, pola pikir 'saya akan coba' biasanya jarang berhasil.

"Ketika wanita telah melakukannya selama berabad-abad, mereka tidak punya pilihan lain seperti epidural. Jadi Anda perlu melakukan sesuatu untuk mempersiapkan persalinan normal, jika Anda ingin benar-benar menghindari pengobatan dari dokter," katanya.

Dilansir dari American Academy of Family Physicians, dokter, suami, dan kerabat harus memberikan dukungan emosional secara penuh pada ibu hamil agar persalinan normal berjalan lancar.

5. Jaga Pola Makan

1. Makanan.jpg

Diet yang tepat tidak hanya penting bagi tubuh Moms, tetapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang belum lahir agar menjadi lebih sehat.

Selain itu, penting bagi Moms mendapatkan banyak kekuatan untuk modal melakukan persalinan normal.

"Tubuh yang lebih kuat dapat menghadapi tantangan persalinan dengan lebih lancar. Makanlah banyak sayuran hijau karena kaya akan zat besi dan asam folat, yang sangat penting untuk mencegah anemia pasca melahirkan," kata Dr. Ruby Sehra, Spesialis Kandungan, New Delhi.

Baca Juga: Hamil Ketika Menderita Talasemia, Berbahayakah?

6. Berolahraga Secara Teratur

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan pada Trimester Dua HERO.jpg

Tips melahirkan normal selanjutnya adalah rajin bergerak. Olahraga tidak hanya dilakukan untuk membangun stamina yang baik, tetapi juga penting untuk membantu Moms menanggung sakit persalinan normal yang akan dilakukan.

Latihan kegel bisa sangat membantu. Ini membantu memperkuat daerah panggul dan membuat paha lebih kuat.

7. Tidur yang Cukup

Tidur-Nyaman-Hero.jpg

Sehra mengatakan tidur yang baik sangat penting untuk pertumbuhan bayi yang sehat dan juga untuk menjaga ketenangan Moms.

Secara keseluruhan, jangan terlalu memikirkan persalinan seperti apa yang bisa Moms lakukan nanti.

Fokus merawat diri sendiri dan berpikir positif bahwa semua akan sesuai dengan yang Moms harapkan.

8. Jangan Khawatir Jika Persalinan Normal Tidak Bisa Dilakukan

no-worry.jpg

Tentu saja tidak apa-apa jika Moms ternyata tidak bisa melakukan persalinan normal seperti yang diharapkan.

Pada titik tertentu, Moms mungkin ingin berhenti dari usaha-usaha untuk persalinan normal tersebut.

"Beberapa wanita sampai pada titik persalinan normal ketika dia tidak ingin melakukannya lagi. Untungnya bagi kebanyakan dari kita, persalinan normal dapat terjadi ketika memang benar-benar sudah mendekati masa persalinan," kata Kelly Camden, LM, CPM, Bidan bersertifikasi Holistic Midwifery di Albuquerque. Nah Moms, mari ikuti tips melahirkan normal di atas!

(RIE/ERW)

Artikel Terkait