BAYI
25 November 2019

Trichomegaly: Kelainan Unik Pada Bulu Mata Bayi

Simak tandanya ya Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pernahkah Moms melihat bayi dengan bulu mata yang sangat panjang dan lentik (biasanya lebih dari 8mm)?

Jika iya, bisa jadi bayi tersebut memiliki kelainan bulu mata bayi sekaligus langka yang dikenal dengan istilah Eyelashes Trichomegaly.

Trichomegaly Ditandai dengan Bulu Mata Terlalu Panjang, Lentik Ataupun Tebal

kelainan bulu mata bayi

Foto: healthline.com

Eyelashes trichomegaly adalah kondisi di mana terjadi peningkatkan ekstrim pada bulu mata yang menjadikannya sangat panjang, lentik, ataupun tebal. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti sindrom bawaan dan obat-obatan.

Kelainan bulu mata bayi ini juga dapat terjadi sejak lahir atau di kemudian hari. Meskipun dalam kebanyakan kasus trikomegali pada bulu mata cenderung jinak, kelainan ini dapat menyebabkan gangguan psikologis dan dapar mengakibatkan luka pada kornea dan menyebabkan gangguan visual, jika trichiasis terjadi.

Baca Juga: 4 Penyebab Mengapa Mata Bayi Belekan

Sindrom Bawaan yang Dapat Menjadi Faktor Penyebab Sangat Beragam

kelainan bulu mata bayi

Foto: checkupnewsroom.com

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan melalui Journal of Trichology disebutkan bahwa beberapa sindrom bawaan yang dapat menjadi bagian dari eyelash trichomegaly atau kelainan bulu mata bayi adalah:

  • Sindrom McFarlane Oliver
  • Sindrom Cornelia de Lange
  • Distrofi kerucut batang
  • Tetralogi Falot
  • Sindrom Hermansky-Pudlak
  • Trikomegali keturunan (genetik)
  • Sindrom Goldstein Hutt
  • Hipomelanosis Filum

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bayi

Trikomegali yang Bersifat Genetika Terjadi Karena Adanya Mutasi Gen

kelainan bulu mata bayi

Foto: leaf.tv

Meskipun jarang terjadi di mana bayi memiliki kelainan bulu mata bayi yang sangat panjang tanpa adanya gejala lain, faktanya itu memang benar-benar ada dan terjadi.

Oleh karena itu, dikutip dari genetics.thetech.org, untuk lebih memahami kelainan trikomegali bulu mata yang bersifat genetik, para ilmuwan memutuskan untuk meneliti lebih dalam mengenai hal ini. Dengan kata lain, para ilmuwan meneliti bagaimana trikomegali bulu mata dapat terjadi di dalam sebuah keluarga.

Para ilmuwan membandingkan DNA dari anggota keluarga dengan trikomegali (kelainan bulu mata bayi) dengan kerabat mereka yang memiliki bulu mata normal. Hasilnya, ditemukan bahwa anggota keluarga dengan eyelash trichomegaly memiliki mutasi pada gen yang disebut FGF5.

FGF5 sendiri adalah singkatan dari “fibroblast growth factor 5”. Gen ini membuat protein bertanggung jawab untuk menghalangi pertumbuhan rambut yang berlebih. Jika gen FGF5 bermutasi, maka tidak akan menghasilkan protein seperti yang seharusnya. Jika protein itu tidak ada, maka rambut akan terus tumbuh tanpa terkontrol.

Baca Juga: Ketahui Kondisi Mata Bayi yang Sehat

Bagaimana Jika Kedua Orang Tua Tidak Ada yang Memiliki Gen Trikomegali?

kelainan bulu mata bayi

Foto: blog.ohsu.edu

Sayangnya, meskipun kedua orang tua tidak memiliki gen trikomegali, masih ada kemungkinan untuk memiliki keturunan dengan kelainan bulu mata bayi ini. Karena diperkirakan sangat mungkin muncul sifat resesif yang tidak terduga. Ini dapat terjadi jika kedua orang tua memiliki satu gen FGF5 yang telah rusak dan satu versi yang berfungsi dengan baik.

Dengan kata lain, orang tua yang tidak memiliki gen trikomegali masih bisa meneruskan salinan FGF5 tunggal mereka yang telah bermutasi kepada keturunan mereka. Yang artinya mereka adalah pembawa gen pemicu eyelashes trichomegaly tersebut.

Itulah beberapa penjelasan tentang kelainan bulu mata bayi trichomegaly. Jika Moms menemukan pertumbuhan yang tidak normal pada bulu mata bayi, segera konsultasikan dengan dokter.

Artikel Terkait