KEHAMILAN
1 Desember 2019

Titi Kamal Sempat Keguguran Anak Ketiga, Ini 5 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa jadi salah satu penyebabnya
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sudah memiliki 2 orang putra, pasangan Titi Kamal dan Christian Sugiono berniat untuk menambah momongan. Niat keduanya ini sempat berhasil, namun takdir berkata lain.

Belum sempat melihat dunia, Titi Kamal harus kehilangan calon bayinya sebelum kandungannya besar.

Dilansir dari laman Liputan 6, Titi Kamal menceritakan bahwa sebelum dirinya diajak bermain dalam film Makmum, sekitar bulan juli ketika puasa, ia sebenarnya sedang hamil. Sayangnya, janin berusia 8 minggu tersebut tidak berkembang.

Baca Juga: 7 Fakta Kelahiran Anak Pertama Fitri Tropica

Bukan hanya Titi Kamal saja, namun banyak juga Ibu yang sedang hamil muda, harus mengalami keguguran. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab keguguran ini? Yuk, kita cari tahu.

1. Kelainan Kromosom

penyebab keguguran

Keguguran yang disebabkan oleh kelainan kromosom sering terjadi pada wanita yang berusia lebih tua dari 35 tahun.

"Hal ini karena semua telur yang dimiliki seorang wanita sejak lahir, menua bersama seiring usianya bertambah," kata Dr. Stephanie Zobel, dokter kandungan di Winnie Palmer Hospital. Selain itu, usia ayah juga dapat memainkan peran yang sama.

Frekuensi penyebab keguguran pada wanita di bawah usia 20 adalah sekitar 12 hingga 15 persen dan dua kali lipat ketika wanita mendekati usia 40 tahun.

2. Gangguan Tiroid

penyebab keguguran

Baik itu tiroidisme hipo (terlalu rendah) atau hiper (terlalu tinggi), gangguan tiroid dapat menyebabkan masalah dengan infertilitas atau menyebabkan keguguran berulang.

Dilansir dari laman Malpani Infertility Clinic disebutkan bahwa dalam kasus di mana fungsi tiroid wanita rendah, tubuhnya akan mencoba mengimbanginya dengan memproduksi hormon yang benar-benar dapat menekan ovulasi.

Baca Juga: Arti Nama Unik Anak Fitri Tropica, Yuk Intip!

Sebaliknya, tiroid yang menghasilkan terlalu banyak hormon dapat mengganggu kemampuan estrogen untuk melakukan tugasnya dan membuat rahim tidak disukai untuk implantasi atau menyebabkan pendarahan rahim yang abnormal.

3. Diabetes

penyebab keguguran

Menurut Dr. Stephanie Zobel, ibu hamil yang menderita diabetes perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli endokrin untuk mengoptimalkan kontrol gula mereka. Sebab jika tidak, kadar insulin yang tidak terkontrol bisa menjadi penyebab keguguran dan juga peningkatan risiko cacat lahir.

4. Gaya Hidup

penyebab keguguran

Beberapa kebiasaan gaya hidup, seperti penyalahgunaan narkoba, penggunaan alkohol selama kehamilan, dan merokok telah ditemukan menjadi penyebab keguguran dini dan keguguran pada trimester berikutnya.

Faktor gaya hidup lain yang dapat meningkatkan risiko penyebab keguguran: tinggal di kota. Sebuah studi Februari 2019 yang diterbitkan dalam Fertility and Sterility menemukan bahwa peningkatan paparan nitrogen dioksida dikaitkan dengan risiko penyebab keguguran yang tinggi.

Baca Juga: Gaya Hidup Vegan dan Pengaruhnya Terhadap Kesuburan Pasangan

5. Komplikasi Fisik

penyebab keguguran

“Kejadian keguguran yang kurang umum, tetapi masih signifikan dapat disebabkan oleh masalah fisik dengan ibu, seperti kelainan rahim termasuk septum atau polip, atau ketidakmampuan serviks,” jelas Elizabeth Nowacki, dokter kandungan di St. Vincent Fishers Hospital, Indiana.

Namun, ia menyatakan bahwa dalam banyak kasus, keguguran akibat komplikasi fisik akan terjadi pada trimester kedua atau ketiga.

Itu dia Moms beberapa penyebab keguguran yang mungkin saja bisa dialami. Tetap berwaspada dan berhati-hati ya Moms.

Artikel Terkait