JALAN-JALAN
14 Mei 2019

Tol Pandaan Malang Resmi Beroperasi, Ini 7 Kuliner Enak di Malang yang Harus Dicoba

Dari Surabaya ke Malang hanya butuh 1 jam!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Presiden Joko Widodo telah meresmikan pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang, pada Senin (13/5/2019) kemarin.

Presiden Jokowi mengatakan tol Pandaan-Malang ini bisa memperlancar arus mudik lebaran. Mengingat, jarak tempuh yang perlu dilalui hanya 1 jam saja.

“Surabaya-Malang (biasanya) bisa 3 jam. Setelah ini diperkirakan hanya 1 jam,” kata Jokowi dikutip dari Jawa Pos.

Tak hanya untuk mudik, diharapkan tol ini dapat mempercepat mobilitas orang, barang, dan jasa. Sehingga memajukan laju pertumbuhan ekonomi dan wisata di kawasan Malang Raya.

Bila Moms sempat berwisata ke Malang saat libur panjang, ada beberapa wisata kuliner yang patut dicoba. Berikut daftarnya.

1. Sate Landak

kuliner malang-1.jpg

Foto: instagram.com/sbykulinerinfo

Moms ingin mencari kuliner yang tidak biasa? Coba mampir ke Sate Landak Bu Ria. Berlokasi di Jalan Raya Bugis 47 Saptonegoro, Palis, Warung Sate Landak Bu Ria menyajikan ragam olahan kuliner ekstrim.

Selain sate landak, ada juga sate lain seperti sate bulus, dan sate biawak. Warung Sate Bu Ria sudah berdiri sejak tahun 2001. Warung Sate Landak Bu Ria buka dari jam 07.00-22.00.

2. Bakso President

kuliner malang-2.jpg

Foto: instagram.com/ine_rose

Bakso menjadi makanan khas di berbagai daerah, termasuk di Malang. Namun, ada satu tempat makan bakso yang paling dikenal yaitu Bakso President, yang sudah berdiri sejak 1977.

Berlokasi di Jalan Batanghari No. 5, ada banyak jenis menu bakso yang bisa dipilih. Seperti bakso kecil, bakso besar, bakso telur, bakso goreng, bakso bakar, dan lain sebagainya.

Bakso President Malang buka dari jam 08.00-21.30.

Baca Juga: Selain Pempek, Ini 7 Kuliner Khas Palembang yang Harus Dicoba

3. Mie Gadjah Mada

kuliner malang-3.jpg

Foto: instagram.com/katalogmalang

Berlokasi di Jl. Pasar Besar No. 17A, Sukoharjo, Klojen, Malang, ada banyak menu olahan mi yang disajikan di Mie Gadjah Mada.

Untuk menu favorit, Moms bisa mencicipi mi ayam jamur yang disajikan dengan potongan jamur, daging ayam suwir, sawi, dan taburan bawang goreng, daun bawang, disiram kuah kaldu yang segar.

Harga menu Mie Gadjah Mada berkisar Rp25.000-Rp40.000, tempat ini buka dari 09.00-14.30, lalu dibuka kembali dari jam 17.00-21.00.

4. Depot Rawon

kuliner malang-4.jpg

Foto: instagram.com/e_ndro

Ada dua rekomendasi rawon yang bisa dicoba ketika Moms mengunjungi Malang, yaitu Rawon Pak Djenggot di Jl. Simpang Kawi, Klojen, Malang. Rawon yang sudah berdiri sejak 1976 ini dikenal melegenda.

Tempat makan rawon kedua yaitu Rawon Nguling yang bertempat di Jalan Zainal Arifin No. 62, Malang.

Apa yang membuat Rawon Nguling berbeda adalah meski rawonnya memiliki kuah yang hitam namun tidak terlalu pekat dan tidak berlemak. Kisaran harganya Rp24.000-Rp58.000 saja.

5. Es Krim Oen

kuliner malang-5.jpg

Foto: instagram.com/alyafaryanti

Sedang tak ingin makan berat namun juga enggan melewatkan wisata kuliner Malang? Oms bisa mampir ke kedai es krim Toko Oen.

Kedai es krim ini legendari dan sudah ada sejak 1930. Berlokasi di Jalan Jend. Basuki Rakhmad 5, Malang, kedai ini memberikan nuansa yang nyaman dan ala tempo doeloe.

Beberapa menu es krim yang disajikan yaitu banan split, loempia vleeskroetje met mosterd (kroket dengan saus mustard), juga kippen brood met mosterd (pastry ayam dengan saus mustard).

Baca Juga: Rasanya Lezat, Tapi Kuliner Khas Betawi Ini Makin Langka dan Terancam Punah

6. Angsle dan Ronde Titoni

kuliner malang-6.jpg

Foto: instagram.com/ourtrip1st

Tak kalah legendaris, warung ronde ini sudah berdiri sejak tahun 1948. Moms bisa menikmati semangkuk wedang ronde basah, wedang ronde kering, kacang kua, juga angsle (wedang khas Jawa Timur).

Ronde Titonu berlokasi di dekat alun-alun Malang, tepatnya Jalan Zainal Arifin No. 17, Malang.

7. Pos Ketan Legenda

kuliner malang-7.jpg

Foto: instagram.com/dapurbekal

Sesuai dengan namanya, Pos Ketan Legenda telah dikenal melegenda di Malang, berdiri sejak 1967. Lokasinya di kawasan Malang Raya, Pos Ketan Legenda buka setiap hari dari jam 3 sore hingga 3 dini hari.

Beberapa menu favorit yang bisa dicoba seperti ketan bubuk, ketan susu, ketan keju, dan menu favorit ketan durian.

Nah, itu dia Moms beberapa kuliner khas kota Malang yang bisa dicoba jika sedang berkunjung ke sana. Selamat menikmati!

Artikel Terkait