BALITA DAN ANAK
26 Mei 2020

3 Tips Traveling dengan Anak Autisme Menaiki Pesawat

Persiapan yang matang adalah kunci sukses
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jalan-jalan dengan pesawat bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan, namun juga membawa kecemasan. Terutama untuk anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) karena akan ada banyak perubahan yang dialami.

Mungkin Moms dan Dads akan takut mengajak anak bepergian dengan pesawat, dan memutuskan untuk jalan-jalan dengan berkendara mobil biasa saja, daripada menghadapi tantangan untuk traveling dengan pesawat.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Anak Autisme yang Tidak Boleh Diabaikan!

Penting untuk diingat bahwa anak-anak yang didiagnosis dengan autisme berbeda dalam hal kemampuan dan preferensi, dan tidak semua rekomendasi mungkin cocok untuk setiap anak dengan kondisi ini.

Traveling dengan Anak Autisme

Namun jangan khawatir Moms, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika Moms dan Dads ingin traveling menggunakan pesawat dengan anak penyandang autisme.

1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang

traveling dengan anak autisme

Foto: Orami Photo Stock

Ketika berbicara mengenai untuk traveling dengan anak autisme, banyak yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, selain memesan tiket dan mengepak pakaian.

Salah satu cara terbaik untuk memulai adalah menelepon maskapai dan memberi tahu mereka bahwa kita memiliki anak penyandang autisme, dan tanyakan apakah mereka terbiasa memiliki anak autis sebagai penumpang.

Jangan lupa juga untuk bertanya apakah ada layanan tertentu yang ditawarkan jika kita traveling dengan anak autisme.

Baca Juga: 4 Gejala Autisme pada Balita dan Cara Mengenalinya

Bahkan berdasarkan American Journal of Tourism Management, kunci sukses untuk traveling dengan anak autisme menggunakan pesawat adalah persiapan. Karena anak dengan autisme mungkin memerlukan lebih banyak bantuan daripada yang lain.

2. Mempersiapkan Barang Bawaan

traveling dengan anak autisme

Foto: Orami Photo Stock

Mengepak barang yang tepat untuk mendukung kebutuhan anak dengan autisme dapat membuat perbedaan besar bagi para orang tua saat bepergian.

  • Jangan lupa untuk mengemas barang-barang perawatan yang diperlukan di dalam tas jinjing kita, seperti pakaian ganti dan obat-obatan.
  • Bawa barang-barang anak agar Si Kecil tetap terhibur. Pastikan untuk mengemas mainan, buku, makanan ringan, dan peralatan elektronik favorit anak yang aman untuk pesawat.
  • Memiliki rencana darurat untuk kemungkinan penundaan penerbangan.

3. Mintalah Bantuan

traveling.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Banyak bandara dan maskapai penerbangan memiliki sumber daya dan staf yang mendukung. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika memang kita butuhkan.

Baca Juga: Sebelum Jalan-jalan, Berikut Kebutuhan Bayi yang Diperlukan untuk Bepergian

  • Pelajari di mana kita dapat menemukan bantuan di bandara, seperti meja bantuan pelanggan, tempat istirahat, kamar mandi ramah keluarga, dan kamar ramah sensorik.
  • Ada banyak staf pendukung di bandara untuk membantu keluarga Moms. Mintalah dukungan atau akomodasi jika dan ketika membutuhkannya.

Itu dia beberapa tips yang dapat kita lakukan jika ingin traveling dengan anak autisme. Selamat bepergian, Moms!

Artikel Terkait