BALITA DAN ANAK
12 September 2019

Tips untuk Merawat Rambut Balita Dimulai dari Rumah

Rawat rambutnya agar tetap indah dan sehat. Ini dia tips yang bisa Moms lakukan mulai dari rumah.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Orang tua mana yang tak senang jika rambut anaknya dipuji oleh banyak orang. Tak cuma karena wangi, tapi rambut Si Kecil terbukti halus, lembut, dan sehat terawat.

Semua itu tentu tidak bisa terjadi tiba-tiba. Harus ada usaha yang tekun dari Moms untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut Si Kecil. Tidak selalu harus dengan perawatan yang mahal seperti di salon, lho, cukup lakukan beberapa di bawah ini secara rutin.

Keramas

balita

Foto: blog.regalo-baby

Agar rambut Si Kecil selalu wangi dan sehat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah keramas. Moms juga bisa mulai mengajarkan Si Kecil langkah-langkah keramas yang tepat seperti yang dikutip dari laman American Academy of Dermatology berikut ini.

  1. Basahi rambut dan kulit kepala dengan air yang hangat.
  2. Tuangkan sampo di telapak tangan Si Kecil sesuai dengan ketebalan rambutnya dan ajarkan Si Kecil mengukur sampo sesuai dengan kebutuhannya.
  3. Katakan pada Si Kecil untuk mengusap dan memijat sampo di kulit kepalanya. Pastikan dia memijat seluruh bagian kepala dan bantu juga Si Kecil ketika hendak membilas sampo di kepalanya. Pastikan tidak ada sampo yang tersisa di kulit kepala.
  4. Setelah mencuci bagian kulit kepala, cuci bersih juga rambut Si Kecil hingga ke ujung.
  5. Gunakan handuk untuk mengeringkan rambut Si Kecil.

Gunakan Sampo yang Tepat

balita

Foto: timesofindia.indiatimes.com

“Salah satu kesalahpahaman paling umum tentang rambut adalah bahwa ia hidup, padahal sebenarnya rambut itu tidak hidup. Dan jika rusak, ia tidak bisa sembuh dengan sendirinya.” Ungkap Zoe D. Draelos, MD, FAAD, profesor dan praktisi di Duke University School of Medicine, Durham, Carolina Utara.

Inilah sebabnya Moms perlu menjaga kesehatan rambut Si Kecil sejak dini dengan menggunakan sampo khusus balita yang tidak mengandung bahan kimia.

Cuci rambut Si Kecil dengan sampo setidaknya tiga kali seminggu. Untuk rambut berminyak dan lurus, keramas dengan sampo satu kali sehari setiap hari.

Untuk rambut lurus yang tidak berminyak, cukup gunakan sampo satu kali atau dua kali seminggu. Untuk rambut Si Kecil yang cenderung sangat keriting atau kering, cukup menggunakan sampo sekali dalam tujuh hingga sepuluh hari. Namun, proses keramas tetap harus disesuaikan dengan aktivitas Si Kecil, ya.

Baca juga: Hati-Hati, 4 Masalah Pada Rambut Ini Bisa Terjadi Pada Balita!

Keringkan dengan Benar

balita

Foto: imall.com

Moms dan Dads pasti terbiasa menggosok rambut ke handuk untuk mengeringkan rambut lebih cepat. Namun, jangan lakukan ini pada rambut Si Kecil, ya. Menggosok handuk ke rambut Si Kecil justru dapat menyebabkan kerusakan pada rambutnya.

Setelah keramas, cukup balutkan handuk lembut ke kepala Si Kecil. Tekan-tekan sambal memijat kepalanya supaya air di rambutnya cepat meresap ke handuk.

Gunakan Conditioner Khusus dan Losion Rambut

balita

Foto: Freepik.com

Untuk Si Kecil yang tinggal di daerah dingin atau selalu berada di ruangan yang memiliki pendingin, ada baiknya memberikan conditioner atau losion rambut secara berkala. Udara yang dingin sangat mudah membuat rambut Si Kecil jadi kering dan patah.

Baca juga: 4 Cara Merawat Rambut Keriting Balita yang Benar

Sisir

balita

Foto: understood.org

Moms, menyisir rambut dapat membersihkan kotoran yang terdapat pada rambut Si Kecil. Selain itu, sisiran juga dapat membantu rambut agar tidak mudah kusut sehingga mengurangi risiko rambut patah.

Untuk itu pilih sisir yang tepat untuk rambut balita. Gunakan sisir yang bergigi lebar atau sisir sikat dengan bulu yang sangat lembut, yang dapat bekerja dengan hati-hati pada rambut Si Kecil.

Jika rambut balita kusut, coba semprotkan cairan khusus untuk mengurai rambutnya agar Si Kecil tidak kesakitan saat disisir.

Potong Rambut Rutin

balita

Foto: Freepik.com

Tak ada waktu khusus kapan Moms harus memotong rambut pada Si Kecil. Jika sudah terlihat mengganggu dan tidak sehat segeralah pergi ke salon.

Selain membuat Si Kecil tampil lebih rapi, memotong rambut juga dapat membuat rambutnya tampak lebih sehat dan stylish.

Tak perlu memotong rambutnya dalam jumlah banyak, cukup lakukan trim rambut dan buat penampilan Si Kecil jauh lebih cantik dan ganteng. Dengan melakukan trim rambut, Moms juga sudah membuang rambut-rambut rusak yang berada pada ujung rambut sehingga rambut Si Kecil terlihat semakin memesona.

Baca juga: 5 Inspirasi Gaya Rambut Pesta Untuk Balita Perempuan

Berikan Makanan Bernutrisi

balita

Foto: katymagazineonline.com

Joy Bauer, penulis buku “Joy Bauer's Food Cures” yang juga nutrisionis, menyarankan agar Moms terus memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi Si Kecil.

“Vitamin B penting untuk pertumbuhan kulit kepala dan rambut yang sehat. Anda bisa memberikan nutrisi ini melalui konsumsi telur, roti gandum, keju, raspberry, dan alpukat,” jelas Joy.

Bagaimana, Moms? Tak sulit bukan untuk membuat rambut Si Kecil tetap sehat dan indah?


(ERN/KM)

Artikel Terkait