BALITA DAN ANAK
10 Juli 2019

Tonggak Perkembangan Bahasa Balita Sesuai Usia

Waspada kalau perkembangan bahasa balita jauh tertinggal dibanding anak seusianya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Moms, pernahkah penasaran dengan perkembangan bahasa balita sesuai usia yang normal?

Sama seperti kebanyakan orang tua lain, pasti terselip rasa khawatir kalau melihat anak lain berusia sebaya buah hati sudah lebih dulu pandai bicara.

Walau tumbuh kembang setiap balita tidak sama, ahli patologis bicara anak Lauren Reindhart berpendapat kalau perkembangan bahasa dan jumlah kosakata yang dikuasai balita pada usia tertentu akan sangat berpengaruh pada performanya saat sekolah nanti.

Bila perkembangan bahasa balita berjalan dengan normal sesuai usianya, di sekolah nanti dia bisa lebih mudah menghadapi masalah emosional, sosial, dan perilaku, juga mampu meminta bantuan saat membutuhkannya.

Yuk Moms, baca sampai selesai supaya Moms tidak lagi khawatir dan menebak-nebak normal atau tidaknya perkembangan bahasa balita sesuai usia.

1 Tahun

Tonggak Perkembangan Bahasa Balita Sesuai Usia 1.jpg

Parenting.firstcry.com

Menurut psikolog anak Rahil Briggs, Psy.D., dari The Children’s Hospital at Montefiore, balita usia 1 tahun biasanya baru mulai bisa berkomunikasi selain dengan menangis dan sudah sering menggunakan satu sampai tiga kata meski pengucapannya belum sempurna.

Memasuki usia 18 bulan, kebanyakan balita sudah bisa menggunakan 10 sampai 20 kata serta mulai menggunakan gestur tangan dan menirukan suara yang sering didengarnya.

2 Tahun

Tonggak Perkembangan Bahasa Balita Sesuai Usia 2.jpg

Understood.org

Melewati usia 18 bulan, kemampuan bahasa balita berkembang dengan sangat cepat.

Moms mungkin akan mulai melihat Si Kecil bisa menggabungkan dua sampai enam kata sederhana, seperti “papa pulang” atau “mau naik mobil.”

Pada umumnya, balita usia 2 tahun sudah bisa menggunakan 50 sampai 70 kata dan paham sekitar 200 kata. Dia juga sudah bisa memahami perintah sederhana, menyebut namanya, dan mengenal nama anggota bagian tubuh.

Baca Juga : 5 Fakta Menarik Terkait Kemampuan Berbahasa dan Komunikasi Bayi

3 Tahun

Tonggak Perkembangan Bahasa Balita Sesuai Usia 3.jpg

Babysleepproject.com

Perkembangan bahasa balita sesuai usia selanjutnya akan terlihat lebih jelas di usia 3 tahun, saat buah hati sudah mulai bicara dengan pengucapan yang jelas dan bisa menyusun kalimat panjang.

Menurut Kens Apel, Ph.D., penulis buku Beyond Baby Talk, balita juga sudah bisa memahami dua perintah sederhana dalam satu kalimat, seperti “Ambil gelas dan taruh di atas meja ya.”

Jangan kaget, di usia ini juga biasanya Moms dan Dads akan mulai diberondong dengan banyak pertanyaan tentang berbagai hal.

4 Tahun

Tonggak Perkembangan Bahasa Balita Sesuai Usia 4.jpg

Speechbuddy.com

Balita seharusnya sudah menggunakan lebih dari 800 kata dalam percakapan sehari-hari dan memahami setidaknya 1200 kata, termasuk diantaranya kata yang berkaitan bentuk, warna, huruf, dan angka.

Dia juga sudah pandai mengungkapkan pendapat dalam kalimat kompleks, berbicara dalam konteks waktu lampau, saat ini, dan masa depan, serta bisa memahami lebih dari dua instruksi dalam satu kalimat.

Baca Juga : Perlukah Anak Berbahasa Asing Sejak Usia Dini?

5 Tahun

Tonggak Perkembangan Bahasa Balita Sesuai Usia 5.jpg

Kid101.com

Di usia menjelang masuk sekoah dasar ini, balita akan semakin pandai menyusun kata dan mulai mengenal kata berimbuhan, memahami kalau dua kata yang digabungkan seperti “kipas angin” bisa membentuk arti yang berbeda, dan menyusun cerita sendiri.

Menurut University of Michigan Health System, balita usia 5 tahun juga sudah bisa mendeskripsikan hubungan antara dua objek yang berbeda seperti dengan kalimat “anak perempuan yang sedang bermain bola.”

Bila Moms perhatikan, dia juga sudah bisa mulai bisa membedakan pemilihan kata dan nada suara yang harus digunakan saat berbicara dengan orang yang sudah akrab, teman, orang asing, dan orang yang lebih tua.

Bagaimana Moms, apa Si Kecil menunjukkan perkembangan bahasa balita sesuai usia seperti yang sudah disebutkan diatas?

(WA/CAR)

Artikel Terkait