DI ATAS 5 TAHUN
3 September 2018

6 Trik Agar Anak Mau Membereskan Mainannya Sendiri

Berilah contoh, dimulai dengan membereskan barang Moms sendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tak jarang Moms dipusingkan dengan rumah yang mendadak berantakan setelah Si Kecil puas bermain. Kondisi seperti ini biasanya bikin Moms emosi dan lelah untuk membereskannya, terlebih bila tak ada asisten rumah tangga yang membantu.

Sebenarnya solusinya tak terletak pada orang lain, melainkan pada Si Kecil sendiri. Moms harus melatih anak agar mereka dapat membereskan mainannya sendiri. Berikut cara-cara yang bisa dicob!

Dimulai Sejak Dini

1 mainan

Sejak Si Kecil sudah mulai mampu menirukan apa yang Moms lakukan, mulailah sejak dini untuk meminta mereka membantu Moms menata kembali mainannya.

Setiap kali Moms membersihkan rumah dan dekat dengan Si Kecil, mulailah berikan mainan yang berada di lantai dan tunjuk tempat penyimpanannya. Apresiasi dan buat mereka bangga dalam melakukannya, dengan demikian mereka akan terbiasa melakukan hal tersebut.

Kurangi Mainannya

2 mainan

Kasih sayang terkadang membuat Moms memberikan segala bentuk mainan untuknya, meski terlihat menyenangkan namun sebaiknya berikan batasan.

Moms harus mampu membatasi jumlah mainan yang diberikan pada mereka, bila mainan sudah dirasa terlalu banyak maka sebaiknya menyumbangkan mainan lama mereka. Pilihan mainan yang semakin sedikit akan membuat semakin mudah dalam mengelola mainan-mainan tersebut.

Baca Juga: Yuk Ajak Anak Bersih-bersih Rumah!

Berikan Tempat Khusus

3 mainan

Masing-masing mainan harus diupayakan memiliki tempatnya masing-masing, seperti boneka, mobil-mobilan dan apapun jenisnya.

Dengan menyimpannya secara terpisah dan teratur, akan membiasakan Si Kecil untuk mengambil dan mengembalikannya ke tempat yang sama. Dengan demikian, kedisiplinan dalam membereskan mainan pun lama-lama akan menjadi kebiasaan mereka.

Menjadi Contoh

4 mainan

Sebagai seorang peniru yang ulung, Si Kecil akan dengan mudah menirukan apa yang Moms dan Dads lakukan.

Berilah contoh sesering mungkin untuk segala urusan positif, dimulai dengan membereskan barang Moms sendiri misalnya. Si Kecil yang mulanya hanya mengamati, lama kelamaan akan mulai meniru dan menerapkannya pada barang-barang mereka sendiri.

Terapkan Syarat

5 mainans

Bila sudah mulai menemukan kesulitan dalam meminta sesuatu terhadap Si Kecil, Moms bisa mulai memberlakukan syarat pada mereka.

Misalnya, Moms mengizinkan mereka makan es krim atau permen setelah mereka membereskan mainannya. Cara ini akan membuat mereka terbiasa mendapatkan sesuatu dengan usaha.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Mainan Bayi Ramah Lingkungan 

Jadikan Permainan

6 mainan

Di sini kreativitas Moms harus diasah, Moms harus mampu membuat kegiatan beres-beres ini menjadi sesuatu yang menyenangkan seperti sebuah permainan. Langkah sederhananya Moms bisa mengajak mereka untuk berlomba membereskan mainan bersama Moms.

Masih banyak lagi langkah-langkah cermat yang dapat Moms manfaatkan untuk membuat mereka mau membereskan mainan mereka. Namun, tetap jangan lupakan satu hal yang Moms, selalu apresiasi mereka untuk sekecil apapun yang telah dilakukan. Bentuk apresiasi inilah yang akan terus memotivasi mereka untuk melakukan hal yang lebih baik. Selamat mencoba!

(MDP)

Artikel Terkait