RUPA-RUPA
16 Februari 2019

5 Trik Jitu Mengurangi Kebiasaan Belanja Online

Cobalah tahan diri dengan membuat jadwal rutin berbelanja online
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Berbelanja secara online sudah menjadi sebuah kebiasaan yang sulit dilepaskan saat ini.

Selain pilihan yang lebih banyak dan menghemat waktu, berbelanja secara online memungkinkan Moms untuk mendapatkan harga lebih murah lantaran banyaknya promo.

Karena alasan inilah kemudian banyak sekali orang yang akhirnya ketagihan untuk belanja online, sampai tanpa terasa ada tagihan yang menumpuk.

Jika Moms merasa sebagai salah satunya, cobalah trik jitu untuk mengurangi kebiasaan belanja online berikut:

1. Memisahkan Keinginan dan Kebutuhan

olshop
foto: publicitarminegocio.com

Keinginan memang tidak akan pernah ada habisnya, apalagi jika Moms terus menurutinya.

Jika Moms ingin berbelanja secara online, ketahuilah dulu mana yang benar-benar menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan.

Dengan memprioritaskan kebutuhan, akan lebih mudah Moms menahan diri berbelanja secara berlebihan. Moms juga tidak akan mudah tergiur dengan banyaknya promo yang berdatangan.

Baca Juga: 10 Tips Menyusun Daftar Belanja untuk Menghemat Uang dan Waktu

2. Tentukan Budget

olshop1
foto: inc42.com

Sama seperti saat berbelanja kebutuhan sehari-hari, Moms tentu memiliki budget tersendiri bukan? Hal ini juga harus berlaku saat belanja online.

Sebaiknya Moms sudah menentukan berapa budget yang akan dikeluarkan. Jangan sesekali berbelanja diluar batas apalagi sampai menggunakan kartu kredit.

Godaan dari kartu kredit memang sangat menggiurkan. Namun disinilah letak bahayanya, tanpa sadar tagihan yang datang akan sangat membengkak.

3. Membuat Jadwal Belanja

olshop2
foto: istockphoto.com

Mendisiplinkan diri sendiri sangatlah penting, terutama urusan keinginan. Moms mungkin saja ingin berbelanja setiap saat di online shop, namun sebaiknya juga buat jadwal khusus untuk berbelanja.

Selain berbelanja saat dibutuhkan, Moms juga sebaiknya membatasi diri untuk belanja setidaknya hanya satu kali dalam seminggu.

Meski rasanya memang sulit menahan godaan, namun lama-lama hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang membantu, lho.

4. Matikan Notifikasi Dari Aplikasi

olshop3
foto: shutterstock.com

Notifikasi promo dari aplikasi belanja seringkali menjadi godaan paling besar saat Moms mencoba untuk mengurangi kebiasaan berbelanja online.

Karenanya sangat penting untuk mematikan notifikasi atau pemberitahuan dari aplikasi belanja tersebut. Biarkan saja semua promo berlalu agar Moms tak tergoda.

Baca Juga: Yuk Terapkan 6 Cara Cerdas Menghemat Pengeluaran Bulanan untuk Para Ibu!

5. Buat Tantangan untuk Diri Sendiri

olshop4
foto: openiun.com

Membuat tantangan untuk diri sendiri adalah hal yang sangat menyenangkan, lho. bagaimana caranya?

Kebanyakan barang yang Moms beli di online shop adalah pakaian, sepatu atau tas bukan? Padahal selama ini mungkin semua barang-barang tersebut sudah menumpuk.

Daripada sibuk untuk mencari barang baru, lebih baik tantang kreatifitas diri untuk memadupadankan pakaian yang sudah dimiliki. Menyenangkan, lho.

Sekarang sudah lebih tahu bukan bagaimana trik untuk mengurangi kebiasaan belanja online, apakah sudah siap untuk mencobanya?

(MDP)

Artikel Terkait