BALITA DAN ANAK
26 Mei 2020

7 Tips Sukses Melakukan Weaning with Love, Sudah Coba?

Menyapih tidak selalu penuh drama, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Indah
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Coba kita tanyakan kepada ibu kita, bagaimana dulu beliau menyapih kita? Pasti banyak yang menjawab dengan puting ditempelkan dengan aneka daun yang ditumbuk, kopi, brotowali, atau apapun yang terlihat menggelikan atau yang terasa tidak enak.

Banyak orang tua masa kini yang merasa tidak tega jika menyapihnya dengan cara seperti ini. Filosofi menyusui masa kini mengatakan, diawali dengan penuh cinta, maka diakhiri juga dengan penuh cinta, bukan trauma.

Filosofi inilah yang dinamakan dengan Weaning with Love atau menyapih dengan kasih. Dalam laman Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) diceritakan bahwa menyapih tidak harus selalu dengan deraian air mata dan aneka drama.

Menyapih bukan melepas bonding, namun mempererat bonding dengan cara yang berbeda.

Menyusui pada dasarnya bukan semata memenuhi kebutuhan haus dan lapar untuk anak, tapi ada kebutuhan lain yang terpenuhi yakni rasa nyaman.

Bayangkan, anak sudah terbiasa dengan rasa nyaman menyusui selama kurang lebih dua tahun kemudian rasa nyaman ini tiba-tiba direnggut. Anak akan merasa bingung dan marah, serta ia tidak mengerti kenapa ini harus terjadi padanya.

Baca Juga: 5 Cara Menyapih Anak Menurut Islam, Moms Wajib Tahu!

Tips Melakukan Weaning with Love

menyapih anak menurut islam-2.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Teori tentang weaning with love sangat banyak dan setiap orang memiliki pengalaman serta tips yang berbeda, karena sesungguhnya setiap anak itu unik. Namun pada intinya, weaning with love menolak menyapih dengan penuh kebohongan seperti mengoleskan brotowali dan mengatakan susu mama pahit.

Weaning with love berarti menyiapkan anak untuk berhenti menyusui tanpa drama air mata tapi penuh dengan keihklasan serta kesadaran bahwa anak tidak lagi memerlukan payudara ibu lagi.

Nah, bagaiman menyiapkan perubahan ini agar anak juga merasa lebih nyaman? Dilansir dari kidshealth, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyapih.

Baca Juga: Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Menyapih Anak

1. Jangan Ingatkan Anak

Tips weaning with love yang pertama adalah jangan ingatkan anak pada sesi menyusu. Caranya hindari duduk atau beristirahat di tempat Moms biasa menyusui.

Misal, Moms memiliki sofa menyusui, hindari dulu menggunakan sofa tersebut, karena ketika Moms duduk di situ, secara tidak langsung memberikan sinyal kepada anak "nak, mama sudah siap menyusui".

2. Buat Aktivitas sebagai Pengalihan

Tips weaning with love yang selanjutnya adalah cari aktivitas untuk pengalihan. Buat aktivitas yang menyenangkan seperti aktivitas outdoor di jam-jam biasa anak menyusui. Hal ini dilakukan agar anak lupa akan waktu menyusu.

3. Jangan Menyapih saat Anak Sedang Beradaptasi

Tips weaning with love yang selanjutnya adalah jangan menyapih ketika anak juga sedang beradaptasi dengan perubahan. Misal anak sedang atau baru saja melakukan toilet training, baru pindah ke daycare baru, atau anak sedang sakit atau baru sembuh dari sakit.

4. Berikan Susu Pengganti

Tips weaning with love yang selanjutnya adalah berikan susu pengganti. Jika anak Moms di bawah satu tahun, berikan susu pengganti yang dirancang untuk usianya. Tapi jika anak Moms di atas satu atau dua tahun, berikan pengganti berupa snack atau air putih.

5. Ganti Rutinitas Menyusui

Tips weaning with love yang selanjutnya adalah ganti rutinitas menyusui. Coba secara perlahan mengganti rutinitas dan mengubah jadwal menyusui menjadi jadwal bermain.

Baca Juga: Jangan Menyapih Anak Saat Alami 4 Kondisi Ini

6. Sounding Jauh-jauh Hari

Tips weaning with love yang selanjutnya adalah sounding sejak jauh-jauh hari. Tidak menawarkan juga tidak menolak memberikan ASI serta melakukan sounding dari jauh-jauh hari

7. Biarkan Anak Punya Kebiasaan Baru

Tips weaning with love yang selanjutnya adalah bairkan anak punya kebiasaan baru. Biasanya anak akan mencari cara untuk bisa tidur tanpa menyusui, walaupun itu aneh, jangan diolok-olok.

Cara aneh yang dimaksud bisa berupa memegang bibir, menggulung rambut, diusap punggungnya, dan lain-lain.

Menyapih memang berat. Bisa jadi nanti Moms yang akan menangis tersedu-sedu ketika anak berhasil disapih karena momen menyusui itu begitu indah. Karena itu, nikmati momen menyusui ya Moms!

Artikel Terkait