PERNIKAHAN & SEKS
22 Desember 2018

Lakukan 7 Tips Ini untuk Menghadapi Suami yang Tidak Peka

Apa Moms punya suami yang tidak peka?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Ketika sudah menikah, permasalahan rumah tangga adalah suatu hal yang wajar terjadi dan tak bisa dihindari. Umumnya persoalan yang terjadi disebabkan buruknya komunikasi dengan pasangan.

Tak jarang seorang istri merasa suaminya tak peka dan kemudian timbulah banyak persoalan lainnya. Jangan gunakan emosi, inilah tips untuk menghadapi suami yang tidak peka:

Temukan Penyebabnya

Cari tahu alasan di balik perilaku tidak sensitif suami dengan secara langsung menanyakan mengapa dia tidak bisa menghormati perasaan Moms. Tak jarang perempuan berpikir bahwa suami tak dapat menunjukkan kasih sayang.

Spekulasi tersebutlah yang harus dihindari, maka sebaiknya bertanya dan cari tahu apa penyebabnya agar tak perlu sampai menimbulkan persoalan yang lebih serius.

Hadapi Tindakan yang Tidak Peka

Bersikap tegas ketika suami Moms bertindak tidak peka, jangan biarkan hal ini terus berlangsung dan terus menahan perasaan kesal.

Pertahankan perasaan Moms dan komunikasikan bahwa apa yang mereka lakukan itu menyakitkan.

Gunakan bahasa langsung seperti "Ketika kamu mengabaikan perasaanku, aku merasa tidak dihargai" atau "Aku merasa kesepian atau tidak berharga ketika kamu berbicaradengan nada seperti itu."

Baca Juga: Tak Hanya Umbar Janji, Ini 3 Tanda Pasangan Anda Serius dan Berkomitmen Pada Janjinya

Membuat Daftar Perilaku yang Tak Disukai

Salah satu bentuk solusi sederhana adalah dengan meminta suami Moms untuk membantu menyusun daftar perilaku dan komentar yang kalian berdua benci untuk menghindari perasaan sakit hati dan kebencian terhadap satu sama lain.

Berkomunikasi dengan Sabar

Menyuarakan keberatan Moms terhadap tindakan tidak sensitif suami bukanlah hal yang salah. Namun, akan menjadi salah ketika Moms menyampaikannya dengan nada yang keras, tidak sopan, hingga mengancam.

Bukan malah membuat hubungan akan membaik namun malah menjadi lebih buruk. Suami Moms hanya akan semakin tak menghargai hubungan rumah tangga kalian.

Ketahui Cara Menenangkan Diri

Jaga diri Moms secara emosional dan fisik ketika terjadi perilaku tidak sensitif dari suami. Moms bisa menarik napas beberapa kali untuk mengontrol dan menenangkan emosi.

Ketika Moms lebih rileks, maka akan lebih mampu merespon dengan tenang dibandingkan ketika sedang emosi.

Baca Juga: 3 Tips Memberikan Ciuman Mesra Pada Suami Agar Hubungan Makin Harmonis

Jangan Memusingkan Hal-hal Kecil

Ketika waktunya untuk berdebat, jangan membahas masalah terlalu luas dan memusingkan hal kecil yang tak seharusnya.

Tetaplah fokus pada permasalahan utama, boleh saja memberi contoh persoalan namun jangan tambahkan dengan keluh kesah lainnya yang sebenarnya masih bisa ditolerir.

Hindari Mengubah Perilaku Orang Lain

Pahamilah bahwa Moms tidak dapat mengubah perilaku suami. Hindari mencoba mengubah siapa dia, terutama jika dia tidak mau mengubah perilakunya.

Cobalah untuk melakukan strategi komunikasi demi memperbaiki hubungan pernikahan sehingga Moms dan suami dapat bekerja menuju keselarasan dan saling menghormati.

Semua memang membutuhkan proses Moms, meski tak mudah jangan menyerah. Hanya butuh sedikit kesabaran dan cara yang tepat untuk menghadapinya.

(MDP)

Artikel Terkait