TREN
5 April 2019

Tips yang Wajib Dibaca Untuk Para Pegawai Kontrak

Agar Komitmen Kerja Tidak Menyusahkan Anda
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) atau perjanjian antara perusahaan dan pekerja yang menyepakati bahwa pekerja dipekerjakan dalam kurun waktu tertentu.

Terdapat beberapa peraturan yang tertera dalam surat kontrak ini sepertinya tidak menyenangkan dilakukan, selain Anda dapat diberhentikan sewaktu-waktu oleh perusahaan, juga akan menghambat jenjang karir Anda.

Jika memang harus berhadapan dengan kondisi seperti ini. Berikut tips untuk meminimalisir “masalah” yang akan terjadi dikemudian hari.

Pilihlah Perusahaan yang Kredibilitasnya Baik

Jika memang harus Anda menjadi pekerja kontrak, coba pertimbangkan kembali dan cari informasi apakah perusahaan yang Anda tuju memiliki kredibilitas yang baik?

Sangat penting bagi Anda mengetahuinya. Anda bisa cari informasi lewat media online atau bertanya kepada rekan atau teman Anda.

Karena perusahaan yang mempunyai citra yang baik biasanya tidak akan mempertaruhkan nama besarnya dengan perjanjian kontrak yang sembarangan.

Jika nama baik perusahaan tersebut buruk, bisa dipastikan tuntutan atau peraturan yang tertuang dalam kontrak akan sedikit menyusahkan Anda. Seperti jangka waktu kerja yang cenderung singkat, peraturan kerja yang tidak umum, atau ganti rugi yang harus dipenuhi pekerja ketika pekerja tidak bekerja sesuai prosedur.

Baca Kontrak dengan Baik

Sebelum Anda menandatangani kontrak, jangan sungkan untuk meminta waktu sebentar untuk membaca surat perjanjian kerja. Pastikan Anda benar-benar mengerti semua peraturan yang tertuang didalamnya.

Jika ada yang kurang dipahami jangan ragu untuk menanyakannya langsung. Jangan ambil resiko, Anda mempercayai penuh isi kontrak kerja Anda.

Bisa jadi jika Anda tidak paham, dikemudian hari Anda akan menempuh jalan yang salah yang tidak sesuai dengan kontrak yang Anda tandatangani. Yang menyebabkan pemutusan hubungan kerja secara sepihak. Tentu Anda tidak ingin ini terjadi, bukan?

Jalankan Kewajiban Anda dengan Baik

Setelah Anda menyetujui perjanjiannya, dan menandatangin kontrak diatas materai. Biasanya akan ada kesepakatan kapan Anda akan memulai pekerjaan.

Jalanilah pekerjaan Anda dengan baik dan sesuai dengan SOP (Standar Oprational Sistem) yang berlaku diperusahaan.

Kualitas kinerja Anda akan menjadi penilaian bagi perusahaan, apakah Anda layak dipertahankan, atau masa kerja Anda akan berakhir begitu saja.

Antisipasi

Jika Anda sudah melewati masa kerja yang telah ditentukan, Anda perlu berjaga-jaga dan mempersiapkan diri.

Pastikan paling tidak sebulan sebelum Anda mengakhiri kontrak, Anda sudah mulai mencari pekerjaan baru, kalau saja kontrak Anda tidak diperpanjang.

Ketika memang benar-benar Anda perlu keluar, Anda sudah mempunyai kesempatan bekerja ditempat yang baru. 

(LMF)

Artikel Terkait